GAYA HIDUP
21 Januari 2020

6 Cara Mengobati Darah Rendah, Efektif!

Minum banyak air putih bisa membantu mengobati darah rendah lho Moms
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms dan Dads, tekanan darah rendah mungkin tampak biasa saja. Bahkan beberapa orang mengganggapnya bukan masalah. Tapi, bagi sebagian orang, tekanan darah rendah yang tidak normal dapat menyebabkan pusing dan pingsan.

Dalam kasus yang parah, dikutip dari Mayoclinic, tekanan darah rendah dapat mengancam jiwa. Bila Moms dan Dads mengalami tekanan darah rendah berarti lebih rendah dari 90 milimeter merkuri (mm Hg) untuk angka atas (sistolik) atau 60 mm Hg untuk angka bawah (diastolik) umumnya dianggap tekanan darah rendah.

Langkah Mengobati Darah Rendah

Akan tetapi, Moms dan Dads perlu mengetahui apa yang menyebabkan tekanan darah rendah sehingga bisa diobati. Untuk mengobati tekanan darah rendah semua tergantung pada usia, kesehatan, dan jenis tekanan darah rendah yang Moms dan Dads miliki.

Walaupun begitu, berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati tekanan darah rendah.

Baca Juga: Dads, Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria yang Perlu Diketahui

1. Gunakan Lebih Banyak Garam

Cara mengobati darah rendah yang pertama adalah makan lebih banyak garam. Dilansir dari Medicalnewstoday.com, para ahli biasanya akan merekomendasikan membatasi garam dalam makanan Moms atau Dads karena natrium dapat meningkatkan tekanan darah.

Tapi, bagi orang dengan tekanan darah rendah, itu bisa menjadi hal yang baik.

Tetapi, karena kelebihan sodium juga dapat menyebabkan gagal jantung, terutama pada orang dewasa. Sehingga, penting untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum menambah garam dalam makanan Moms dan Dads.

Dikutip dari Hackensack Meridian Health, menurut ahli, ada korelasi langsung antara garam dan tekanan darah: konsumsi garam meningkatkan tekanan darah.

"Banyak konsumsi garam akan secara alami membuat Anda akan memiliki lebih banyak air dalam sistem peredaran darah Anda dan meningkatkan volume intravaskular tubuh," jelas Karnik Patel, D.O., dewan yang bersertifikat dalam kedokteran internal.

2. Minum Lebih Banyak Air

Minum air.jpg

Cara mengobati darah rendah yang selanjutnya adalah minum lebih banyak air. Bagi Moms dan Dads yang mengalami darah rendah disarankan untuk minum lebih banyak air karena cairan dapat meningkatkan volume darah.

Banyak minum juga bisa membantu mencegah dehidrasi yang keduanya penting dalam mengobati darah rendah.

Dikutip dari Healthline.com, dehidrasi bisa menjadi penyebab darah rendah. "Beberapa penderita darah rendah memang mengalami dehidrasi ringan," kata dokter spesialis penyakit dalam Dr Alana Biggers.

3. Kenakan Stoking Kompresi

Cara mengobati darah rendah yang selanjutnya adalah kenakan stoking kompresi. Stoking kompresi yang elastis biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan varises. Tak hanya itu stoking pun dapat membantu pengumpulan darah di kaki Moms dan Dads.

Baca Juga: 7 Jenis Masker Wajah Berdasarkan Masalah Kulit

4. Menyilangkan Kaki sambil Duduk

jersey-culottes-criss-cross-applesauce.jpg

Cara mengobati darah rendah yang selanjutnya adalah menyilangkan kaki sambil duduk. Menyilangkan kaki saat duduk terbukti meningkatkan tekanan darah. Untuk orang dengan tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi masalah.

Untuk orang-orang dengan gejala tekanan darah rendah, menyilangkan kaki dapat membantu meningkatkan tekanan darah dengan sedikit usaha.

5. Makanlah dalam Porsi Kecil dan Sering

Cara mengobati darah rendah yang selanjutnya adalah makan dalam porsi kecil. Makan lebih kecil, lebih sering makan sepanjang hari dapat membantu dengan tekanan darah rendah. Ini karena makanan kecil membantu mencegah penurunan tekanan darah terkait dengan makan makanan yang lebih besar dan lebih berat.

Baca Juga: Ini Lho Manfaat Baking Soda untuk Keperluan Sehari-hari

6. Hindari Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol

Cara mengobati darah rendah yang selanjutnya adalah hindari alkohol. Alkohol dapat menurunkan tekanan darah lebih lanjut, sehingga orang dengan tekanan darah rendah harus menghindari minum alkohol dalam jumlah berlebihan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati tekanan darah rendah. Selamat mencoba!

(WAR/ERN)

Artikel Terkait