KESEHATAN
25 Februari 2019

6 Macam Cemilan Sehat Ibu Hamil

Ada 10 camilan sehat Ibu hamil yang direkomendasikan Frances dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Moms. Semua camilan sehat Ibu hamil ini mudah didapat, porsinya besar, mempunyai kalori antara 200 dan 300 kkal, dan semuanya enak! Simak yuk, Moms!
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selama menjalani kehamilan, terkadang Ibu masih kebingungan memilih makanan yang menyehatkan dan baik untuk tubuh serta kesehatan janin di dalam kandungan.

Janin di dalam perut tetap membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalannya. Menurut Frances Largeman-Roth, seorang nutrition expert dan bestselling author for the book “Feed the Belly: The Pregnant Mom’s Healthy Eating Guide”, mengatakan kalau selama masa kehamilan, biasanya nafsu makan Moms akan naik secara signifikan. Tantangannya adalah, Moms hanya mendapatkan kalori ekstra yang terbatas setiap harinya, sedangkan calon buah hati tetap harus padat nutrisi.

Ada 10 camilan sehat Ibu hamil yang direkomendasikan Frances dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Moms. Semua camilan sehat Ibu hamil ini mudah didapat, porsinya besar, mempunyai kalori antara 200 dan 300 kkal, dan semuanya enak! Simak yuk, Moms!

1. Apel dan Keju

apple nut cheese snack (1939)

Camilan sehat Ibu hamil yang pertama adalah buah apel dan keju. Di dalam buah apel merah terkandung serat yang tinggi, hal ini sangat baik untuk mengatasi sembelit dan diare selama Ibu hamil. Selain itu, buah apel juga dapat mengurangi masalah morning sickness yang kerap terjadi saat Ibu hamil.

Sedangkan di dalam keju mengandung vitamin A yang tinggi, sangat baik untuk tumbuh kembang janin, kesehatan tulang Ibu dan juga janin.

Baca juga : Catat! Ini 7 Vitamin yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

2. Olahan Telur

landscape 1449261066 scrambled eggs beauty

Bagi Ibu hamil, mengonsumsi telur boleh-boleh saja, asalkan takaran konsumsinya diperhatikan. Dalam sehari, Moms bisa mengonsumsi telur 1 sampai 2 butir, namun jika Moms mempunyai riwayat kolesterol tinggi, sebaiknya santap bagian putihnya saja.

Di dalam telur mengandung omega-3 dan sumber asam lemak yang diperlukan untuk membentuk jaringan-jaringan tubuh pada janin dengan sehat.

Baca Juga: 10 Cemilan Sehat dan Enak Untuk Ibu Hamil

3. Homemade Trail Mix

july 05 2018dsc 2593 780x521

Camilan sehat Ibu hamil yang satu ini bisa dibuat sendiri di rumah. Campuran seperti almond, pumpkin seeds, buah-buahan kering, dan sedikit ditambahkan dark chocholate sudah bisa membuat tubuh mempunyai energi. Kandungan calcium, vitamin D, dan mineral magnesium sangat baik untuk tulang dan gigi.

Baca juga : Makanan Sehat Kaya Omega 3 Untuk Ibu Hamil

4. Greek Yoghurt

cover 18

Mengapa Greek yoghurt baik untuk dijadikan camilan sehat Ibu hamil? Iya, karena di dalamnya kaya akan protein, bahkan dua kali lebih banyak daripada susu. Selain mengandung protein, Greek yoghurt juga mengandung probiotics yang membantu dalam masalah pencernaan.

5. Brokoli dan Bit

stramed 2bbroccoli 2bparmesan 2btoss 2bfacebook 2bedit

Mengonsumsi sayur-sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan Ibu selama masa kehamilan dan juga bagi kesehatan janin. Brokoli adalah salah satunya yang bisa dijadikan camilan sehat Ibu hamil. Kalsium, beta karotin, vitamin C, K, dan folat terkandung di dalam brokoli yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas selama masa kehamilan.

Selain itu, ada buah bit yang mengandung vitamin dan serat yang tinggi untuk menjaga sistem kekebalan selama Ibu hamil dan menyehatkan sistem pencernaan.

Baca Juga: 6 Makanan Mengandung Beta-Karoten yang Baik Untuk Ibu Hamil

6. Granola

healthy energy boosting granola recipe3 750x498

Camilan sehat Ibu hamil yang satu ini mengandung serat, omega-3, vitamin B1 dan E, sehingga mampu mempertahankan kesehatan tubuh Ibu hamil. Omega-3 dibutuhkan janin untuk mencerdaskan dan serat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan.

Masih banyak camilan sehat Ibu hamil yang lain seperti umbi-umbian yang kaya akan serat untuk menghindari morning sickness atau kacang-kacangan (edamame atau mete) yang berguna untuk perkembangan sel-sel tubuh janin di dalam kandungan.

Nah Moms, mana camilan favorit Moms? 

Artikel Terkait