RUPA-RUPA
12 Juli 2019

6 Mainan Anak Era 90-an yang Bikin Kangen!

Anak zaman dulu bisa merawat virtual pet dengan Tamagochi!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Era 90-an adalah zaman di mana banyak mainan menyenangkan yang selalu dimainkan bersama teman usai pulang sekolah.

Karena belum adanya teknologi yang secanggih sekarang, membuat banyak orang berkreasi menciptakan mainan anak yang sederhana dan murah.

Berikut ini beberapa mainan era 90-an yang terkenal dimainkan anak-anak kala itu. Moms masih ada yang ingat tidak?

1. Balon Tiup

mainan 90-an.jpg

Foto: instagram.com/aqilladiary

Balon tiup merupakan mainan sederhana yang menyenangkan dan mudah dilakukan. Selain harganya murah, mainan ini juga bisa dilakukan bagi ragam kalangan usia.

Cara mainnya, dengan menempelkan bahan gelembung ke ujung sedotan kecil. Selanjutnya, tinggal ditiup hingga menghasilkan gelembung besar.

Dari tiupan balon-balon ini bisa dibuat menjadi bentuk atau sekadar diterbang-terbangkan saja.

2. Monopoli

mainan 90-an-2.jpg

Foto: instagram.com/mamaofabel

Mainan monopoli kala itu juga menjadi mainan primadona di era 90-an. Meskipun kini monopoli ada dalam bentuk aplikasi ponsel, tetapi lebih menyenangkan jika menggunakan papan monopoli.

Lewat permainan ini, Moms setidaknya bisa merasakan berada di luar negeri, atau membeli properti, dan menjadi kaya raya dengan uang mainan.

Baca Juga: Masih Ingat Dengan Lagu Anak-Anak 90-an Ini?

3. Tamagotchi

mainan 90-an-3.jpg

Foto: instagram.com/bboburi

Memelihara hewan peliharaan tak hanya dengan binatang sungguhan seperti kucing atau anjing. Tetapi di era 90-an juga bisa dengan permainan tamagotchi.

Tamagotchi adalah mainan virtual pet di mana Moms bisa merawat “peliharaan” sampai dewasa. Sama seperti binatang peliharaan pada umumnya, tamagotchi juga perlu diberi makan, minum, dan juga bisa tidur.

4. Ular Tangga

mainan 90-an-4.jpg

Foto: instagram.com/dola_educativetoys

Ular tangga adalah permainan papan yang dimainkan 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil, dan di beberapa kotak digambar "tangga" atau "ular" yang menghubungkan dengan kotak lain.

Setiap pemain mulai dengan bidaknya di kotak pertama, dan secara bergiliran melemparkan dadu. Bidak dijalankan sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul.

Bila pemain mendarat di ujung bawah tangga, bidak dapat "melompat" ke ujung tangga yang lain. Tetapi jika mendarat di kotak dengan ular, maka bidak harus turun meluncur ke kotak di ujung bawah ular.

Pemenang adalah pemain pertama yang mencapai kotak terakhir.

Baca Juga: 10 Jajanan Warung era 90-an yang Bikin Nostalgia dan Merindu

5. Lilin Mainan (Plastisin)

mainan 90-an-5.jpg

Foto: instagram.com/kidzaholicz

Versi ekonomis dari mainan lilin seperti Play Dogh, plastisin dijual dengan berbagai macam warna dan juga menjadi favorit anak-anak di era 90-an.

Permainan ini yang membuat Moms dulu merasa menjadi sosok yang kreatif, dengan menciptakan berbagai macam bentuk yang diinginkan.

Selain itu, plastisin juga kerap digunakan sebagai alat prakarya kesenian sekolah.

6. Kapal Tek-tek

mainan 90-an-6.jpg

Foto: instagram.com/ezadhiya

Dijuluki sebagai kapal tek-tek karena saat kapal mainan ini dinyalakan memiliki bunyi "tek tek". Biasanya, kapal tek-tek mulai banyak dijual mendekati peringatan 17 Agustus.

Saat tuas kapal ditarik dan diletakkan di atas air, anak-anak sangat senang melihat kapal tek-tek bergerak memutar di baskom besar berisi air.

Kapal mainan ini terbuat dari alumunium, dengan bentuknya beragam dari kecil sampai besar. Untuk memainkannya, yaitu membakar sumbu yang mirip sumbu lilin di belakang kapal.

Itu dia Moms, beberapa mainan era 90-an yang seru dan bikin kangen.

Artikel Terkait