KESEHATAN
23 Juli 2020

13 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Bagus untuk melawan radikal bebas dan mencegah kanker nih, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Antioksidan adalah zat yang bisa melambatkan atau juga menangkal terjadinya proses oksidasi. Secara sederhana, oksidasi berarti perubahan reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas.

Fungsi antioksidan dalam tubuh yaitu menangkal radikal bebas agar tidak memicu reaksi yang berkepanjangan yang bisa merusak berbagai sel penting dalam tubuh.

Penelitian dalam jurnal Fertility and Sterility juga menemukan bahwa makanan kaya akan antioksidan memiliki dampak positif terhadap kesuburan dan peluang kehamilan wanita, meskipun menurut peneliti manfaatnya dapat berbeda tergantung pada sumber antioksidan yang diberikan yang disesuaikan dengan BMI dan usia wanita yang mengonsumsinya.

Oleh karena itu, tubuh membutuhkan makanan kaya antioksidan untuk mendapatkan berbagai manfaat positif bagi tubuh.

12 Jenis Makanan Kaya Antioksidan

Adapun sumber makanan kaya antioksidan bisa Moms dapatkan dari:

1. Kacang Merah

antioksidan kacang merah

Foto: Orami Stock Photos

Selain enak, kacang merah termasuk makanan kaya antioksidan yang tinggi.

Menurut jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity, dikatakan bahwa kacang merah mengandung phenolic acid dan flavonoid dalam jumlah yang besar.

Selain itu, kacang merah juga mengandung anthocyanin, yang berkaitan erat dengan aktivitas antioksidan yang sangat kuat.

Kacang merah bisa disajikan dalam olahan es kacang merah, sup, atau bubur.

Tahukah Moms, dalam setengah cup kacang merah terdapat kandungan antioksidan sebanyak 13,727 TE (satuan ukuran kekuatan antioksidan).

2. Buah Plum

antioksidan plum

Foto: Orami Stock Photos

Buah ini tidak terlalu banyak dikonsumsi orang Indonesia. Namun, rasanya yang manis membuat buah ini juga disukai anak-anak.

Menurut Journal of Food Quality, dijelaskan bahwa buah plum adalah sumber terbaik untuk mendapatkan antioksidan untuk tubuh.

Dalam satu buah plum terdapat kandungan antioksidan sebanyak 4,844 TE.

Baca Juga: Selain Tinggi Antioksidan, Ini 8 Khasiat Buah Plum Bagi Anak

3. Strawberry

antioksidan stroberi

Foto: Orami Stock Photos

Moms pasti suka dengan buah merah yang rasanya asam manis ini.

Jus, puding, dan selai strawberry tidak hanya nikmat dimakan, tapi juga mengandung antioksidan tinggi.

Selain sebagai makanan kaya antioksidan, strawberry juga memiliki kandungan asam folat dan serat yang tinggi lho, Moms.

4. Blueberry

makanan kaya antioksidan

Foto: Orami Stock Photos

Blueberry dinobatkan sebagai makanan kaya antioksidan paling tinggi dari buah dan sayuran lainnya.

Sesuai dengan namanya, buah ini berwarna biru tua dari senyawa kuat yang disebut anthocyanin.

Menurut U.S. Department of Agriculture USDA (HNRCA), blueberry memiliki konsentrasi antioksidan paling kaya di dunia buah-buahan dan sayuran.

Antioksidan yang terdapat dalam blueberry dapat membantu mengendalikan radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah terkait dengan penuaan.

Ilmuwan meyakini bahwa blueberry dapat melindungi tubuh dari serangan kanker, penyakit jantung, dan demensia.

Baca Juga: 5 Manfaat Blueberry untuk Bayi, Enak dan Berkhasiat!

5. Goji Berry

makanan kaya antioksidan

Foto: Orami Stock Photos

Walaupun jarang di dengar kehadirannya di Tanah Air, buah goji berry mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B2, zat besi, dan antioksidan tinggi.

Moms bisa memilih buah goji berry yang sudah benar-benar matang, karena jika mentah justru akan menjadi racun.

Lalu, sebaiknya jangan dikonsumsi ketika sedang hamil atau menyusui ya, Moms.

5. Almond

antioksidan almond

Foto: Orami Stock Photos

Almond memiliki kandungan antioksidan yang bisa melawan sel kanker.

The American Cancer Society telah menemukan bahwa ada kandungan asam ellagic dalam Almond .

Kacang ini juga dikenal membantu pengobatan diabetes tipe 2 dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

6. Cengkih

antioksidan cengkeh

Foto: Orami Stock Photos

Jangan sepelekan rempah-rempah satu ini, Moms. Tahukah Moms, cengkih dikenal mengandung zat antijamur dan bakteri.

Selain itu, cengkih juga efektif mengurangi sakit gigi, peradangan, dan meningkatkan vitalitas seksual.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa cengkih termasuk jenis rempah alami dan sebagai makanan kaya antioksidan terbaik karena kadarnya yang cukup tinggi.

7. Pomegranate

antioksidan delima

Foto: Orami Stock Photos

Pomegranate alias delima disebut sebagai makanan super yang telah dibudidayakan sejak zaman kuno.

Dalam penelitian Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu cangkir jus pomegranate mengandung 5,923 TE.

Buah ini baik dikonsumsi penderita kanker dan untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Khasiat Menakjubkan Buah Delima dan Acai Berry untuk Kecantikan Kulit

8. Bayam Merah

makanan kaya antioksidan

Foto: Liputan6.com

Bayam merah mengandung pigmen antosianin, yaitu pigmen merah keunguan yang berperan sebagai antioksidan.

Selain itu bayam merah mengandung senyawa antioksidan lain seperti betalain, vitamin C, karetenoid, dan flavonoid.

Di mana senyawa-senyawa inilah yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh, sehingga terlindungi dari penyakit degeratif.

9. Kangkung

makanan kaya antioksidan

Foto: Orami Stock Photos

Siapa sangka, kangkung yang mungkin menjadi makanan sehari-hari di rumah ternyata mengandung antioksidan yang tinggi.

Kangkung mengandung kadar antioksidan fenolik yang tinggi, seperti beta karoten, xanthin, lutein, dan cryptoxanthin.

Selain kaya antioksidan, kangkung juga mengandung vitamin A yang cukup banyak (mencapai 6600 IU per 100 gram) atau setara dengan rekomendasi asupan harian vitamin A.

Baca Juga: 3 Olahan Sayur Kangkung yang Sederhana, Moms Mesti Coba!

10. Beras Merah

makanan kaya antioksidan

Foto: Orami Stock Photos

Beras merah adalah makanan kaya antioksidan selanjutnya. Di mana warna merah pada beras merah menunjukkan adanya senyawa flavonoid di dalamnya, yang disebut antosianin.

Studi perbandingan telah dilakukan dan dipublikasikan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, mengungkapkan bahwa beras merah kaya akan polifenol esensial, asam fitat, dan serat.

Kandungan antosianin pada beras merah 10% lebih banyak daripada senyawa yang sama ditemukan dalam buah-buahan berwarna gelap seperti berries.

11. Avokad

makanan kaya antioksidan

Foto: Orami Stock Photos

Buah avokad juga termasuk salah satu makanan kaya antioksidan. Beberapa senyawa antioksidan di dalam buah avokad antara lain adalah saponin, flavonoid, dan alkaloid.

Ketiga senyawa di dalam avokad inilah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga kecantikan.

Maka tidak heran, jika Moms sering menemukan avokad sebagai bahan di dalam produk-produk kecantikan.

Baca Juga: Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

12. Minyak Zaitun

makanan kaya antioksidan

Foto: Orami Stock Photos

Sudah lama dikenal bahwa minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan yang terdapat di dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang bisa menyebabkan berbagai kondisi kesehatan dan penyakit.

13. Selai Kacang

makanan kaya antioksidan

Foto: Orami Stock Photos

Siapa sangka kalau selai kacang termasuk makanan kaya antioksidan. Ya betul Moms, satu porsi selai kacang mengandung 3 miligram vitamin E, yang termasuk antioksidan kuat.

Asam p-coumaric adalah antioksidan di dalam selai kacang. Hal ini juga sudha mencakup beberapa resveratrol, yaitu senyawa tanaman yang berperan sebagai antioksidan.

Baca Juga: Resep Homemade Selai Kacang

Dari 13 jenis makanan kaya antioksidan tinggi di atas, apa yang paling sering Moms dan keluarga konsumsi?

Artikel Terkait