TREN
4 September 2017

6 Makanan Ini Ternyata Berguna Untuk Menyehatkan Rambut

Tak perlu habiskan banyak uang untuk mengembalikan rambut yang berguguran, cukup dengan konsumsi makanan-makanan ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Kerontokan rambut menjadi salah satu hal yang dikeluhkan para ibu setelah melahirkan. Menurut ahli kesehatan rambut di Inggris, Philip Kingsley, kerontokan rambut atau pospartum hair loss merupakan hal yang normal akibat menurunnya kadar hormon estrogen dalam tubuh ibu setelah melahirkan.

Agar tidak semakin parah, selain melakukan perawatan pada rambut seperti memilih kosmetik rambut yang sesuai, rutin keramas sambil memijat kulit kepala serta creambath, Anda juga perlu mengonsumsi makanan bernutrisi agar rambut kembali sehat sempurna. Ini dia pilihannya. Yuk, coba!

1. Telur

telur

Selain mudah didapat, telur kaya protein dan biotin, zat yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku. Telur juga bisa memperlambat tumbuhnya rambut putih atau uban karena mengandung vitamin B-12 yang cukup tinggi, sedangkan kandungan zat besi pada telur melancarkan suplai oksigen ke folikel rambut.

2. Ikan

ikan

Kandungan protein pada ikan berguna untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Selain itu, jenis ikan tertentu seperti ikan salmon, tuna, dan sarden juga kaya akan omega-3 yang baik untuk menutrisi kulit kepala dan mencegah rambut kusam.

3. Tiram

tiram

Tiram kaya kandungan zat seng. Kekurangan zat seng bisa menyebabkan rambut rontok, kering, dan rapuh.

Baca Juga : 10 Tata Cara Keramas Mudah Untuk Dapatkan Rambut Cantik 

4. Daging ayam

daging ayam

Daging unggas kaya akan protein yang sangat baik untuk kesehatan rambut serta mencegah rambut rapuh dan kusam. Daging ayam merupakan unggas yang paling mudah didapatkan. Vitamin B pada daging ayam juga baik untuk menjaga tiap helai rambut agar kuat dan lebat.

5. Kacang-kacangan

kacang kacangan

Kacang kenari, kacang kedelai, kacang merah, ataupun kacang hijau merupakan bahan makanan yang kaya akan protein nabati. Jenis kacang-kacangan ini juga kaya kandungan biotin dan vitamin E yang melindungi sel-sel dari kerusakan. Kacang juga mengandung tembaga dan mineral yang membantu menjaga kilau rambut dan warna rambut alaminya.

6. Sayuran hijau

sayuran hijau

Brokoli, bayam, sawi, dan sayuran hijau umumnya kaya akan zat besi, folat dan vitamin C yang dapat menjaga folikel rambut tetap sehat. Vitamin A dan C yang terkandung dalam sayuran hijau juga membantu produksi minyak di kulit kepala, membuatnya tidak kering dan tampak bersinar.

(MEG)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait