JALAN-JALAN
8 Maret 2020

6 Makanan Khas Bangka Belitung yang Dijamin Menggugah Selera!

Jangan lupa cicipi saat berkunjung ke sana ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bangka-Belitung adalah salah satu daerah yang tak kalah menjadi favorit para wisatawan domestik maupun luar negeri. Meskipun kerap disebut sebagai satu kesatuan, daerah ini terdiri dari dua pulau utama, yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung.

Daya tarik wisata Bangka-Belitung tidak hanya pantainya yang indah, tetapi kulinernya juga tak kalah menarik dan patut dicoba. Bila Moms hendak berwisata ke Bangka-Belitung, coba beberapa makanan berikut ini.

Makanan Khas Bangka-Belitung

Sajian makanan khas Bangka dan Belitung ada beragam. Tidak hanya makanan yang berat, tetapi juga camilan yang lezat dan minuman yang menyegarkan. Berikut makanan yang patut Moms coba.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Imlek, Selalu Dihidangkan Saat Makan Bersama!

1. Mie Koba

makanan khas Bangka Belitung-mie koba.jpg

Foto: instagram.com/miekoba88

Biasanya, mie dipadukan dengan daging ayam atau sapi. Kali ini, Moms perlu mencicipi mie koba yang diolah bersama ikan. Mie koba adalah makanan khas Bangka-Belitung dengan menyajikan mie yang disiram kuah kaldu ikan tenggiri.

Sajian mie koba dibuat dengan mie kuning, potongan ikan tenggiri, telur, daun seledri, dan bawang goreng. Lalu, ragam topping ini disiram dengan kuah kaldu yang sangat nikmat dan menggoda.

2. Sambalingkung

makanan khas Bangka Belitung-sambalingkung.jpg

Foto: instagram.com/xanderskitchen

Bila Moms senang makan abon sapi atau ayam, Moms mungkin akan suka dengan kuliner sambalingkung, yang berupa abon dari daging ikan tenggiri. Makanan khas Bangka-Belitung ini cocok sebagai makanan pelengkap atau camilan.

Sambalingkung memiliki rasa yang gurih, manis, dan sedikit asin. Bagi Moms yang suka pedas, maka bisa juga mendapatkan sambalingkung dengan rasa pedas.

Baca Juga: Icip-Icip Makanan Khas Pontianak yang Menggugah Selera!

3. Sup Gangan

makanan khas Bangka Belitung-sup gangan.jpg

Foto: instagram.com/psnovi

Untuk makanan khas Bangka-Belitung dengan sajian kuah, Moms bisa mencoba sup gangan yang menyegarkan. Sup gangan dibuat dengan ikan tenggiri yang masih segar.

Ikan tenggiri ini dimasak dengan ragam rempah, seperti lengkuas, kunyit, cabe, bawang merah, dan bawang putih. Campuran rempah ini memberikan rasa yang sedikit asam, pedas, tetapi gurih.

Di Bangka-Belitung, Moms bisa menyajikan sup gangan dengan lakse (terbuat dari tepung beras), atau cukup dengan nasi putih hangat.

4. Pantiauw

makanan khas Bangka Belitung-Pantiauw.jpg

Foto: instagram.com/fauziahriva

Jika Moms ingin mencoba makan kwetiaw versi Bangka-Belitung, maka patut mencoba pantiauw. Pantiauw adalah adonan mie tipis gepeng yang terbuat dari tepung gandum.

Seperti makanan khas Bangka-Belitung lainnya, hidangan ini disajikan dengan menu ikan dan seafood yang tentunya sangat menggugah selera. Selain itu, pantiauw disajikan bersama kuah bening dengan cita rasa pedas dan manis.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Italia yang Tak Kalah Lezat Selain Pizza

5. Kericu

makanan khas Bangka Belitung-kericu.jpg

Foto: instagram.com/yulichia88

Untuk camilan gurih khas Bangka-Belitung, Moms bisa mencicipi kericu (keripik cumi) yang memiliki tekstur kerupuk. Kericu terbuat dari telur cumi-cumi dan sagu, serta ragam rempah seperti lengkuas, bawang putih, bawang merah, garam, dan bumbu lainnya.

Moms dapat membeli kericu sebagai oleh-oleh Bangka-Belitung yang khas. Camilan ini juga bisa disantap oleh banyak orang, karena rasanya sungguh nikmat.

6. Tai Fu Sui

makanan khas Bangka Belitung-tai fu sui.jpg

Foto: instagram.com/millenialmasak

Terakhir, ada minuman khas Bangka-Belitung yang patut Moms coba, yaitu Tai Fu Sui. Meskipun tidak memiliki nama khas Indonesia, minuman ini sudah dikenal sejak lama lho, Moms.

Tai Fu Sui adalah minuman yang terbuat dari kacang kedelai. Jadi, memang mirip dengan susu kedelai yang biasa Moms konsumsi. Untuk mencicipi Tai Fu Sui yang lezat, Moms bisa datang ke Alun-alaun Pangkalpinang.

Nah, itu dia beberapa makanan dan minuman khas Bangka-Belitung yang lezat dan tentunya patut dicoba. Apakah ada makanan yang menarik perhatian Moms?

Artikel Terkait