GAYA HIDUP
31 Juli 2020

10 Makanan Khas Italia yang Tak Kalah Lezat Selain Pizza

Sajian ini juga sangat lezat lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Mendengar kata "masakan Italia", pikiran Moms mungkin akan langsung terbawa pada pizza. Padahal, ada banyak makanan khas Italia lain yang tidak kalah enak dan lezat.

Khusus untuk Moms ingin memperluas pengetahuan tentang jenis hidangan Italia yang lainnya atau berencana mengunjungi Italia, berikut ini daftar makanan khas Italia yang patut dicoba.

Makanan Khas Italia Selain Pizza

Sebagian besar makanan dari Italia menggunakan pasta dan saus. Tetapi, ada juga makanan khas Italia yang merupakan hidangan penutup dan tidak kalah menggoda selera.

Berikut ini daftarnya, Moms. Ada yang menjadi makanan favorit?

1. Lasagna

makanan khas italia-lasagna.jpg

Foto: natashaskitchen.com

Nampaknya sulit untuk tidak mengaitkan makanan khas Italia dengan pasta. Salah satunya adalah lasagna. Lasagna adalah mie pasta pipih yang lebar, biasanya dipanggang dalam oven.

Asal usul lasagna yaitu di wilayah Emilia-Romagna, di mana lasagna yang tadinya merupakan makanan orang miskin menjadi makanan kelas atas.

Mungkin Moms menganggap lasagna dibuat dengan banyak saus tomat. Padahal, awal mula lasagna dibuat hanya diisi dengan ragù (saus daging), saus béchamel, dan keju, biasanya keju mozzarella atau Parmigiano Reggiano.

Penggunaan saus tomat tidak sebanyak lasagna yang biasa disajikan, karena ingin memfokuskan rasa daging.

Baca Juga: Resep Pizza Tanpa Oven, Siap dalam 20 Menit!

2. Ribollita

makanan khas italia-ribollita.jpg

Foto: lazycatkitchen.com

Ribollita adalah makanan khas Italia berupa sup roti Tuscan. Sup ini dibuat dari roti dan sayuran. Roti dipilih ketimbang daging karena lebih murah dan banyak tersedia pada ratusan tahun di pedesaan Italia yang sangat miskin.

Di Tuscany, hidangan ini dianggap sebagai suguhan istimewa di musim gugur, dengan cita rasa sayuran yang memberikan sensasi pedas meski tidak ada daging (untuk versi tradisionalnya).

3. Risotto

makanan khas italia-risotto.jpg

Foto: lexiscleankitchen.com

Tidak hanya pasta, ternyata Italia juga punya makanan khas yang terbuat dari nasi lho, Moms!

Ironisnya, orang Italia bukan penggemar nasi, terlepas mereka adalah penghasil beras terbesar di Eropa.

Risotto dibuat dengan mencampur kaldu dan diaduk hingga membentuk sup yang kental tetapi masih menyisakan bentuk nasi dengan cita rasa yang kuat dan gurih.

Jenis risotto yang paling terkenal mungkin adalah risotto alla milanese, ada juga jenis risotto klasik lain seperto risotto al nero di sepia, dan risotto risi e bisi, yang keduanya berasal dari Venesia.

Baca Juga: Agar Tidak Bingung di Restoran, Ini 4 Perbedaan Pizza Italia dan Amerika

4. Gelato

makanan khas italia-gelato.jpg

Foto: leitesculinaria.com

Tidak hanya makanan gurih dan asin, makanan khas Italia juga termasuk makanan penutup lezat, salah satunya adalah makanan gelato.

Meski punya struktur yang hampir sama dengan es krim, tetapi gelato berbeda dari es krim lho, Moms.

Gelato memiliki lemak mentega jauh lebih sedikit daripada es krim, yaitu sekitar 4-8 persen, dibandingkan dengan 14 persen untuk es krim. Selain itu, gelato punya kepadatan yang jauh lebih tinggi.

Ini menjadikan gelato sebagai hidangan penutup yang rendah lemak dan didinginkan di suhu yang sedikit lebih hangat, sehingga dapat meningkatkan rasa dan memberikan tekstur lebih lembut.

5. Ossobuco

makanan khas italia-ossobuco.jpg

Foto: culy.nl

Ossobuco alla milanese adalah makanan khas Italia yang terkenal. Kuliner ini merupakan tulang belakang daging sapi muda, dimasak suhu rendah dan lambat hingga lembut dalam kaldu daging, anggur putih, dan sayuran.

Secara tradisional, sajian ossobuco disertai dengan gremolata (kulit lemon, bawang putih, dan peterseli) tetapi opsional.

Meskipun ossobuco merupakan makanan khas Italia yang populer, tetapi sajian ini tidak selalu umum disajikan di restoran karena membutuhkan waktu memasak yang lama, sekitar tiga jam.

Baca Juga: Resep Tiramisu, Dessert Italia yang Enak dan Nikmat

6. Tiramisu

makanan khas italia-tiramisu.jpg

Foto: recipetineats.com

Selain gelato, ada juga makanan penutup khas Italia yang tentu sudah banyak Moms coba, yaitu tiramisu. Tiramisu diciptakan sekitar tahun 1960-an.

Ini merupakan parfait tanpa panggang dengan lapisan keju mascarpone yang lembut dan kue jari yang direndam kopi. Krim dan putih telur terkadang ditambahkan ke keju mascarpone untuk memberikan tekstur lebih ringan.

7. Polenta

makanan khas Italia-polenta.jpg

Foto: loveandlemons.com

Meskipun Moms mungkin cenderung menghubungkan pasta dengan Italia, tetapi sebenarnya, pati pokok yang dimakan di bagian utara Italia adalah polenta.

Siapa sangka, bubur jagung ini juga ternyata merupakan makanan khas Italia, yang hampir identik dengan bubur jagung yang dimakan di negara-negara bagian selatan Amerika, dengan variasi tergantung pada kekasaran atau kehalusan biji jagung).

Awalnya, makanan ini dibuat dari tepung apa saja yang bisa dikonsumsi. Namun, pengenalan jagung ke Eropa pada abad ke-16 menjadi bahan potensial untuk membuat polenta.

Meskipun tidak memiliki keragaman dalam bentuk dan tekstur dibandingkan dengan pasta, polenta adalah makanan pendamping yang sempurna untuk berbagai daging, terutama daging rebus.

Biasanya orang-orang mengonsumsi makanan ini ketika suhu dingin di kota-kota seperti Milan, Turin, dan Venesia. Penyajiannya biasanya sebagai bubur, atau dikemas dan digoreng menjadi lebih renyah.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Turki Ini Rasanya Sungguh Menggoda!

8. Carbonara

makanan khas Italia-carbonara.jpg

Foto: simplyrecipes.com

Moms mungkin sudah tahu bahwa carbonara juga menjadi makanan khas Italia yang sering dijumpai.

Hidangan ini tampak sederhana, terdiri dari spageti, telur, keju pecorino, curing guanciale, dan lada hitam. Ada banyak imitasi dari sajian ini, seperti saus yang kental dengan krim atau menggunakan daging biasa ketimbang guanciale.

Jika sempat mengunjungi Italia, cara terbaik untuk mendapatkan carbonara asli adalah dengan mendapatkan rekomendasi dari penduduk lokal. Moms tidak hanya diberi tahu restoran bagus, tetapi juga restoran yang khusus menyajikan carbonara dengan rasa luar biasa.

9. Arancini

makanan khas Italia-aArancini.jpeg

Foto: taste.com

Renyah dan berwarna cokelat keemasan, arancini mengacu pada sepiring bola nasi isi. Bola nasi digoreng setelah dilapisi remah roti yang renyah. Ini menjadi makanan khas Italia yang mungkin jarang didengar.

Nasi ini biasanya diisi dengan ragù, saus tomat, mozzarella dan kacang polong. Mirip dengan hidangan pasta dan pizza di Italia, ada beragam variasi arancini.

Beberapa contoh termasuk arancini con ragù (berisi saus tomat, nasi dan mozzarella), arancini con burro (dibuat dengan saus béchamel krem), arancini con funghi dan arancini con melanzane.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Lampung yang Tidak Boleh Dilewatkan, Maknyus!

10. Torrone

makanan khas Italia-torrone.jpg

Foto: italian-traditions.com

Memiliki tekstur krim dan lengket, Torrone dibuat dengan bahan-bahan seperti madu, putih telur, kacang panggang dan kulit jeruk. Lempengan tebal permen ini biasanya ditemukan di kafe dan toko permen di seluruh Italia.

Torrone menjadi salah satu sajian makanan penutup atau camilan manis yang tidak boleh dilewatkan.

Nah, itu dia Moms ragam makanan khas Italia yang tidak kalah lezat dari pizza. Jadi, apa menu makanan Italia favorit Moms yang lain?

Artikel Terkait