RUPA-RUPA
26 Oktober 2020

12 Makanan Khas Italia yang Tak Kalah Lezat Selain Pizza

Sajian ini juga sangat lezat lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Mendengar kata "masakan Italia", pikiran Moms mungkin akan langsung terbawa pada pizza. Padahal, ada banyak makanan khas Italia lain yang tidak kalah enak dan lezat.

Khusus untuk Moms ingin memperluas pengetahuan tentang jenis hidangan Italia yang lainnya atau berencana mengunjungi Italia, berikut ini daftar makanan khas Italia yang patut dicoba.

Makanan Khas Italia yang Lezat

Sebagian besar makanan dari Italia menggunakan pasta dan saus. Tetapi, ada juga makanan khas Italia yang merupakan hidangan penutup dan tidak kalah menggoda selera.

Berikut ini daftarnya, Moms. Ada yang menjadi makanan favorit?

1. Lasagna

makanan khas italia-lasagna.jpg

Foto: natashaskitchen.com

Nampaknya sulit untuk tidak mengaitkan makanan khas Italia dengan pasta. Salah satunya adalah lasagna. Lasagna adalah mie pasta pipih yang lebar, biasanya dipanggang dalam oven.

Asal usul lasagna yaitu di wilayah Emilia-Romagna, di mana lasagna yang tadinya merupakan makanan orang miskin menjadi makanan kelas atas.

Mungkin Moms menganggap lasagna dibuat dengan banyak saus tomat. Padahal, awal mula lasagna dibuat hanya diisi dengan ragù (saus daging), saus béchamel, dan keju, biasanya keju mozzarella atau Parmigiano Reggiano.

Penggunaan saus tomat tidak sebanyak lasagna yang biasa disajikan, karena ingin memfokuskan rasa daging.

Baca Juga: Resep Pizza Tanpa Oven, Siap dalam 20 Menit!

2. Ribollita

makanan khas italia-ribollita.jpg

Foto: lazycatkitchen.com

Ribollita adalah makanan khas Italia berupa sup roti Tuscan. Sup ini dibuat dari roti dan sayuran. Roti dipilih ketimbang daging karena lebih murah dan banyak tersedia pada ratusan tahun di pedesaan Italia yang sangat miskin.

Di Tuscany, hidangan ini dianggap sebagai suguhan istimewa di musim gugur, dengan cita rasa sayuran yang memberikan sensasi pedas meski tidak ada daging (untuk versi tradisionalnya).

3. Risotto

makanan khas italia-risotto.jpg

Foto: lexiscleankitchen.com

Tidak hanya pasta, ternyata Italia juga punya makanan khas yang terbuat dari nasi lho, Moms!

Ironisnya, orang Italia bukan penggemar nasi, terlepas mereka adalah penghasil beras terbesar di Eropa.

Risotto dibuat dengan mencampur kaldu dan diaduk hingga membentuk sup yang kental tetapi masih menyisakan bentuk nasi dengan cita rasa yang kuat dan gurih.

Jenis risotto yang paling terkenal mungkin adalah risotto alla milanese, ada juga jenis risotto klasik lain seperto risotto al nero di sepia, dan risotto risi e bisi, yang keduanya berasal dari Venesia.

Baca Juga: Agar Tidak Bingung di Restoran, Ini 4 Perbedaan Pizza Italia dan Amerika

4. Gelato

makanan khas italia-gelato.jpg

Foto: leitesculinaria.com

Tidak hanya makanan gurih dan asin, makanan khas Italia juga termasuk makanan penutup lezat, salah satunya adalah makanan gelato.

Meski punya struktur yang hampir sama dengan es krim, tetapi gelato berbeda dari es krim lho, Moms.

Gelato memiliki lemak mentega jauh lebih sedikit daripada es krim, yaitu sekitar 4-8 persen, dibandingkan dengan 14 persen untuk es krim. Selain itu, gelato punya kepadatan yang jauh lebih tinggi.

Ini menjadikan gelato sebagai hidangan penutup yang rendah lemak dan didinginkan di suhu yang sedikit lebih hangat, sehingga dapat meningkatkan rasa dan memberikan tekstur lebih lembut.

5. Ossobuco

makanan khas italia-ossobuco.jpg

Foto: culy.nl

Ossobuco alla milanese adalah makanan khas Italia yang terkenal. Kuliner ini merupakan tulang belakang daging sapi muda, dimasak suhu rendah dan lambat hingga lembut dalam kaldu daging, anggur putih, dan sayuran.

Secara tradisional, sajian ossobuco disertai dengan gremolata (kulit lemon, bawang putih, dan peterseli) tetapi opsional.

Meskipun ossobuco merupakan makanan khas Italia yang populer, tetapi sajian ini tidak selalu umum disajikan di restoran karena membutuhkan waktu memasak yang lama, sekitar tiga jam.

Baca Juga: Resep Tiramisu, Dessert Italia yang Enak dan Nikmat

6. Tiramisu

makanan khas italia-tiramisu.jpg

Foto: recipetineats.com

Selain gelato, ada juga makanan penutup khas Italia yang tentu sudah banyak Moms coba, yaitu tiramisu. Tiramisu diciptakan sekitar tahun 1960-an.

Ini merupakan parfait tanpa panggang dengan lapisan keju mascarpone yang lembut dan kue jari yang direndam kopi. Krim dan putih telur terkadang ditambahkan ke keju mascarpone untuk memberikan tekstur lebih ringan.

7. Polenta

makanan khas Italia-polenta.jpg

Foto: loveandlemons.com

Meskipun Moms mungkin cenderung menghubungkan pasta dengan Italia, tetapi sebenarnya, pati pokok yang dimakan di bagian utara Italia adalah polenta.

Siapa sangka, bubur jagung ini juga ternyata merupakan makanan khas Italia, yang hampir identik dengan bubur jagung yang dimakan di negara-negara bagian selatan Amerika, dengan variasi tergantung pada kekasaran atau kehalusan biji jagung).

Awalnya, makanan ini dibuat dari tepung apa saja yang bisa dikonsumsi. Namun, pengenalan jagung ke Eropa pada abad ke-16 menjadi bahan potensial untuk membuat polenta.

Meskipun tidak memiliki keragaman dalam bentuk dan tekstur dibandingkan dengan pasta, polenta adalah makanan pendamping yang sempurna untuk berbagai daging, terutama daging rebus.

Biasanya orang-orang mengonsumsi makanan ini ketika suhu dingin di kota-kota seperti Milan, Turin, dan Venesia. Penyajiannya biasanya sebagai bubur, atau dikemas dan digoreng menjadi lebih renyah.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Turki Ini Rasanya Sungguh Menggoda!

8. Carbonara

makanan khas Italia-carbonara.jpg

Foto: simplyrecipes.com

Moms mungkin sudah tahu bahwa carbonara juga menjadi makanan khas Italia yang sering dijumpai.

Hidangan ini tampak sederhana, terdiri dari spageti, telur, keju pecorino, curing guanciale, dan lada hitam. Ada banyak imitasi dari sajian ini, seperti saus yang kental dengan krim atau menggunakan daging biasa ketimbang guanciale.

Jika sempat mengunjungi Italia, cara terbaik untuk mendapatkan carbonara asli adalah dengan mendapatkan rekomendasi dari penduduk lokal. Moms tidak hanya diberi tahu restoran bagus, tetapi juga restoran yang khusus menyajikan carbonara dengan rasa luar biasa.

9. Arancini

makanan khas Italia-aArancini.jpeg

Foto: taste.com

Renyah dan berwarna cokelat keemasan, arancini mengacu pada sepiring bola nasi isi. Bola nasi digoreng setelah dilapisi remah roti yang renyah. Ini menjadi makanan khas Italia yang mungkin jarang didengar.

Nasi ini biasanya diisi dengan ragù, saus tomat, mozzarella dan kacang polong. Mirip dengan hidangan pasta dan pizza di Italia, ada beragam variasi arancini.

Beberapa contoh termasuk arancini con ragù (berisi saus tomat, nasi dan mozzarella), arancini con burro (dibuat dengan saus béchamel krem), arancini con funghi dan arancini con melanzane.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Lampung yang Tidak Boleh Dilewatkan, Maknyus!

10. Torrone

makanan khas Italia-torrone.jpg

Foto: italian-traditions.com

Memiliki tekstur krim dan lengket, Torrone dibuat dengan bahan-bahan seperti madu, putih telur, kacang panggang dan kulit jeruk. Lempengan tebal permen ini biasanya ditemukan di kafe dan toko permen di seluruh Italia.

Torrone menjadi salah satu sajian makanan penutup atau camilan manis yang tidak boleh dilewatkan.

11. Steak Fiorentina

makanan khas Italia

Foto: walksofitaly.com

Sebuah bistecca fiorentina, atau steak T-bone Florentine, mencakup semua karakteristik hidangan terbaik Italia, yakni potongan daging pada bagian tertentu dari sapi berkualitas yang disiapkan dengan cara yang sangat detail.

Untuk bistecca fiorentina yang sangat besar, itu adalah steak T-bone yang dipotong tebal (setidaknya 5 sentimeter) dari pinggang sapi Chianina yang dibesarkan di Tuscany. Hidangan ini dimasak selama 5 sampai 7 menit di setiap sisi, tergantung pada ketebalannya, sampai bagian luarnya matang dan bagian dalamnya tetap lembut.

Moms tidak bisa meminta steak setengah matang di sini, karena dagingnya terlalu tebal bahkan untuk kita makan sekalipun.

12. Truffles

makanan khas Italia

Foto: truffle.shop

Truffles merupakan jamur khas Italia yang menyengat dan merupakan salah satu makanan paling mahal dan didambakan di dunia. Kabar baiknya, Italia adalah salah satu dari sedikit negara tempat jamur ini dapat ditemukan tumbuh berlimpah! Mereka tumbuh hanya di alam liar, umbi ini bisa ditemukan jika berburu di hutan dan pegunungan Umbria dan Piedmont dengan anjing atau babi yang dilatih untuk mencium bau jamurnya di bawah tanah.

Truffle di Italia datang dalam dua bentuk, truffle putih yang langka dan lebih aromatik, atau truffle hitam yang sedikit kurang aromatik dan sedikit lebih umum. Namun, popularitas mereka melimpah dan tartufi Italia adalah salah satu makanan musim gugur favorit sepanjang masa di Italia!

Baca Juga: 5 Jenis Jamur Pengganti Enoki yang Bisa Dikonsumsi

Makanan Khas Italia di Jakarta

Nah, untuk kita yang tinggal di Jakarta, kira-kira makanan khas Italia apa saja yang bisa kita cicipi ya?

1. Rosso Italian Restaurant

makanan khas Italia di Jakarta

Foto: tripadvisor.com

Tidak perlu jauh-jauh ke Italia untuk mencicipi berbagai makanan khasnya. Di Jakarta sendiri sudah cukup banyak restoran yang menawarkan makanan Italia, salah satunya adalah Rosso Italian Restaurant.

Rosso yang artinya merah dalam bahasa Italia ini menjadi restoran yang menyajikan banyak sekali hidangan Italia yang rasanya otentik dan menggugah selera. Tempatnya cukup luas dengan dekorasi yang didominasi warna merah membuat Rosso memiliki kesan hangat dan elegan. Bahkan kita bisa makan sambil ditemani alunan musik Italia juga lho, semakin lengkap kan.

Di sini kita bisa memesan pizza dan lobster risotto. Selain itu untuk minumannya, ada signature cocktail, Italiano Hipnotique yang rasanya enak dan alkoholnya tidak terlalu kuat.

Lokasi: Shangri-La Hotel, Lobby Level, Jalan Jendral Sudirman, Kav. 1, Kota BNI, Jakarta, (021) 29399562.

2. Convivium

makanan khas Italia di Jakarta

Foto: zomato.com

Untuk Moms yang ingin mencoba makanan penutup atau dessert khas dari Italia yang lezat, wajib sekali mengunjungi Convivium Restaurant yang terletak di Jl. Panglima Polim V No. 8A, Dharmawangsa, Kota Jakarta. Di sini Moms dapat memesan beraneka ragam menu dessert yang lezat dan juga nikmat.

Beberapa menu dessert andalan dari restoran ini adalah red velvet, rainbow cake, apppetizer, fruit salad, pizza, mean stuff, dan berbagai menu ringan sebagai makanan penutup.

Lokasi: Jl. Panglima Polim V No. 8A, Dharmawangsa, Jakarta, 0812-9623-637

Baca Juga: 5 Makanan Khas Perancis dengan Cita Rasa yang Lezat dan Berkelas

3. Ristorante Da Valentino

Restoran Italia di Jakarta

Foto: jajanbeken.com

Dari namanya saja sudah ketahuan, bahwa restoran ini Italia banget! Ristorante Da Valentino ini tidak hanya ada di Jakarta. Restoran ini cukup terkenal di beberapa negara seperti Singapura karena menyajikan beraneka ragam masakan Italia yang dimasak langsung oleh chef yang berasal dari Italia.

Ciri khas Ristorante Da Valentino ada pada jenis masakan yang dihidangkan. Kita dapat memesan menu terlaris yaitu Fettucine al Granchio, yang terbuat dari cream fettucine dengan bahan daging kepiting yang dihaluskan dan kemudian ditambahkan herbs dan spices sebagai pelengkapnya.

Untuk makanan pencuci mulutnya, Moms bisa memesan tiramisu yang cukup lembut dan langsung lumer di mulut begitu kita makan. Rasanya jadi lapar ya, Moms.

Lokasi: MD PLACE, 11th Floor, Jl. Setiabudi Selatan No. 7, Jakarta, (021) 29057888.

4. Mamma Rossy

Restoran Italia di Jakarta

Foto: zomato.com

Satu lagi tempat di mana Moms bisa mencoba makanan khas Italia di Jakarta adalah di restoran Mamma Rossy. Restoran ini menempati sebuah rumah dengan gaya klasik, yang dulunya merupakan art gallery yang kental dengan nuansa Jawa dan Bali.

Restoran ini milik seorang ekspat Italia bernama Dabiel Vigone dan dinamakan seperti nama ibunya. Dari sini sudah jelas dong, jika resep-resep makanan yang digunakan di Mamma Rossy merupakan resep keluarga turun temurun yang pasti meninggalkan rasa hangat untuk penikmarnya.

Jika Moms pecinta pizza, menu Karnivora wajib jadi pilihan. Pizza crunchy ber-topping smoked beef marinated garlic bread, dan lainnya rasanya luar biasa enak lho. Nah untuk yang suka pesto, Lasagna Pesto milik Mamma Rosy harus banget dicoba.

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 58, Jakarta, (021) 71791592

Nah, itu dia Moms ragam makanan khas Italia yang tidak kalah lezat dari pizza. Jadi, apa menu makanan Italia favorit Moms yang lain?

Artikel Terkait