TREN
18 Januari 2019

6 Makanan Ringan Khas Indonesia yang Terbuat Dari Bahan Kelapa

Kue yang satu ini merupakan jajanan pasar yang punya banyak penggemar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh mentari.delita
Disunting oleh mentari.delita

Indonesia merupakan negara yang boleh dibilang kaya akan aneka ragam kulinernya. Bahkan di Indonesia sendiri, segala sesuatunya dapat diolah menjadi bahan makanan yang lezat seperti kelapa. Nah, inilah makanan Indonesia yang terbuat dari kelapa:

Kue Rangi

kelapa rangi

Bila Moms sedang mencari hidangan sore yang ringan namun lezat, cobalah untuk mencicipi kue rangi. Adonan kue ini terbuat dari kelapa parut yang kemudian dicampur dengan tepung sagu lalu dibakar. Saat dibakar, wanginya sangatlah lezat. Terakhir setelah dibakar Moms tinggal menambahkannya dengan larutan gula jawa. Lezat sekali lho.

Baca Juga: Resep Bola-Bola Ubi

Kue Putu

kelapa putu

Berikutnya ada kue putu, jajanan yang mungkin populer dari Moms kecil hingga saat ini. cara pembuatan kue putu mudah, namun unik. Kue putu dimasak dalam wadah bambu, kemudian ketika sudah matang bambunya akan mengeluarkan bunyi seperti suling.

Kue putu terbuat dari tepung ketan kemudian dicampur dengan kelapa parut dan garam. Umumnya kue putu memiliki warna putih atau hijau. Tak perlu khawatir karena keduanya menggunakan pewarna yang alami.

Gemblong

kelapa gem

Jika Moms dalam perjalanan menuju puncak, tentu akan melihat banyak orang berjualan gemblong di sepanjang jalan. Kue yang satu ini merupakan jajanan pasar yang punya banyak penggemar. Gemblong terbuat dari tepung beras ketan putih, santan, margarin dan kelapa parut. Proses pembuatannya terbilang cukup mudah, Moms hanya perlu menggorengnya. Rasanya gurih dan manis karena menggunakan lapisan gula merah.

Geplak

kelapa geplak

Kue yang biasanya dibuat berwarna-warni ini dibuat dengan bahan kelapa parut, tepung beras, dan gula pasir atau gula jawa. Berasal dari Yogyakarta, biasanya geplak kerap dijadikan oleh-oleh dari para wisatawan. Selain rasanya yang cukup mengenyangkan, makanan ini juga bisa awet hingga 2 atau 3 bulan lamanya, lho.

Wingko Babat

kelapa w

Kalau makanan yang satu ini tentu namanya sudah tak asing lagu buka untuk Moms? makanan yang biasanya dikemas dalam sebuah kemasan kecil ini terbuat dari dari kelapa parut, tepung beras ketan, dan gula pasir. Proses memasak wingko babat memang terbilang tak mudah, karena butuh pembakaran pada tahap akhir. Namun begitu, makanan ini tak menjadi keras, tetap empuk dan lezat. Cocok sekali sebagai oleh-oleh dari Kota Semarang.

Baca Juga: Resep Milkshake Pisang Cokelat yang Seru Dibuat Bersama Si Kecil

Klappertaart

kelapa klapertart

Terakhir ada makanan ringan yang berasal dari Manado. Kue yang satu ini terbuat dari kelapa yang kemudian dipanggang. Moms dijamin akan jatuh cinta dengan teksur dalamnya yang memang lembut kemudian rasa manis yang berasal dari gula dan susu. Adonan dalamnya juga sederhana, selain kelapa Moms hanya perlu menambahkan tepung dan mentega.

Wah, rupanya banyak ya Moms olahan kelapa yang dapat dijadikan makanan ringan. Kalau Moms sendiri suka yang mana?

(MDP)

Artikel Terkait