KESEHATAN
3 Agustus 2019

6 Makanan Sehat yang Bantu Lawan Infeksi Virus

Tambahkan makanan-makanan ini ke dalam menu harian Mama dan keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Virus ada di mana-mana dan bisa menyerang siapa saja. Karena itu, penting untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika tubuh sudah terlanjur terserang virus dan menyebabkan infeksi, apa mau dikata?

Pergi ke dokter memang bisa menjadi alternatif untuk menanganinya, tapi tahukah Mama bahwa ada beberapa makanan sehat yang dapat membantu melawan infeksi virus?

Infeksi virus pada umumnya berupa infeksi pernafasan, mata, telinga, pencernaan, dan sebagainya. Salah satu cara untuk bisa mengatasi infeksi tersebut adalah meningkatkan daya tahan tubuh supaya kuat melawan virus.

Makanan sehat yang dapat membantu menguatkan tubuh supaya mampu dan tahan dengan gempuran virus antara lain:

1. Yogurt

virus yoghurt

Salah satu organ tubuh yang perlu dijaga agar terhindar dari infeksi adalah usus karena merupakan bagian pencernaan yang sangat penting.

Yogurt mengandung probiotik yang mampu memperkuat usus dalam melawan virus dan bakteri. Moms bisa menambahkan makanan sehat ini ke dalam bekal Si Kecil yang bisa dinikmati di sekolah, tentunya dengan memilih yogurt yang rendah lemak supaya tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang lain.

2. Ikan

virus ikan

Banyak gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan mengonsumsi ikan seperti salmon. Bagaimana tidak? Salmon mengandung banyak asam omega-3 yang berperan aktif dalam meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal virus dan bakteri jahat, serta mencegah peradangan.

Mengonsumsi makanan sehat tersebut tidak hanya membuat tubuh melawan virus, tetapi juga mengatasi stres.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Sejak Kecil

3. Ubi Jalar

virus ubi

Dikukus saja sudah membuat anak-anak menggemari makanan sehat ini, apalagi jika Moms mengolahnya dengan kreatif. Hasilnya tidak hanya enak dinikmati, tetapi kandungan di dalamnya juga baik untuk kesehatan tubuh anak dan anggota keluarga lainnya.

Ubi mengandung banyak vitamin A yang meningkatkan kesehatan kulit, bagian tubuh terluar yang menjaga tubuh secara keseluruhan. Dengan vitamin A, kulit dengan segera bisa 'membentengi diri' dari virus yang menempel di permukaannya.

4. Kiwi

virus kiwi

Dari begitu banyak buah yang memberikan manfaat kesehatan, kiwi merupakan salah satu yang paling banyak berpengaruh saat tubuh terserang virus penyebab flu, pilek, batuk, dan sebagainya.

Saat tubuh sudah menunjukkan gejala-gejala terserang flu, mengonsumsi buah kiwi bisa segera menghentikan gejala tersebut. Hal ini disebabkan oleh vitamin dan mineral dalam makanan sehat ini yang bekerja membangun kekebalan tubuh supaya kuat melawan dan mematikan kerja virus.

Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Sayur dan Buah

5. Kacang Tanah

virus kacang tanah

Daripada memilih makanan lain yang tak sehat, lebih baik santap kacang tanah sebagai camilan saat Mama terserang infeksi virus.

Kandungan vitamin E dalam kacang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengatasi infeksi pernapasan.

6. Daging Sapi

virus daging sapi

Terlalu banyak mengonsumsi daging sapi memang dapat membahayakan kesehatan, namun mengonsumsinya dalam takaran yang cukup dapat meningkatkan kesehatan.

Makanan sehat ini mengandung banyak protein dan zinc yang sangat penting bagi pembentukan sel dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Keenam makanan sehat di atas tentunya tidak sulit didapatkan, bukan? Segera tambahkan makanan-makanan tersebut ke dalam menu harian keluarga untuk mencegah munculnya infeksi dan mempercepat penyembuhan saat terkena virus!

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait