KESEHATAN
6 Desember 2019

6 Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara, Ini Daftarnya

Ternyata makanan dan minuman sangat memengaruhi pertumbuhan kanker payudara, selain genetik.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, Moms. Simak 6 makanan yang bisa mencegah kanker payudara ini. Semua orang pasti memiliki risiko kanker payudara, meskipun tidak ada riwayat keluarga. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk gaya hidup dan pola makan.

Seseorang tanpa riwayat keluarga kanker payudara belum tentu tidak memiliki risikonya. Kecuali, jika orang tersebut mengubah gaya hidup dan pola makannya.

Begitu pula orang dengan risiko kanker payudara. Mereka masih bisa menurunkan risikonya dengan diet seimbang yang bermanfaat untuk kanker payudara.

"Karena mayoritas kasus kanker payudara tidak memiliki hubungan genetik, seseorang harus menyimpulkan bahwa faktor gaya hidup, termasuk diet, memainkan peran besar dalam kanker payudara," kata Mary Flynn, RD, penulis "The Pink Ribbon Diet" ( Da Capo, 2010) dan ahli diet riset di Rumah Sakit Miriam di Providence.

Adapun sejumlah makanan yang bisa mencegah kanker payudara, antara lain:

1. Kopi

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara 01.jpg

Foto: shutterstock.com

Para ilmuwan di Universitas Fudan di China menemukan bahwa satu cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hingga 3 persen.

Kopi juga memberikan efek lebih besar pada wanita yang memakai obat terapi hormon tamoxifen, yakni pengobatan standar untuk pasien kanker payudara reseptor-positif estrogen.

Sebuah studi dari Lund University di Swedia juga menunjukkan bahwa wanita yang minum dua atau lebih cangkir kopi per hari sambil minum obat mampu mengurangi kemungkinan kambuhnya kanker payudara kedua.

Baca Juga: Selain Kemoterapi, Inilah Pengobatan Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan

2. Apel

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara 02.jpg

Foto: shutterstock.com

Makanlah buah apel yang sudah matang bersama kulitnya karena mengandung senyawa untuk melawan kanker. Menurut penelitian Cornell University, triterpenoid dan phytochemical adalah senyawa dalam kulit apel yang dapat menghambat atau membunuh pertumbuhan tumor dalam sel kanker payudara.

3. Ikan Salmon

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara 03.jpg

Foto: shutterstock.com

Salmon adalah jenis ikan kaya omega-3 yang populer dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Peneliti China telah mengkaji 21 studi dan menemukan bahwa mengonsumsi asam lemak tak jenuh (omega 3) mampu mengurangi hingga 14 persen risiko kanker payudara.

Karena, asam lemak omega 3 memiliki sifat anti-inflamasinya, yang bisa menurunkan kepadatan payudara pada wanita pascamenopause dan obesitas. Hal ini sangat penting karena payudara yang padat bisa enam kali lebih mungkin terkena kanker.

Berkat kualitas-kualitas tersebut, salmon termasuk ke dalam makanan yang bisa mencegah kanker payudara.

Baca Juga: Heboh Krisdayanti Suntik DNA Salmon, Ternyata Manfaatnya Segudang Lho!

4. Brokoli

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara 04.jpg

Foto: shutterstock.com

Brokoli merupakan keluarga sayuran silangan, yang juga termasuk kangkung, bok choy, kol, lobak dan kembang kol. Nutrisi utama dalam kelompok sayuran ini dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Tetapi sebuah studi dari Roswell Park Cancer Institute menunjukkan bahwa makanan ini bisa mencegah kanker payudara pada wanita premenopause.

5. Wortel

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara 05.jpg

Foto: shutterstock.com

Wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga mencegah kanker payudara. Sejumlah besar karotenoid, sejenis pigmen pada wortel dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 28 persen.

Menurut sebuah studi dari International Journal of Cancer, alfa-karoten dan beta-karoten dalam wortel dapat menurunkan risiko pertumbuhan kanker payudara kedua dan kematian akibat kanker payudara sebanyak 68 persen.

6. Peterseli

Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara 06.jpg

Foto: shutterstock.com

Peterseli mengandung senyawa tanaman yang disebut apigenin. Profesor Universitas Missouri, Salman Hyder menemukan tikus yang mendapat apigenin mengembangkan lebih sedikit tumor dan mengalami keterlambatan signifikan dalam pembentukan tumor.

Sebenarnya para ilmuwan masih belum yakin berapa dosis apigenin yang tepat bagi manusia untuk mencegah kanker payudara. Tetapi mereka merekomendasikan makan sedikit setiap hari.

Jadi, itulah makanan yang bisa mencegah kanker payudara. Jika Moms ingin menghindari penyakit ini, perbanyak mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, ya.

Baca Juga: Disangka Pura-pura Sakit Perut, Balita Ini Ternyata Menderita Kanker Langka Mematikan

(SA/DIN)

Artikel Terkait