KESEHATAN
19 Mei 2020

6 Makanan yang Dapat Mencegah Timbulnya Kanker, Simak Moms!

Banyak mengonsumsi makanan-makanan ini akan menurunkan risiko kanker
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketahui apa saja makanan yang bisa mencegah kanker, Moms.

Apa yang kita makan bisa secara drastis memengaruhi berbagai aspek kesehatan dalam tubuh kita, termasuk risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Munculnya kanker dalam tubuh, telah terbukti sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Menghindari rokok, membatasi alkohol, mencapai berat badan yang sehat, dan berolahraga secara teratur adalah langkah besar untuk mencegah kanker.

Baca Juga: Menyusui Mencegah Kanker, Benarkah?

Makanan yang Dapat Mencegah Kanker

Kita juga harus mengonsumsi makanan yang bisa mencegah pertumbuhan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan makanan tertentu dapat mencegah timbulnya kanker dalam tubuh.

1. Brokoli

mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah kanker yang pertama adalah dengan mengonsumsi brokoli. Jenis sayuran satu ini mengandung sulforaphane, senyawa tanaman yang ditemukan dalam sayuran yang mungkin memiliki sifat antikanker yang kuat.

Berdasarkan salah satu jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, menunjukkan bahwa sulforaphane mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75%.

2. Buah Apel

mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

Buah apel mengandung polifenol yang memiliki sifat antikanker yang menjanjikan. Polifenol adalah senyawa nabati yang dapat mencegah peradangan, penyakit kardiovaskular, dan infeksi.

Penelitian dalam Journal of Food and Drug Analysis menunjukkan bahwa phloretin apel secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, dan tidak mempengaruhi sel normal.

Baca Juga: 5 Olahan Buah Apel yang Unik dan Enak, Wajib Dicoba!

3. Wortel

mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan banyak wortel dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu.

Bahkan, dari sebuah penelitian menyimpulkan bahwa makan wortel dapat mengurangi risiko kanker perut hingga 26%.

4. Jenis Ikan Tertentu

mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

Jenis ikan berlemak termasuk salmon, mackerel, dan ikan teri, kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin B, kalium, dan asam lemak omega-3.

Penelitian dalam jurnal U.S. National Library of Medicine menemukan bahwa orang yang diet tinggi ikan air tawar memiliki risiko 53 persen lebih rendah untuk menderita kanker kolorektal daripada mereka yang sering makan ikan air tawar.

5. Kacang Kenari

mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

MenurutAmerican Institute for Cancer Research, semua kacang menunjukkan sifat pencegah kanker, tetapi kenari lebih tinggi sifat pencegah kankernya dibandingkan jenis kacang lainnya.

Baca Juga: Mudah Dimasak, Ini Dia 3 Resep MPASI Bayi 7 Bulan dari Kacang Polong nan Sehat

Kacang kenari mengandung zat yang disebut pedunculagin, yang dimetabolisme oleh tubuh menjadi urolithin. Urolitin adalah senyawa yang berikatan dengan reseptor estrogen dan dapat berperan dalam mencegah kanker payudara.

6. Legum

mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

Legum, seperti kacang-kacangan, kacang polong, dan lentil, sangat kaya akan serat, yang dapat membantu mencegah seseorang menderita kanker.

Satu meta-analisis dari 14 studi menunjukkan hubungan antara konsumsi legum yang lebih tinggi dan risiko kanker kolorektal yang lebih rendah.

Itu dia beberapa jenis makanan yang bisa mencegah timbulnya kanker. Pastikan semuanya dikonsumsi dengan baik ya.

Artikel Terkait