KESEHATAN
23 Agustus 2019

6 Manfaat Buah Zuriat yang Tak Banyak Diketahui

Buah zuriat memang terdengar asing. Namun, jangan ragukan khasiatnya bagi kesehatan, Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Pernahkah Moms dan Dads dengar buah zuriat? Meski jarang terdengar namanya, buah yang biasanya tumbuh subur di daerah beriklim tropis ini, ternyata punya banyak khasiat bagi kesehatan, lho.

Beragam kandungan nutrisi di dalamnya membuat buah zuriat patut Moms coba di rumah.

Lalu, apa saja manfaat dari buah zuriat? Berikut daftarnya!

1. Mencegah Penuaan Dini dan Antikanker

3 penyebab utama keriput hero

Salah satu keunggulan dari buah zuriat ini adalah kandungan antioksidannya yang tinggi, Moms. Antioksidan merupakan zat yang bisa menangkal terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh.

Hal ini tentu menjaga kesehatan sel-sel dari penuaan dini serta serangan penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

Salah satu jenis antioksidan yang kadarnya cukup tinggi di dalam buah zuriat adalah vitamin C dan vitamin B.

Kedua vitamin ini yang bisa membantu sel terus regenerasi (memproduksi yang baru), sehingga tidak terjadi penuaan dini.

Baca Juga: Cegah Penuaan Dini dengan Bahan Organik

2. Melancarkan Pencernaan

menjaga sistem pencernaan

Buah zuriat bisa Moms dan Dads andalkan sebagai salah satu sumber serat harian. Pasalnya, sebanyak 22 persen kandungan gizi dari buah zuriat berasal dari serat. Hal ini menunjukkan bahwa kadar serat buah ini cukup tinggi.

Jadi, jika Moms atau sang buah hati sedang susah BAB, buah zuriat bisa menjadi solusinya. Coba makan buah zuriat dengan rutin supaya sembelit yang dialami segera hilang.

3. Membantu Kendalikan Kadar Gula Darah

menurunkan gula darah

Bila Moms, Dads, atau anggota keluarga lain punya diabetes, buah zuriat bisa menjadi pilihan yang baik.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan pada Pakistan Journal Pharmaceutical Science, pasien diabetes yang makan buah ini dengan rutin punya kadar gula yang lebih stabil.

Ini karena kadar indeks glikemik buah zuriat cukup kecil dan aman bagi gula darah. Selain itu, kandungan serat dan protein yang cukup tinggi pada buah zuriat membuat Moms lebih tahan lapar.

Dengan begitu, asupan makan lebih terjaga dan gula darah pun lebih stabil.

Baca Juga: Biasa Tak Sarapan? Hati-hati Gula Darah Tinggi!

4. Menurunkan Kadar Lemak Jahat

hipertensi bisa menyebabkan 5 komplikasi penyakit ini 1

Khasiat lain yang tak boleh dilewatkan lainnya adalah buah ini mampu menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Kadar lemak jahat yang terlalu tinggi dapat menyumbat aliran darah sehingga berisiko penyakit jantung.

Kebalikannya, jumlah lemak baik justru terbukti meningkat jika Moms rutin mengonsumsinya. Tentu saja kebiasaan ini bisa membuat jantung bekerja lebih optimal dan terhindar dari beragam penyakit kronis.

Oleh karena khasiatnya ini, buah zuriat disarankan bagi Moms atau Dads yang punya riwayat tekanan darah tinggi alias hipertensi. Dengan makan buah zuriat, tekanan darah akan lebih terkontrol.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kista ginjal

Bila Moms atau Dads punya masalah pada ginjal atau sistem urin, mungkin bisa mencoba makan buah zuriat setiap hari.

Pasalnya, buah ini mempunyai kandungan mineral fosfor dan kalium yang cukup tinggi. Kedua mineral ini berperan penting dalam membantu ginja menyaring air.

Para ahli menyatakan bahwa makan buah zuriat dipercaya dapat mencegah terjadinya batu ginjal atau masalah lain pada sistem urin.

Baca Juga: Mengetahui Kondisi Kesehatan Lewat Warna Urine

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh kuat

Selain karena mengandung vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh, buah zuriat juga punya enzim yang dapat memperkuat antibodi.

Dalam sebuah penelitian buah zuriat dapat diolah menjadi makanan probiotik yang bisa merangsang pertumbuhan bakteri-bakteri baik. Bakteri ini yang kemudian akan membantu tubuh melawan bakteri jahat penyebab penyakit.

Itulah beberapa manfaat buah zuriat yang mungkin Moms dan Dads belum ketahui. ternyata banyak juga ya Moms.

(IA/ERN)

Artikel Terkait