KEHAMILAN
17 September 2020

6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Memberi Energi Lebih!

Mampu membantu mencegah anemia pada ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika kita membicarakan tentang persalinan, yang Moms butuhkan adalah persalinan yang mudah, sehat, dan tentu cepat. Meskipun banyak hal yang bisa membantu persalinan ini, ada sesuatu yang menarik tentang buah kurma berkaitan dengan persalinan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi buah kurma pada akhir kehamilan efektif dalam mempersingkat proses persalinan dan membantu persalinan yang sehat. Moms ragu dengan pernyataan ini? Coba simak di bawah ini.

Baca Juga: Terapkan 7 Gerakan Ini untuk Mempercepat Persalinan

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Dilansir dari jurnal yang diterbitkan oleh Department of Obstetrics and Gynaecology dari Malaysia, mengonsumsi kurma selama trimester akhir kehamilan akan memengaruhi proses persalinan anak secara positif tanpa menimbulkan risiko bagi ibu dan anak.

Jadi, apa manfaat kurma untuk ibu hamil?

1. Penambah Vitamin K untuk Bayi

manfaat buah

Foto: parenting.firstcry.com

Bayi dilahirkan dengan Vitamin K yang rendah. Jika ibu mengkonsumsi kurma, buah ini akan memenuhi persyaratan vitamin ini ketika bayi menyusu dari ibu. Vitamin K membantu dalam pembekuan dan perkembangan tulang anak.

2. Menjauhkan Anak dari Sembelit

makanan penyebab sembelit.jpg

Foto: parentprime.com

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencegah konstipasi atau sembelit. Kurma adalah sumber serat yang tinggi, kurma menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan mengobati sembelit yang berhubungan dengan kehamilan.

Buah ini juga akan membuat perut kenyang lebih lama, mengurangi kadar kolesterol, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Ini

3. Memberikan Energi

manfaat buah

Foto: momjunction.com

Selama kehamilan, Moms membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya. Manfaat mengonsumsi beberapa buah kurma setiap hari akan memasok gula yang dibutuhkan tanpa menambah kalori tambahan pada tubuh kita.

4. Membantu Mencegah Cacat Lahir

manfaat buah

Foto: mothering.com

Buah kurma juga bermanfaat untuk mencegah cacat lahir yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang. Buah satu ini merupakan sumber folat yang baik, yang berguna mencegah cacat lahir.

5. Mencegah Anemia

manfaat buah

Foto: forteelements.com

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil adalah memasok kandungan zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan untuk mencegah anemia. Zat besi ini akan mempertahankan hemoglobin dalam tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh Moms dan bayi.

Baca Juga: Gejala Anemia Saat Haid, Apa Moms Pernah Mengalaminya?

6. Mempertahankan Keseimbangan Air-Garam

Buah kurma mengandung kalium, yang menjaga keseimbangan air-garam, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot. Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan ginjal.

Itu dia Moms beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil. Jadi jangan lupa untuk mengonsumsi buah ini selama kehamilan ya.

Artikel Terkait