PARENTING
17 Mei 2020

6 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

Membaca cerita pengantar tidur adalah ritual sehari-hari yang dapat dinikmati oleh orang tua dan anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Siapa di antara Moms dan Dads yang suka membacakan dongeng sebelum tidur kepada Si Kecil? Jika ya, langkah yang Moms dan Dads lakukan adalah tepat.

Moms, Dads, di usia Si Kecil yang sekarang ini,dia sangan membutuhkan kegembiraan lewat fantasi-fantasi. Dan tentu saj aini bisa didapatkan dari dongeng sebelum tidur.

Menurut psikolog anak Sally Goddard Blythe, direktur Institute for Neuro-Physiological Psychology dan penulis The Genius of Natural Childhood: Secrets of Thriving Children, bahkan di zaman kita sekarang, dongeng masih memiliki banyak hal untuk diajarkan kepada anak-anak tentang kehidupan, dan memang memberi kita pengalaman imajiner kunci yang membentuk kita sepanjang hidup kita.

"Dongeng itu penting bukan karena mereka menunjukkan kepada anak-anak bagaimana kehidupan, tetapi karena mereka memberikan bentuk pada ketakutan dan impian yang mendalam tentang kehidupan melalui fantasi," kata Goddard Blythe dilansir dari Telegraph.

Di samping itu, menurut Kepala Cabang Perkembangan dan Perilaku Anak di Institut Nasional Kesehatan dan Pengembangan Manusia di Bethesda, Reid Lyon, penelitian saraf menunjukkan bahwa ketika orang tua berinteraksi secara verbal dengan Si Kecil seperti mendongeng maka mereka belajar lebih banyak daripada yang pernah kita pikirkan mungkin.

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Research Gate, menemukan bahwa membacakan dongeng untuk anak juga bisa membantu mengurangi masalah tidur dan kebiasaan anak bagun di malam hari.

Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

Lalu, apa saja manfaat dari dongeng sebelum tidur untuk anak lainnya? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

1. Mengembangkan Komunikasi

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membacakan dongeng untuk anak yang pertama adalah mengembangkan komunikasi. Moms dan Dads, membacakan dongeng sebelum tidur membantu dalam pengembangan keterampilan komunikasi mulut, kemampuan mendengar, memori, dan keterampilan pengenalan bahasa Si Kecil.

Ini adalah cara yang baik untuk memperkuat kosakatanya dan struktur kalimat yang berbeda sejak usia dini.

Seiring waktu dan usia, Si Kecil akan belajar berkomunikasi melalui bahasa tubuh, metode verbal, mendengarkan dan menulis kata-kata seperti Anda.

Si Kecil akan mendengar semua suara yang diperlukan untuk berbicara bahasa asli mereka. Semakin banyak Moms dan Dads membaca, semakin sedikit si kecil terekspos pada kata-kata.

2. Perkembangan Sosial dan Emosional

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membacakan dongeng untuk anak yang selanjutnya adalah perkembangan sosial dan emosional. Si Kecil dapat mengembangkan gagasan tentang mainan, binatang, burung, dan sebagainya seiring dengan ilustrasi juga cerita yang berjalan dari dongeng sebelum tidur.

Moms dan Dads akan menemukan Si Kecil pandai menggunakan kata-kata baru untuk berpikir, merasakan, dan mengungkapkan perasaannya.

3. Meningkatkan Perhatian

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membacakan dongeng untuk anak yang selanjutnya adalah meningkatkan perhatian. Melibatkan Si Kecil dalam dongeng sebelum tidur adalah cara terbaik untuk membantunya merasa nyaman dengan kebiasaan membaca. Ini memang kebiasaan yang sangat berguna dan sehat.

Moms danDads dapat meningkatkan rentang perhatiannya dengan membacakan untuknya setiap malam.

Baca Juga: 6 Manfaat Dongeng Dalam Membentuk Karakter Anak

4. Meredakan Kecemasan

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membacakan dongeng untuk anak yang selanjutnya adalah meredakan kecemasan. Dongeng sebelum tidur adalah cara yang baik untuk menenangkan pikiran dan tubuhnya sebelum tidur.

Bahkan jika dia terlalu bersemangat, membaca cerita akan membantunya terlibat dalam dunia yang sama sekali berbeda dan terbebas dari semua kecemasan.

5. Meningkatkan Kepribadian dan Pengetahuan

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membacakan dongeng untuk anak yang selanjutnya adalah meningkatkan kepribadian dan pengetahuan. Ketika Si Kecil tumbuh, ia mungkin mulai mencari beberapa orang dan mengambil inspirasi dari mereka.

Waktu membaca adalah waktu yang tepat untuk memengaruhi Si Kecil dan mengajari mereka pelajaran hidup.

Dongeng sebelum tidur dapat meningkatkan kepribadian dan pengetahuannya.

6. Menjadi Kebiasaan

Manfaat membacakan Dongeng untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat membacakan dongeng untuk anak yang selanjutnya adalah menjadi kebiasaan baik. Ketika Moms membuat dongeng sebelum tidur menjadi rutinitas Si Kecil, itu menjadi kebiasaan dan bagian dari hidupnya.

Lambat laun, membaca menjadi sesuatu yang menyenangkan, dan Moms tidak harus memintanya membaca setelah ia dewasa.

Di kemudian hari, membaca dapat membuka pintu untuk menulis.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Dongeng yang Tepat Berdasarkan Usia Anak?

Tips Memaksimalkan Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

Untuk memaksimalkan manfaat dari mendongeng, Moms dan Dads menerapkan beberapa tips di bawah ini:

  • Menggunakan berbagai emosi dan suara ekspresif saat membaca cerita mendorong perkembangan sosial dan emosional Si Kecil.
  • Saat membacakan dongeng sebelum tidur, buat Si Kecil melihat dan menjawab pertanyaan untuk mempromosikan pengembangan sosial dan keterampilan berpikir.
  • Biarkan dia meniru suara, mengenali gambar, dan belajar kata-kata.
  • Bacakan dengan gembira, gembira, dan dekat. Ini membantu mereka terkait dengan buku.
  • Memeluk sambil membaca membuat bayi merasa terhubung, aman, dan hangat.
  • Nyanyikan sajak dan buat suara binatang lucu.
  • Jangan khawatir tentang membaca cerita yang sama lagi dan lagi. Bayi suka dan belajar dari pengulangan.
  • Matikan gangguan seperti televisi atau radio.
  • Dengan membesar-besarkan suara 'oo' di bulan dan menggunakan kata-kata seperti hush, Moms atau Dads dapat merangsang koneksi di bagian otak bayi yang menangani suara bahasa. Bagian ini disebut korteks pendengaran.
  • Ingatlah bahwa interaksi dengan Si Kecil adalah kunci untuk memaksimalkan membaca dongeng sebelum tidur.

Nah, ternyata membacakan dongeng sebelum tidur kepada Si Kecil punya banyak manfaat ya Moms. Jangan ragu untuk membacakan Si Kecil dongeng sebelum tidur ya.

(WAR/ERN)

Artikel Terkait