NEWBORN
5 Agustus 2019

6 Manfaat Menyusui Sampai 2 Tahun Bagi Bayi dan Ibu

Selain bisa menenangkan anak, juga bisa membantu menenangkan ibu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Air susu ibu (ASI) memang memiliki banyak manfaat penting untuk anak. Mulai dari mencegah kanker, membantu tubuh ibu cepat langsing dan ramping kembali, hingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi juga bagus.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan ibu untuk menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan pertama. Kemudian melanjutkan menyusui anak bersamaan dengan pengenalan makanan padat atau yang dikenal dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI), untuk tahun pertama anak.

Namun menurut Robin Elise Weiss, ibu dari delapan orang anak, sekaligus penasihat laktasi bersertifikat yang sudah mengetahui seluk beluk dunia menyusui, ternyata menyusui anak dalam jangka waktu lama itu memiliki banyak manfaat.

Baca Juga: Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui

Karena itu, Robin Elise Weiss secara rutin menyarankan pasiennya untuk menyusui anak lebih dari waktu yang ditentukan, misalnya 18 atau 24 bulan lamanya. Apa saja manfaat menyusui sampai 2 tahun? Simak yuk di bawah ini!

1. Memberikan Nutrisi yang Banyak untuk Bayi

menyusui bayi lebih lama, menyusui lebih lama

Manfaat menyusui sampai 2 tahun yang pertama adalah asupan nutrisi yang didapatkan oleh Si Kecil. Dengan menyusui sampai 2 tahuh, tentunya ia akan mendapatkan gizi yang mencukupi.

"Banyak orang berpikir tidak ada nilai gizi yang didapatkan jika memberikan ASI selama satu tahun atau lebih. Hal ini tidak benar," tutur Weiss. Terlepas dari berapa usia bayi, ia akan terus mendapat manfaat protein, kalsium, lemak, vitamin A, dan nutrisi lain dalam ASI.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

menyusui bayi lebih lama, menyusui lebih lama

Bayi yang menyusui terbukti berkontribusi dalam menurunkan insiden penyakit dan angka kematian. Manfaat kekebalan tubuh akan semakin meningkat, bila Moms menyusui sampai 2 tahun.

“Semakin lama Moms menyusui Si Kecil, semakin kecil kemungkinan bayi terserang penyakit berbahaya, seperti infeksi telinga dan infeksi saluran pernapasan atas,” kata Weiss.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

3. Membuat Ibu Lebih Sehat

menyusui bayi lebih lama, menyusui lebih lama

Menyusui sampai 2 tahun akan membuat risiko kanker payudara lebih rendah. Ada juga penurunan risiko kanker rahim dan kanker endomentrium.

Manfaatnya bersifat kumulatif, artinya jika seorang ibu menyusui dua bayi masing-masing selama dua tahun, manfaatnya sama dengan ibu yang menyusui empat bayi masing-masing selama setahun.

4. Meningkatkan Perkembangan Otak

menyusui bayi lebih lama, menyusui lebih lama

Penelitian telah menunjukkan bahwa menyusui sampai 2 tahun dapat membantu meningkatkan perkembangan otak bayi. Bukan dari nutrisi yang didapatkan saja, tapi juga dari bagaimana cara Moms menyusui anak.

Jika Moms menyusui dari botol, maka insting anak akan lebih dominan menggunakan tangan dan bayi berada dalam posisi yang sama setiap kali menyusu.

Weiss menyarankan agar para ibu mencoba posisi yang berbeda ketika menyusui dengan botol, untuk membantu bayi melatih pikirannya.

Baca Juga: Dukung Perkembangan Otak Anak Dengan 5 Nutrisi Ini

5. Menenangkan Bayi

menyusui bayi lebih lama, menyusui lebih lama

Menyusui adalah kegiatan yang membantu Moms dan bayi untuk terhubung satu sama lain, namun juga merupakan salah satu cara untuk menenangkan bayi dalam situasi stres.

Weiss mengatakan bahwa ia akan mengandalkan proses menyusui ketika si buah hati suasana hatinya sedang tidak baik. Menyusui membantu mengalihkan perhatian dan menenangkan bayi.

6. Juga Menenangkan Ibu

menyusui bayi lebih lama, menyusui lebih lama

Banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh ibu, baik itu urusan pekerjaan, tugas, atau masalah keluarga. Dengan menyusui lebih lama, hal ini akan membantu ibu melupakan sejenak permasalah yang ia hadapi.

“Bagi saya, menyusui anak selalu menjadi kesempatan bagi saya untuk beristirahat sejenak dan merasakan ketenangan,” ungkap Weiss.

Itulah beberapa manfaat menyusui sampai 2 tahun bagi para kesehatan bayi. Selain bermanfaat untuk bayi, juga bermanfaat bagi ibu sendiri!

Artikel Terkait