FASHION & BEAUTY
4 Oktober 2019

6 Manfaat Pare untuk Kecantikan yang Belum Banyak Diketahui

Dibalik rasa pahitnya, tersimpan segudang manfaat kecantikan. Apa saja?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Siapa sangka, pare yang rasanya pahit dan banyak orang tidak menyukainya, ternyata mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan!

Di dalam pare yang rendah kalori dan tinggi serat ini terdapat folat, zat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan, serta sejumlah kalium, seng, dan zat besi.

Berbagai macam penyakit, seperti gula darah tinggi dan kolesterol dapat lebih dikontrol dengan mengonsumsi pare.

Sayuran yang kerap ditemui di jajanan siomay ini juga kaya akan vitamin C, mikronutrien penting yang terlibat dalam pencegahan penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka.

Senyawa antioksidan kuat yang ada pada pare pun dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Tak hanya vitamin C, pare juga dipercaya mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan penglihatan serta dapat memperbaiki kecantikan kulit.

Ya, meski pahit, memasukkan bahan pare dalam menu makanan Moms sehari-hari bisa berdampak bagi bagi kecantikan kulit dan rambut, lho, Moms. Apa saja manfaat pare untuk kecantikan? Berikut daftarnya!

1. Menjadikan Kulit Bercahaya

manfaat pare untuk kecantikan - kulit bersinar.jpg

Manfaat pare untuk kecantikan yang pertama adalah menjadikan kulit bercahaya. Untuk mendapatkan kulit yang cerah bercahaya, Moms dapat mengonsumsi pare secara teratur karena memiliki zat anti oksidan yang kuat.

Vitamin A dan C yang ada di dalmnya mampu mencegah penuaan kulit dan juga mengurangi keriput. Ketika racun dikeluarkan dari tubuh, jerawat berkurang, dan kulit terjaga dari paparan sinarUV, maka kulit pun akan tampak lebih bersinar!

Baca Juga: Jus Seledri untuk Diet, Mitos atau Fakta?

2. Mengobati Jerawat dan Infeksi Kulit

manfaat pare untuk kecantikan - mengobati jerawat.jpg

Manfaat pare untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mengobati jerawat dan infeksi kulit. Pare dapat membantu mengurangi infeksi kulit. Karena sifat anti-inflamasinya, pare juga mampu mengobati jerawat dan gangguan pada kulit lainnya.

Konsumsi pare secara teratur sangat membantu dalam mengobati banyak penyakit kulit dan infeksi. Eksim, gatal, dan psoriasis bisa dicegah dengan pare. Infeksi jamur termasuk kurap juga dapat dikurangi.

3. Anti Penuaan

manfaat pare untuk kecantikan - anti penuaan.jpg

Manfaat pare untuk kecantikan yang selanjutnya adalah anti penuaan. Ingin terlihat lebih awet muda dengan kulit sehat, Moms? Yuk, konsumsi pare!

Dr. Simran Saini dari Fortis Hospital di New Delhi, India, menjelaskan, pare memiliki anti oksidan yang kuat dengan vitamin A dan C di dalamnya yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit dan mengurangi keriput.

4. Menjadikan Rambut Berkilau

manfaat pare untuk kecantikan - rambut  berkilau.jpg

Manfaat pare untuk kecantikan yang selanjutnya adalah menjadikan rambut berkilau. Ada cara mudah untuk membuat rambut Moms tampak indah dan berkilau.

Tuangkan secangkir jus pare di atas rambut dan diamkan selama setengah jam. Lalu bilas rambut dengan air. Selain membuat rambut lebih berkilau, pare juga dapat menghaluskan tekstur rambut.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Asam Selain untuk Nyeri Haid

5. Mengatasi Kerontokan Rambut

manfaat pare untuk kecantikan - mencegah kerontokan.jpg

Manfaat pare untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mengatasi kerontokan rambut. Pare tidak hanya dapat membantu mengurangi rambut rontok, tetapi juga memperkuat rambut.

6. Mengurangi Kelebihan Minyak pada Rambut

manfaat pare untuk kecantikan - mengatasi rambut berminyak.jpg

Manfaat pare untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mengurangi kelebihan minyak pada rambut. Jika kelebihan minyak menumpuk di rambut, Moms dapat menguranginya dengan cara mengoleskan campuran jus pare dan cuka sari apel.

Baca Juga: Ikuti 7 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Berikut Ini!

Meski kaya manfaat, Moms harus tetap memerhatikan seberapa banyak pare yang dikonsumsi. Jangan konsumsi berlebihan karena malah akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Konsumsi jus pare yang berlebihan dapat menyebabkan sakit perut dan diare. Wanita hamil juga harus menghindari pare terlalu banyak karena dapat merangsang rahim dan menyebabkan persalinan prematur. Setiap harinya, direkomendasikan jus pare sebanyak 30 ml," ungkap Dr Geeta Buryok, Kepala Ahli Nutrisi di Max HealthCare.

Bagaimana Moms, langsung tertarik untuk mengonsumsi pare setelah tahu manfaat pare untuk kecantikan kulit dan rambut?

(DI/ERN)

Artikel Terkait