KESEHATAN
4 Desember 2020

10 Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Senam aerobik nyatanya bagus untuk menjaga kesehatan jantung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms menyukai olahraga dengan intensitas tinggi? Berarti Moms akan suka dengan senam aerobik.

Senam aerobik adalah aktivitas yang membuat darah kita terpompa dan otot bekerja. Senam ini disebut juga dikenal sebagai aktivitas kardiovaskular. Tentunya, ada ragam manfaat senam aerobik yang mungkin belum Moms ketahui.

Berdasarkan jurnal Health Benefits of Aerobic Exercise, senam aerobik yang teratur memiliki manfaat kardiovaskular yang signifikan, seperti mengurangi risiko kematian akibat penyakit arteri koroner.

Hal ini mungkin terjadi karena efek positif pada kadar lipid darah dan tekanan darah.

Senam aerobik melibatkan pola gerakan gesit yang dipadukan dengan musik yang berirama kencang dan cepat. Olahraga ini merupakan olahraga yang sempurna untuk orang yang aktif dan memiliki banyak energi untuk dibakar.

Baca Juga: Benarkah Senam Kegel Membantu Cepat Hamil?

Manfaat Senam Aerobik untuk Tubuh

Mengutip Providence Health & Services, untuk mencapai kebugaran dengan senam aerobik, seseorang harus melakukan aktivitas terus-menerus seperti joging, berjalan, bersepeda, menaiki tangga, mendayung, atau berenang setidaknya selama 30 menit, tiga hingga tujuh hari per minggu.

Tetapi, untuk pemula, berolahraga dapat dimulai dengan 15-20 menit degan tingkat aktivitas intensitas rendah, seperti jalan santai, tiga kali per minggu.

Senam ini bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik itu anak-anak, maupun orang dewasa. Lalu, apa saja manfaat senam aerobik ini? Simak dalam artikel berikut ya, Moms.

1. Menurunkan Tekanan Darah

senam aerobik

Foto: shutterstock.com

Manfaat senam aerobik salah satunya dapat membantu tubuh mengelola gejala tekanan darah tinggi.

Hal ini dikarenakan senam dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jenis olahraga ini merupakan cara lain untuk menurunkan tekanan darah secara alami tanpa obat.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

2. Menjaga Kesehatan Jantung

senam aerobik

Foto: pixabay.com

Olahraga aerobik direkomendasikan oleh American Heart Association dan banyak dokter untuk dijalankan oleh orang-orang yang memiliki risiko penyakit jantung.

Manfaat senam aerobik ini dapat memperkuat jantung dan membantunya memompa darah dengan lebih efisien ke seluruh tubuh.

Selain itu juga bisa menjaga pembuluh darah agar bersih dengan meningkatkan kolesterol lipoprotein (HDL) "baik" dan menurunkan kadar kolesterol "LDL" lipoprotein densitas rendah (LDL) dalam darah.

3. Menjaga Berat Badan

senam aerobik

Foto: verywellhealth.com

Moms mungkin pernah mendengar bahwa diet dan olahraga adalah faktor alami untuk menurunkan berat badan.

Sama halnya dengan senam, manfaat senam aerobik ini dapat menahan kekuatan untuk membantu kita menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Tergantung pada jumlah berat dan kecepatan, Moms mungkin perlu membakar 400 hingga 600 kalori. Jadi jangan ragu untuk melakukan senam aerobik ya Moms.

Baca Juga: Saat Hamil, Atasi Mood Swing dengan Trik Ini!

4. Meningkatkan Suasana Hati

senam aerobik

Foto: verywellfit.com

Menggerakkan tubuh dapat meningkatkan mood kita lho Moms. Ini bisa menjadi manfaat aerobik yang tidak kalah menarik.

Melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, walaupun dalam waktu yang singkat, akan berpengaruh besar pada suasana hati kita, karena olahraga merupakan sarana untuk melepas stres.

5. Mengurangi Gejala Asma

senam aerobik

Foto: healthline.com

Manfaat senam aerobik selanjutnya yaitu dapat membantu penderita asma dalam mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan asma yang terjadi.

Namun penderitanya harus tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai senam aerobik ini ya. Para dokter dapat merekomendasikan kegiatan atau tindakan pencegahan khusus untuk membantu kita tetap aman saat berolahraga.

Baca Juga: Anak Terserang Asma, Kini Penanganannya Bisa di Puskesmas di 3 Kota Ini lho Moms!

6. Membantu Tidur Lebih Mudah

manfaat senan aerobik-membantu tidur

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms mengalami kesulitan tidur di malam hari, cobalah senam aerobik secara rutin.

Sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok dengan masalah tidur kronis mengungkapkan bahwa melakukan olahraga aerobik yang teratur adalah pengobatan yang efektif untuk insomnia.

7. Memperkuat Imun Tubuh

manfaat senan aerobik-kekebalan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Para peneliti di Pennsylvania State University meneliti wanita yang aktif dan tidak bergerak serta dampak olahraga pada sistem kekebalan tubuh mereka, dalam jurnal Neuroendocrinology Letters.

Mereka meneliti satu kelompok berolahraga di atas treadmill selama 30 menit, sementara kelompok lain melakukan aktivitas intens selama 30 detik, dan kelompok terakhir tidak berolahraga.

Semua wanita diambil darahnya sebelum, sesudah, dan pada interval yang berbeda di hari dan minggu setelah sesi latihan ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik teratur dan sedang meningkatkan antibodi tertentu dalam darah yang disebut imunoglobulin, yang pada akhirnya memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kelompok wanita yang tidak berolahraga tidak melihat peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh dan kadar kortisol mereka jauh lebih tinggi daripada kelompok aktif.

Manfaat senam aerobik termasuk bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: 4 Gaya Hidup Sehat untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh, Yuk Lakukan!

8. Meningkatkan Kekuatan Otak

manfaat senan aerobik-meningkatkan kemampuan otak

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms, bahwa otak mulai kehilangan jaringan setelah mencapai usia 30 tahun?

Dalam Journals of Gerontology, para ilmuwan telah menemukan bahwa manfaat senam aerobik dapat memperlambat kehilangan jaringan ini dan meningkatkan kinerja kognitif.

Pada studi yang dilakukan, didapati kesimpulan bahwa orang dewasa yang paling fit menunjukkan pengurangan lebih sedikit pada area frontal, parietal, dan temporal otak. Secara keseluruhan, jaringan otak mereka lebih kuat.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa melakukan senam aerobik membantu tubuh dan otak.

9. Mengurangi Risiko Jatuh

manfaat senan aerobik-mengurangi risiko jatuh

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip National Institute of Aging, sebanyak satu dari tiga orang di atas usia 65 jatuh setiap tahun. Kondisi ini dapat menyebabkan patah tulang, dan berpotensi menciptakan cedera atau cacat seumur hidup.

Manfaat senam aerobik yang merupakan olahraga dapat membantu mengurangi risiko Moms terjatuh. Jika Moms khawatir terlalu tua untuk mulai berolahraga, jangan ragu.

Dalam jurnal Age and Ageing, hasil dari penelitian pada wanita usia 72 hingga 87 mengungkapkan bahwa senam aerobik, misalnya, dapat mengurangi risiko jatuh dengan meningkatkan keseimbangan dan ketangkasan yang lebih baik.

Para wanita ini berolahraga selama satu jam, 3 kali seminggu, dengan total 12 minggu. Sesi dansa termasuk banyak gerakan jongkok, keseimbangan kaki, dan tugas motorik kasar dasar lainnya.

Baca Juga: 5 Fakta Perubahan Otak Selama Kehamilan, Bisa Jadi Pelupa!

10. Aman Dilakukan Ragam Kalangan Usia

manfaat senan aerobik-aman untuk anak

Latihan kardiovaskular, salah satunya senam aerobik, direkomendasikan untuk sebagian besar kelompok orang, bahkan mereka yang lebih tua atau yang memiliki kondisi kesehatan kronis.

Kuncinya adalah berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan hasil yang terbaik dan aman sehingga Moms dapat merasakan manfaat senam aerobik yang lebih maksimal.

Bahkan anak-anak harus melakukan latihan aerobik yang teratur. Direkomendasikan untuk anak-anak melakuknnya sedikit lebih lama daripada untuk orang dewasa.

Usahakan Si Kecil bergerak setidaknya 60 menit atau lebih setiap hari, berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention.

Itu dia beberapa manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan.

Pastikan untuk berbicara dengan dokter sebelum memulai latihan rutin baru. Moms bisa mengikuti senam dengan kelas kelompok sebagai cara yang bagus untuk berolahraga dengan aman.

Instruktur senam dapat memberi tahu Moms jika melakukan gerakan dengan benar dan mereka juga dapat memberikan saran dan perbaikan, jika perlu, untuk mengurangi risiko cedera.

Artikel Terkait