TREN
26 Oktober 2020

6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

Bisa bantu perkembangan psikologis anak juga, lho.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dengan tanaman hias, Moms dan Dads tak perlu mengkhawatirkan estetika rumah.

Namun, tak hanya memperindah dan menyegarkan ruang, ternyata memelihara tanaman hias juga memberi dampak kesehatan pada kita.

6 Manfaat Tanaman Hias bagi Kesehatan

Apa saja sih manfaat tanaman hias untuk kesehatan? Yuk, simak lebih lanjut.

1. Menghilangkan Racun Udara

591f6cc649a65

Foto: muscatinejournal.com

Studi yang dilakukan oleh NASA membuktikan bahwa tanaman hidup menjernihkan udara karena fungsinya yang bisa menghancurkan bahan kimia organik yang gampang menguap dari karpet, tas belanja, bahkan buku.

Pasalnya, manfaat tanaman hias bisa menghancurkan 87% racun udara dalam waktu 24 jam.

Jenis Tanaman Hias: Peace Lily.

Menurut penelitian yang dilakukan NASA, kalau tanaman peace lily mampu menyaring racun benzena, trichloroethylene, dan racun formaldehyde berbahaya di pada ruangan kamar tidur.

Tanaman ini juga mempunyai sifat lembap, jadi Moms harus lebih sering menyiraminya supaya tidak mudah layu dan mati.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara di Dalam Rumah

2. Membuat Tidur Semakin Nyaman

health wellness body mind spirit sleep issues what is sleep drunkenness 2716×1810 78178831 1024x768

Foto: drweil.com

Moms dan Dads suka kesulitan tidur? Coba yuk, pelihara tanaman. Tanaman menghembuskan oksigen di siang hari, jadi ruangan yang dipenuhi dengan oksigen membantu kita untuk lebih mudah terlelap dan tidur jadi lebih nyenyak.

Jenis Tanaman Hias: Lidah Buaya.

Siapa bilang manfaat tanaman hias satu ini hanya untuk kesehatan kulit saja, karena ternyata NASA menempatkannya pada urutan pertama sebagai rekomendasi tanaman untuk kamar tidur di rumah.

Aloe vera mengeluarkan oksigen pada malam hari yang bisa membuat tidur malam Moms menjadi lebih nyenyak. Asyiknya lagi, tanaman ini tidak perlu banyak disiram.

3. Mempercepat Kesembuhan

265 pai8552 num

Foto: rawpixel.com

Menurut studi yang dikerjakan oleh Kansas State University, pasien di rumah sakit yang ditemani tanaman hidup di ruangannya terbukti lebih cepat pulih dibandingkan mereka yang ada di ruangan tanpa tanaman.

Ternyata, sukulen bisa membantu kita menjaga stamina tubuh dan membantu memulihkan kita dari penyakit seperti flu dan juga masuk angin.

Jenis Tanaman Hias: Sukulen atau Succulent.

Sukulen bisa membuat lingkungan sekitarnya menjadi lebih sehat. Seperti semua tanaman, sukulen melepas oksigen pada siang hari tapi melepas karbon dioksida di malam hari.

Beberapa jenis sukulen juga mampu membersihkan udara dan membuat udara kering menjadi lebih lembap. Tanaman sukulen bisa Moms tanam di pot atau dibuat jadi terrarium cantik.

Baca Juga: Mudah Dirawat dan Minimalis, Ini 8 Tanaman yang Cocok di Apartemen

4. Memperbaiki Suasana Hati

happy couple

Foto: coventrydental.co.uk

Manfaat tanaman hias tak hanya memberikan kesegaran dan relaksasi pada ruangan, tapi juga pada suasana hati. Tanaman hidup memberikan getaran positif dan mengurangi stress, serta meningkatkan konsentrasi dan produktivitas sebanyak 15%.

Jadi untuk Moms dan Dads yang mengejar karir di rumah, tanaman hidup adalah teman kerja terbaik.

Jenis Tanaman Hias: Anggrek.

Bunga anggrek biasa hidup pada tempat-tempat yang memiliki ketersediaan air yang rendah. Jadi Moms tidak perlu kuatir untuk memeliharanya di dalam ruangan, terlebih di meja kerja.

Menanamnya bisa Moms lakukan dengan berbagai media, namun tetap harus diperhatikan pemeliharaannya supaya tetap segar dan tidak layu. Moms bisa pilih anggrek yang warnanya Moms sukai dan Moms pasti makin semangat kerja.

5. Meningkatkan Daya Ingat

17 11 26 woman thinking prev

Foto: ourstyle.life

Menurut studi oleh The University of Michigan, orang yang sering menghabiskan waktu di alam mengalami peningkatan pada perhatian dan memorinya sebesar 20%.

Moms sering kelupaan meletakkan barang? Penuhi rumah dengan tanaman hidup bukan ide yang buruk.

Jenis Tanaman Hias: Palem Kuning.

Dikenal juga dengan Reed Palm, tanaman ini disebut sebagai pembersih udara yang hebat. Apalagi, kamar menjadi bernuansa tropis dan hangat saat Moms meletakkan tanaman yang masih satu kerabat dengan pohon kelapa ini. Pikiran Moms menjadi tenang dan ingatan pun bisa tajam kembali.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

6. Mengembangkan Kecerdasan Emosional

farmdayout

Foto: familiesforlife.sg

Melibatkan anak menanam dan merawat tanaman akan mengembangkan kecerdasannya terutama di sisi emosional.

Dengan melakukan kegiatan ini, anak belajar rasa sayang dan rasa peduli, serta kesabaran. Daripada melihatnya terpaku pada layar gadget, ayo bertanam bersama!

Jenis Tanaman Hias: Lidah Buaya Mini.

Pilih lidah buaya mini yang ukurannya kecil. Si Kecil bisa diajarkan menanamnya pada pot kecil atau dibuat jadi terrarium yang sedang hits itu. Ajak Si Kecil untuk selalu merawat dan menyiraminya pada waktu tertentu, saat tanaman lidah buaya mini tumbuh subur, maka Si Kecil pun akan bahagia.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

Nah, itulah manfaat tanaman hias di rumah untuk kesehatan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera beraktivitas di luar ruangan dengan keluarga, bertanam tanaman hias!

Artikel Terkait