BALITA DAN ANAK
20 Februari 2020

6 Obat Alami untuk Mengatasi Gejala Tifus pada Anak

Selain menggunakan obat dari dokter, penyakit tifus pada Si Kecil pun bisa ditangani dengan obat-obatan alami
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms dan Dads, penyakit gejala tifus atau demam tifoid biasanya umum terjadi pada dewasa juga anak-anak. Penyakit ini dapat datang secara tiba-tiba atau bertahap selama beberapa minggu.

Tanpa pengobatan, penyakit tifus dapat berlangsung sebulan atau lebih dan menjadi sangat serius, bahkan mengancam jiwa.

Dilansir dari Kids Health, dalam kebanyakan kasus penyakit tifus pun bisa hilang pada minggu ketiga dan keempat, selama tidak menyebabkan komplikasi masalah lainnya.

Bagi beberapa orang penyakit ini bisa tampak hilang akan tetapi bisa kembali dan menjadi pembawa bakteri penyakit gejala tifus.

Sehingga, untuk mencegah semakin parah, Moms dan Dads akan disarankan menemui dokter guna mengobati penyakit gejala tifus pada Si Kecil. Akan tetapi, penyakit ini pun bisa disembuhkan oleh obat-obatan alami.

Cara Mengatasi Gejala Tifus pada Anak

Kira-kira, bahan alami apa saja ya yang bisa digunakan untuk mengobati gejala tifus. Yuk simak daftarnya di bawah ini Moms!

Baca Juga: Jangan sampai Terkecoh, Yuk Kenali 6 Gejala Penyakit DBD pada Anak

1. Cuka Apel

cuka apel.jpg

Obat alami untuk gejala tifus yang pertama adalah cuka apel. Moms dan Dads, cuka apel diyakini dapat membantu menjaga pH yang tepat dalam tubuh. Terutama dalam mengeluarkan panas dari kulit akibat demam saat penyakit tifus.

“Bahkan, hilangnya diare mampu dikompensasi dengan cuka apel,” ujar dokter anak, Steven Dowshen, MD.

Caranya, campurkan satu sendok teh cuka apel dalam air. Tambahkan madu bila perlu, minum sebelum makan.

2. Basil

Obat alami untuk gejala tifus yang selanjutnya adalah basil. Perlu diketahui, basil merupakan antibiotik dan antimikroba.

Caranya tambahkan basil ke air matang dan minum tiga hingga empat cangkir setiap hari. Basil mampu meningkatkan kekebalan dan menenangkan perut.

Atau Moms dan Dads bisa menyiapkan daun basil untuk membuat pasta. Tambahkan juga bubuk merica ke pasta ini dan beberapa potongan kunyit. Campur semua ini dan bagi menjadi tiga bagian. Siapkan campuran ini setiap seusai makan.

Baca Juga: Ini Dia Obat Alami untuk Penyakit DBD

3. Pisang

pisang.jpg

Obat alami untuk gejala tifus yang selanjutnya adalah buah pisang. Rasa manisnya tentu akan membuat selera. Tak hanya itu pisang pun bagus untuk dikonsumsi oleh pasien penyakit tifus terutama anak-anak.

Pisang memiliki pektin, serat larut yang membantu usus menyerap cairan. Menurut Dr.Charles Davis, MD,PhD, pisang merupakan salah satu hal terbaik untuk dimakan ketika menderita tifus.

4. Delima

Obat alami untuk gejala tifus yang selanjutnya adalah delima. Penelitian yang diterbitkan Planta Medica menemukan bahwa delima adalah obat rumah yang efektif melawan penyakit tifus. Ini membantu dalam mencegah dehidrasi.

Moms dan Dads bisa langsung memberikan kepada Si Kecil sebagai buah atau boleh juga dengan cara di jus.

5. Madu

air putih.jpg

Obat alami untuk gejala tifus yang selanjutnya adalah madu. Madu bisa dibilang sebagai bentuk nutrisi yang paling terkonsentrasi dan rasa lezat yang bisa Moms dan Dads tambahkan ke dalam menu obat alami penyakit tifus.

Berdasarkan organicsfact.net, madu mampu memberi dorongan energi ketika lelah, menenangkan perut, dan melawan infeksi bakteri penyakit tifus.

Caranya, campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air atau susu dan minumlah 2 kali seharu untuk meredakan rasa sakit.

Baca Juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

6. Air Putih

Obat alami untuk gejala tifus yang selanjutnya adalah air putih. Setiap kali tubuh berjuang melalui infeksi, maka cenderung mengalami dehidrasi, karena demam adalah salah satu gejala paling umum dari infeksi bakteri.

Ketika datang ke penyakit gejala tifus, tubuh membutuhkan air untuk melawan penyakit. Sehingga, butuh lebih banyak cairan daripada biasanya untuk mengompensasi cairan yang hilang akibat diare dan keringat.

Itulah obat-obatan alami yang bisa dijadikan sebagai penanganan gejala tifus di samping obat yang diberikan oleh dokter. Selamat mencoba!

(WAR/ERN)

Artikel Terkait