DI ATAS 5 TAHUN
1 April 2019

6 Penyebab Anak Suka Marah, Salah Satunya karena Perilaku Orang Tua Juga

Bisa jadi, Moms yang menjadi penyebabnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Menjadi seorang ibu memang menjadi tantangan tersendiri. Terutama bagi Moms yang memiliki buah hati, baik yang masih balita maupun yang sudah memasuki usia sekolah.

Anak-anak memiliki pemikiran yang sulit dimengerti. Moms pasti menebak-nebak, apa ia sedang marah atau tidak. Terkadang ada beberapa hal yang tidak Moms ketahui, justru membuatnya marah, lo.

Dalam membangun sikap yang baik pada anak, perkembangan emosinya adalah hal yang sangat penting. Saat ia sedang marah atau kesal, jangan langsung menyalahkan anak, ada baiknya Moms introspeksi diri. Bisa jadi, Moms yang menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Sudah Benarkah Cara Moms 'Mendengarkan' Si Kecil?

Nah, Moms pasti tidak mau, kan, Si Kecil punya rasa kesal atau amarah yang ditumpuk lalu meledak di kemudian hari? Melansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa hal yang dapat mengganggu anak-anak dan membuat mereka marah:

Keputusasaan

Kapan terakhir kali memuji buah hati? Tanpa disadari, beberapa orangtua lupa untuk memuji anak-anak mereka setiap melakukan hal baik. Salah satu tips pengasuhan yang baik adalah memotivasi mereka dengan kalimat yang bersemangat.

Berikan Si Kecil apresiasi saat ia melakukan sesuatu dengan baik. Tidak perlu diberi hadiah, ungkapan saja sudah cukup membuatnya senang dan percaya diri

Kata-kata negatif

Salah satu hal yang cukup mengganggu anak adalah kata negatif yang digunakan oleh orang tua. Moms harus memahami, kalau ini hanya akan memaksa anak untuk dibawa dalam lingkungan negatif. Ini hanya akan menghancurkan semangat mereka.

Baca Juga: Solusi Menghadapi Anak Pemarah

Ancaman

Saat merasa kesal, tidak jarang Moms memberikan ancaman pada anak. Misalnya, kalau menonton TV akan dikurung di kamar. Sebenarnya itu hal yang tidak boleh dilakukan. Meskipun terkadang Moms merasa dengan ancaman bisa mengatur anak. Ini hanya akan membuat anak terganggu dan merasa tidak dipercaya. Moms hanya akan mendapatkan reaksi negatif darinya.

Diabaikan dan dihukum

Ketika Moms mengabaikan anak, mereka merasa tidak dianggap dan diinginkan. Hukuman pun tidak akan membantu. Semua ini hanya akan membuat anak merasa tidak nyaman, malu dan marah.

Dibandingkan

Hal ini bisa menjadi memicu kecemburuan antar anak. Percayalah bahwa kemampuan setiap anak berbeda-beda. Moms tidak perlu menyamakannya dengan anak satu dan dua. Membandingkan hanya akan membuat anak minder dan tidak percaya diri.

Masalah keluarga

Ini juga sangat mengganggu anak. Saat orang tua tengah emosi, mengeluarkan kata-kata kasar, anak akan terpengaruh. 

Baca Juga: Anak Tantrum? Atasi Tanpa Bantuan Gadget

(ICA)

Artikel Terkait