KESEHATAN
4 Oktober 2018

6 Penyebab Perubahan Siklus Menstruasi yang Harus Diketahui

Check penyebabnya segera Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Siklus menstruasi adalah rentang waktu dari menstruasi pertama ke menstruasi berikutnya.

Perempuan, apalagi yang sudah menikah sangat penting mengetahui kapan dirinya mentruasi, karena dengan begitu Moms bisa tahu masa subur juga mengidentifikasi kemungkinan kehamilan.

Pada umumnya siklus menstruasi terjadi antara 21-35 hari dari menstruasi sebelumnya dan terjadi setiap bulan. Moms wajib waspada jika siklus menstruasi Anda berubah-ubah. Bisa jadi ini penyebabnya :

Baca Juga : 6 Manfaat Mengejutkan dari Menstruasi

1. Obesitas

Pengidap obesitas atau kelebihan berat badan sangat rentan dengan siklus mentruasi yang tidak menentu.

Obesitas adalah akumulasi dari gaya hidup yang kurang sehat seperti makan makanan yang tidak sehat, jarang berolahraga, dan kebiasaan tidak sehat lainnya.

Kebiasaan ini akan menggangu sistem hormonal dalam tubuh yang menyebabkan siklus menstruasi berubah-ubah.

2. Kelebihan Hormon Prolaktin

shutterstock 388644496

Peningkatan jumlah hormon prolaktin bisa terjadi pada ibu menyusui.

Semakin banyak ASI yang keluar dan semakin sering Moms menyusui maka tubuh akan semakin banyak memproduksi hormon tersebut.

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh ini lah yang akan mengganggu perubahan siklus menstruasi.

Solusinya, konsultasikan dulu keluhan Moms kepada dokter kandungan, biasanya akan diberikan pil penyeimbang hormon.

3. Efek Alat Kontrasepsi

Cara kerja alat kontrasepsi seperti pil KB yaitu menambah asupan hormon estrogen dan progestin dalam tubuh sehingga menghambat indung telur melepaskan sel telur sehingga tidak akan terjadi pembuahan.

Saat baru pertama kalinya menggunakan alat kontrasepsi, tubuh Moms perlu beradaptasi sehingga terjadi gangguan siklus menstruasi. Sebenarnya ini adalah hal yang sangat wajar.

Baca Juga : Kenapa Menstruasi Hanya Berupa Flek?

4. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

shutterstock 720850753

PCOS bisa terjadi karena terdapat kelainan hormon dalam tubuh seorang wanita sehingga mempengaruhi sistem metabolisme yang berakibat langsung pada indung telur.

Kondisi seperti ini bukan hanya akan mengganggu siklus menstruasi, tapi juga mempengaruhi kesuburan dan sulit untuk memiliki anak.

5. Menopause

Pada umumnya wanita memasuki usia menopause direntang usia 45-55 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan pada wanita berusia 40 tahun sudah mengalami menopause.

Ini disebabkan karena terhentinya pelepasan sel telur. Sehingga dalam beberapa waktu menuju menopause dini, akan terjadi gangguan siklus mentruasi sampai dengan benar-benar tidak mengalami menstruasi lagi.

6. Stres

shutterstock 540462781

Diri yang merasa tertekan, banyak hal yang tidak bisa diluapkan sampai dengan kondisi emosional yang tidak stabil adalah ciri-ciri stres.

Jangan sepelekan stres sampai berlarut-larut Moms, karena semakin lama akan mengganggu sistem hormonal juga metabolisme dalam tubuh yang bisa menyebabkan siklus menstruasi yang berubah-ubah bahkan terhenti dalam beberapa bulan.

Apakah Moms pernah mengalami siklus menstruasi yang sering berubah-ubah?

(LMF)

Artikel Terkait