NEWBORN
31 Desember 2017

6 Perlengkapan Menyusui Wajib Punya Agar Tetap Nyaman

Siapkan berbagai perlengkapan ini agar menyusui lebih lancar.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)
menyusui cvr

Selain mencari posisi nyaman, Anda perlu tahu beberapa alat yang bisa memudahkan dan memberi kenyamanan selama menyusui. Berikut ini adalah lima perlengkapan menyusui di antaranya:

Bra Menyusui

Saat bayi rewel dan 'teriak' minta disusui, bagian depan bra dengan mudah bisa dilepas. Praktis! Hindari penggunaan bra dengan penyangga kawat karena dapat menghambat produksi ASI.

Nursing Apron

Bisa digunakan untuk menutup payudara saat menyusui di tempat umum. Kini tersedia dengan warna dan model beragam, bahkan ada yang menggunakan “jendela” untuk mengintip bayi yang asik menyusu.

Breast Pad

Didesain untuk menyerap ASI yang menetes dan mencegah ASI merembes membasahi pakaian. Kini tersedia breast pad dengan motif dan corak seru, dan bisa dipakai berulang kali.

Botol ASI

Terdapat aneka warna yang memotivasi ibu untuk memerah ASI lebih banyak. Umumnya terbuat dari gelas atau kaca yang tertutup rapat, tahan panas, juga mudah dibersihkan.

Bantal Menyusui

Bentuknya seperti huruf U, membantu ibu mendapatkan posisi menyusui tepat dan bebas pegal. Bantal ini menyangga tangan ibu untuk menumpu berat badan bayi. Jadi, bayi dapat menikmati ASI dengan posisi nyaman.

Massage Cream + Breast Gel Pad

Memijat payudara penting untuk memperlancar ASI dan mencegah payudara bengkak. Massage cream membuat pijatan lebih nyaman, sedangkan breast gel pad berfungsi mirip kompres hangat untuk mengatasi payudara bengkak. Lakukan pemijatan dua kali sehari menjelang mandi.

Artikel Terkait