TREN
16 April 2018

6 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Anak Ini Ternyata Punya Kelebihan Tersendiri Lho!

Secara psikologi, pilihan warna dapat memengaruhi mood dan tingkah laku Si Kecil lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Secara psikologi, pilihan warna dapat memengaruhi mood dan tingkah laku seseorang. Tak hanya itu, warna juga dapat menstimulasi otak, hingga memberi dampak kesehatan yang cukup serius terhadap seseorang, tak terkecuali pada Si Kecil.

Nah, dalam mendekorasi kamarnya, Moms tentu menginginkan warna-warna yang ceria. Tak hanya sekedar ceria saja, Moms juga sebaiknya mengetahui makna dari warna-warna tersebut:

Merah

kamar tidur merah
shelterness.com

Warna merah merupakan lambang gairah dan pemberi energi pada tubuh seperti meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan pernapasan. Penelitian menunjukan, warna merah dapat meningkatkan kemampuan atletik Si Kecil.

Merah Muda

kamar tidur pink
cityuc.com

Warna yang satu ini memang kerap menjadi warna yang amat digemari anak perempuan. Hal ini dikarenakan warna merah muda mampu membangkitkan empati dan feminitas serta menciptakan suasana yang menenangkan.

Hijau

kamar tidur hijau
homeposh.com

Warna hijau adalah perlambang alam serta mendorong lingkungan yang tenang dan menenangkan. Warna hijau terkait erat dengan kesehatan, penyembuhan dan kesejahteraan. Warna ini juga memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran, mengurangi kecemasan dan meningkatkan konsentrasi.

Tak hanya itu, warna hijau bahkan bisa meningkatkan kemampuan membaca. Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan meletakkan lembaran hijau transparan di atas teks, seorang anak dapat meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman mereka.

Baca Juga : Kapan Anak Perlu Tidur Di Kamar Sendiri?

Kuning

kamar tidur kuning
interiorcharm.com

Warna kuning dapat menciptakan suasana kamar yang cerah dan ceria. Warna kuning juga kerap dikaitkan dengan kebahagiaan dan motivasi. Pilihan warna kuning yang lembut ternyata dapat meningkatkan konsentrasi lho.

Adapun pilihan warna kuning terang dapat memberi merangsang ingatan dan dapat meningkatkan metabolisme.

Oranye

kamar tidur orange
pinterest.com

Lain kuning lain pula dengan oranye, warna ini menjadi pilihan warna yang menampilkan suasana ruang yang nyaman. Oranye memiliki sifat sosial dan mengilhami komunikasi interpersonal.

Namun terlalu banyak oranye dalam ruangan ternyata dapat memberi terlalu banyak rangsangan. Gunakanlah warna oranye hanya sebagai aksen yang cukup terlihat tegas.

Biru

kamar tidur biru

Sesuai dengan yang kerap kita dengar, biru merupakan warna menenangkan pikiran dan tubuh, menurunkan tekanan darah, detak jantung dan pernapasan, serta mengurangi perasaan cemas dan agresi.

Bila Si Kecil memiliki masalah tidur atau rentan terhadap amukan dan masalah perilaku lainnya, Moms dapat mengambil manfaat dari menghabiskan waktu di dalam ruangan berwarna biru.
Nah, sekarang Mom sudah lebih tahu bukan warna apa yang sekiranya tepat untuk mendekor kamar Si Kecil?

(MDP)

Artikel Terkait