KESEHATAN
16 Februari 2019

6 Pose Yoga untuk Membantu Relaksasi

Pose Supta Matsyendrasana bisa membantu menghilangkan racun juga lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Relaksasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan yoga. Dikutip dari Stylecraze.com, ada beberapa pose yoga yang bisa membantu Moms untuk rileks.

Yoga relaksasi membantu Moms menemukan keseimbangan dan ketenangan. Pernafasan yoga dan pose menghilangkan ketegangan pada tubuh.

Pose yoga relaksasi tidak melulu berbaring dan memejamkan mata lho Moms. Seperti apa pose yoga untuk relaksasi? Yuk kita lihat di bawah ini!

1. Balasana (Child Pose)

1. balasana 1

Balasana atau child pose menyerupai posisi janin bayi. 'Bala' adalah kata Sansekerta yang berarti anak. Ini adalah tingkat pemula Vinyasa yoga asana. Asana ini harus dilakukan dengan perut kosong. Tahan pose selama 1 hingga 3 menit untuk hasil terbaik.

Balasana melepaskan ketegangan di punggung, bahu, dan dada. Ini mengurangi stres dan kecemasan dan dengan lembut meregangkan pinggul, paha, dan pergelangan kaki. Pose ini juga menenangkan pikiran dan menenangkan pernapasan.

2. Viparita Karani (Kaki ke Atas di Dinding)

2. viparita karani 1

Viparita Karani atau Pose Kaki-Atas-Dinding adalah solusi untuk banyak masalah. Ini adalah tingkat pemula Hatha yoga asana.

Viparita Karani adalah pembalikan ringan dan bekerja paling baik ketika dipraktikkan di pagi hari dengan perut kosong. Tahan selama 5 hingga 10 menit.

Viparita Karani mengatur aliran darah. Ini mengurangi pergelangan kaki bengkak dan mengembalikan kaki yang lelah.
Ini juga mengurangi sakit punggung ringan dan gejala insomnia. Viparita Karani membantu mereka yang menderita depresi ringan.

Baca Juga: 8 Gerakan Yoga Ini Dapat Meningkatkan Kesuburan

3. Makarasana (Crocodile Pose)

3. makarasana 1

Makarasana atau crocodile pose menyerupai buaya dengan kepala di atas air. Pose ini sempurna untuk mengakhiri sesi yoga yang berat.
Ini adalah tingkat pemula Hatha yoga asana. Berlatihlah Makarasana dengan perut kosong sebaiknya dilakukan di pagi hari. Tahan selama 3-5 menit.

Makarasana sangat merilekskan bahu dan punggung. Ini meregangkan otot pinggul, mengobati hipertensi, dan mengurangi kelelahan. Ini juga mengurangi semua ikatan ketat di tubuh.

4. Supta Matsyendrasana (Reclining Fish Pose)

4. supta matsyendrasana 1

Supta Matsyendrasana atau pose reclining fish adalah pose memutar dan dinamai seorang yogi bernama Matsyendra, seorang murid Dewa Siwa. 

Ini adalah tingkat pemula Hatha yoga asana. Latih asana dengan perut kosong. Tahan selama 30 hingga 60 detik.

Supta Matsyendrasana memijat punggung dan pinggul. Ini menghilangkan racun dari tubuh dan mendorong aliran darah baru ke organ pencernaan. Asana mengurangi kekakuan dalam tubuh.

5. Supta Baddha Konasana (Bound Angle Pose)

5. supta baddha konasana 1

Supta Baddha Konasana atau Bound Angle Pose adalah pose berbaring yang sangat mudah dilakukan. Ini adalah tingkat pemula Vinyasa yoga asana. Berlatihlah di pagi atau sore hari dengan perut kosong. Tahan pose selama 30 hingga 60 detik.

Supta Baddha Konasana menurunkan tekanan darah dan mengurangi ketegangan otot. Ini memberikan bantuan dari serangan panik dan kelelahan. Asana juga menahan sakit kepala.

Baca Juga: DIY Gerakan Yoga Untuk Meratakan Perut

6. Savasana (Corpse Pose)

6. savasana 1

Savasana atau corpse pose adalah pose relaksasi klasik. Ini mengharuskan Moms untuk tidur terlentang dan tetap tidak bergerak seperti mayat.

Savasana adalah tingkat pemula yoga Ashtanga asana. Moms dapat berlatih asana ini kapan saja setiap hari. Lakukan selama 5 hingga 10 menit.

Savasana menenangkan semua otot. Ini juga merangsang sirkulasi darah dan bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah neurologis.
Asana memberi Moms istirahat yang mendalam dan meditatif.

Itulah beberapa pose yoga yang bisa Moms coba untuk relaksasi. Selamat mencoba!

(AND)

Foto: Stylecraze.com

Artikel Terkait