KESEHATAN
1 Oktober 2019

6 Pose Yoga untuk Meredakan Nyeri PMS

Cukup 5 menit dan mudah dilakukan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika siklus bulanan datang, Moms seringkali dihadapkan dengan Pre Menstrual Syndrome (PMS). Tidak hanya mood swings, tetapi nyeri di beberapa bagian tubuh juga sulit dihindari.

Nah, tahu enggak sih Moms kalau latihan Yoga membantu mencegah nyeri PMS?

Menurut Linda Sparrowe, co-author Patricia Walden untuk buku Yoga for a Healthy Menstrual Cycle, menyebutkan, yoga melepaskan endorfin, senyawa yang meningkatkan suasana hati, menenangkan sistem saraf pusat ,dan meningkatkan aliran darah yang mengandung oksigen ke organ reproduksi.

Selain itu,yoga juga bisa meredakan stres dan mendorong relaksasi yang dapat meredam gejala PMS.

”Untuk hari-hari PMS dan dua hari pertama periode menstruasi, direkomendasikan pose-pose restoratif . Pose ini dapat menenangkan dan memberikan relaksasi bagi tubuh,” jelasnya.

Dikutip dari Doyouyoga.com, ada beberapa pose yoga untuk meredakan nyeri PMS dan saat menstruasi. Berikut daftarnya!

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Membantu Relaksasi

1. Child’s Pose

Child-Pose.jpg

Foto: Popsugar.com

Pose yoga untuk meredakan nyeri PMS yang pertama adalah child's pose. Child’s Pose adalah pose yang dapat memberikan rasa rileks pada tubuh.

Pose ini merupakan pilihan tepat bagi mereka yang menderita nyeri haid yang berasal dari punggung.

Dengan meregangkan otot-otot punggung bawah dengan lembut, child's pose akan meredakan sakit punggung sambil menenangkan pikiran.

Pose ini juga dapat melenturkan organ reproduksi serta melepaskan ketegangan di punggung, bahu, dan leher.

Saat melakukan pose ini fokus pada mengambil nafas dalam-dalam dan perhatikan naik turunnya nafas dalam tubuh.

Bisa pula meletakkan guling atau bantal di bawah tubuh untuk membuat ruang yang lebih nyaman lebih kondusif untuk menahan pose lebih lama.

2. Standing Forward Fold

forward-fold.jpg

Foto: doyouyoga.com

Pose yoga untuk meredakan nyeri PMS yang selanjutnya adalah standing forward fold. Pose Standing Forward Fold dapat merengangkan tulang belakang dan meregangkan pinggul.

Pose ini juga membantu meringankan rasa sakit yang menjalar ke kaki dan sekitar punggung dengan meregangkan paha belakang, betis, dan punggung.

Meskipun tubuh lelah saat menstruasi, penting untuk berdiri dan membungkuk setelah duduk atau berbaring untuk waktu yang lama. Dengan demikian, peredaran darah akan lebih lancar.

3. Pose Knees-to-Chest

How-To-Do-Knees-to-Chest-Pose.jpg

Foto: doyouyoga.com

Pose yoga untuk meredakan nyeri PMS yang selanjutnya adalah knees-to-chest. Salah satu pose paling efektif untuk nyeri haid adalah pose Knees-to-Chest. Pose yang baik ini merilekskan otot punggung dan perut bagian bawah, meredakan ketegangan, dan mengurangi rasa sakit.

Pose Knees-to-Chest juga meningkatkan sirkulasi ke perut, menenangkan pikiran, dan mengurangi kecemasan.

Lakukan pose ini dengan berbaring kemudian menahan lutut ke dada dengan kedua tangan. Saat berpose, goyang-goyangkan tubuh ke kanan-kiri dan depan-belakang untuk memberikan pijatan pada diri sendiri.

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 8 Pose Yoga yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

4. Supine Twist

supine-twist-stephynow.jpg

Foto: doyouyoga.com

Pose yoga untuk meredakan nyeri PMS yang selanjutnya adalah supine twist. Memutar atau twist tubuh diyakini merangsang, mendetoksifikasi, dan menyegarkan organ dalam dengan "meremas" tubuh.

Melakukan Supine Twist selama beberapa menit sambil mengatur nafas akan membantu meringankan saraf selama menstruasi dan nyeri perut yang menyertainya.

Lakukan pose ini dengan santai, biarkan gravitasi mengambil alih proses memutar (twist) bagian tubuh kaki, bahu, dan pinggul dengan alami.

Bisa pula letakkan lutut di atas guling atau bantal jika kesulitan untuk rileks pada saat melakukan pose tersebut.

5. Cat-Cow

Cat-Cow-Pose.jpg

Foto: Popsugar.com

Pose yoga untuk meredakan nyeri PMS yang selanjutnya adalah cat-cow. Pose mengikuti gerakan kucing dan sapi lebih aktif dari pose yang sebelumnya dibahas.

Pose ini dapat menghangatkan tubuh, yang efektif untuk meredakan kram menstruasi.

Selain itu, pose-pose ini menargetkan otot punggung dan perut, meregangkan dan mengencangkannya. Pose ini juga membantu keseimbangan emosional yang cenderung mood swings selama siklus menstruasi.

Perpindahan gerakan dari pose kucing ke pose sapi sebaiknya dilakukan secara lambat. Pada saat melakukan pose sapi tarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan nafas ketika melakukan pose kucing.

6. Savasana

Jacqueline-11-Savasana.jpg

Foto: doyouyoga.com

Pose yoga untuk meredakan nyeri PMS yang selanjutnya adalah savasana. Savasana sering digunakan sebagai relaksasi pada akhir sesi yoga. Kunci dalam pose ini adalah menenangkan tubuh dan pikiran.

Berbaring, kemudian rasakan elemen tanah, dan mengatur pernafasan sehingga tubuh menjadi lebih santai dan pikiran lebih fokus yang dapat mengalihkan dari rasa nyeri menstruasi.

Baca Juga: 5 Pose Yoga yang Bisa Moms Lakukan Bersama Bayi

Masing-masing pose tersebut sebaiknya dilakukan sekitar 5 menit. Meski ketika nyeri haid rasanya sulit untuk mengumpulkan energi dan melakukan berbagai aktivitas, berlatih gerakan yoga ini dapat menjadi alternatif bagi Moms agar tetap produktif selama menstruasi.

Selamat mencoba!

(SWN)

Artikel Terkait