KESEHATAN
1 November 2017

6 Ragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Ternyata rempah yang satu ini banyak manfaatnya
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Siapa yang tak kenal jahe, apalagi manfaatnya untuk kesehatan. Mulai dari menghangatkan badan sampai yang dijadikan sebagai pengganti obat batuk.

Namun tahukah Mama bahwa jahe juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan seperti,

1. Ampuh menghilangkan mual

Jahe ternyata cukup efektif untuk meredam mual terutama mual saat hamil. Cukup konsumsi jahe 1.5 gram bisa menurunkan mual-mual. Tak hanya mual saat morning sick saja, jahe juga efektif untuk meredakan mual saat mengendarai kapal laut, mual pasca operasi bahkan mual akibat efek kemoterapi.

2. Obat anti peradangan alami

shutterstock 672662665

Jahe juga dipercaya sebagai obat alami untuk anti peradangan. Efek ini karena jahe mengandung gingerol yang baik untuk anti peradangan dan anti oksidan.

3. Ampuh menurunkan kadar gula dalam darah

shutterstock 592862546

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi jahe secara rutin baik untuk kesehatan. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2015, penderita diabetes yang mengonsumsi 2 sdm bubuk jahe mengalami penurunan hingga 12 persen pada gula darah puasa.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Manfaat Rempah-Rempah Bagi Tubuh

4. Obat sakit pencernaan akut yang mujarab

shutterstock 700527604

Sakit pencernaan jenis dyspepsia yang kronik, ditandai dengan sakit dan rasa tidak nyaman pada bagian perut atas juga bisa diobati dengan jahe. Penderita bisa mengonsumsi jahe satu hingga setengah jam sebelum makan sebanyak 1,2 gram.

5. Mengurangi sakit dan nyeri pada otot

shutterstock 677884105

Bagi penikmat olahraga, terkadang ada yang nyeri dan sakit otot akibat olahraga bisa mengganggu. Dengan mengonsumsi 2 gram jahe selama 11 hari disebut bisa mengurangi sakit dan nyeri. Meski efeknya tidak langsung terasa namun dengan rutin mengonsumsi jahe, rasa sakit dan nyerinya akan berkurang setiap harinya.

6. Efektif mengurangi nyeri haid

shutterstock 326113076

Buat Mama yang kerap nyeri saat haid, bisa mengonsumsi 1 gram jahe selama tiga hari pertama masa haid atau menstruasi. Jahe bahkan dipercaya sama efektifnya dengan obat ibuprofen dan mefenamic acid.

Tak hanya itu, lagi-lagi jahe pun nikmat sebagai obat. Bisa dijadikan minuman seperti wedang atau camilan permen jahe yang segar. Mama tinggal pilih.

(DNY)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait