KESEHATAN
25 Februari 2019

Yuk Ketahui, 6 Rahasia Supaya Anak Jarang Sakit

Pencucian tangan secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit pernafasan dan pencernaan. Apa lagi? Simak yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky

Saat Si Kecil sudah sakit, Moms bukan hanya menjadi lebih repot dalam mengobatinya tetapi juga menjadi sedih karena harus melihat mereka menjadi lesu. Daripada sibuk mengobati anak yang sakit, lebih baik berupaya mencegah anak agar tidak sakit bukan?

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu agar anak jarang sakit. Apa saja, simak ya Moms!

Menjaga Tangan Selalu Bersih

Pencucian tangan secara teratur dan benar ternyata dapat mengurangi risiko penyakit pernapasan dan pencernaan. Jadi, Moms harus membiarkan anak-anak terbiasa membersihkan atau menggunakan pembersih tangan ketika mereka pulang sekolah, selesai bermain, dan sebelum makan.

Ajari anak-anak menyanyikan sebuah lagu pendek saat mencuci tangan untuk membuatnya lebih menyenangkan, karena mencuci tangan yang baik membutuhkan waktu sekitar 15-20 detik.

Baca Juga: 6 Penyakit yang Bisa Dicegah Jika Rajin Mencuci Tangan

Aktif Setiap Hari

young soccer player slide 1

Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur dan dapat mengurangi jumlah risiko untuk terserang pilek dan flu yang terjadi selama satu tahun sebesar 25-35%.

Hal ini lantaran dengan bergerak meningkatkan sirkulasi sel-sel yang melawan infeksi. Sudah terbukti pula dari sebuah penelitian bahwa olahraga lebih baik daripada obat.

Cukup Waktu Tidur

yxtg2be

Moms harus memastikan anak-anak memenuhi kebutuhan tidurnya. Hal ini dikarenakan jika Si Kecil kurang tidur hampir, maka akan berpotensi dua kali lipat terkena pilek atau flu.

Tahukah Moms, menurut data The American Academy of Sleep Medicine yang diterbitkan pada Journal of Clinical Sleep Medicine, mengatakan bahwa bayi pada usia 4-12 bulan membutuhkan sekitar 12-16 jam untuk tidur dalam sehari, sedangkan anak-anak prasekolah membutuhkan 10-13 jam.

Hindari Menyentuh Wajah

little girl having fun while washing her hands

Virus pilek dan flu masuk ke tubuh melalui hidung, mata, dan mulut. Jadi, sebaiknya bantu anak untuk menjauhkan tangannya dari area tersebut. Memang cukup sulit untuk melakukan hal tersebut, karenanya-mencuci tangan pada saat-saat tepat adalah yang paling penting.

Ajarkan anak untuk tidak berbagai sendok, cangkir, atau sikat gigi dengan teman.

Konsumsi Makanan Yang Seimbang dan Sehat

5 steps to encourage your kids to eat healthy

Mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran berwarna akan membantu meningkatkan sistem kekebalan anak. Carilah makanan yang kaya vitamin C, seperti brokoli, stroberi, dan jeruk serta vitamin D seperti tuna, susu dan cereal.

Tak lupa juga untuk makan yogurt sebagai probiotik yang juga dapat membantu membangun kekebalan tubuh Si Kecil ya Moms.

Baca Juga: 4 Cara Agar Anak Suka Makanan Sehat

Dapatkan Vaksin Flu

7d63c98f 6694 4ebf 83f7 eb7d4f5c849d fotolia 219290087 subscription monthly m

Cara terakhir yang paling ampun adalah dengan mendapatkan vaksin flu untuk anak-anak. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan itu satu-satunya cara terbaik untuk mencegah flu. Sehingga jangan ragu untuk melakukannya.

Itulah tadi sejumlah cara sederhana yang dapat Moms lakukan untuk mencegah si kecil terkena penyakit dan agar anak jarang sakit, meski mudah namun jangan disepelekan ya.

(MDP)

Artikel Terkait