RUPA-RUPA
13 Juli 2019

Tanam 6 Jenis Succulent Cantik Ini di Rumah

Ada yang dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan lho
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menghias rumah agar terlihat lebih cantik, rapi, dan menarik adalah kegiatan yang paling seru dan menyenangkan. Moms bisa memilih apa jenis tanaman yang diinginkan dan seperti apa penempatannya. Semuanya bisa ditata sesuai dengan selera Moms.

Berbicara mengenai jenis tanaman, Moms bisa menggunakan sukulen lho. Succulent ini jenis tanaman yang memiliki bagian yang lebih tebal dan berdaging untuk menyimpan air. Jenis tanaman ini sangat cocok untuk Moms yang mungkin tidak bisa sering merawat tanaman.

Tanaman sukulen yang paling terkenal adalah kaktus. Tapi selain kaktus, masih banyak tanaman succulent lainnya yang bisa Moms beli. Ada apa aja ya? Yuk cari tahu.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

1. Sukulen Roseum

tanaman sukulen

Foto: pingpoint.co.id

Warna pink dan bentuknya yang unik pasti akan menjadikan rumah Moms terlihat cantik. Bentuknya kecil dan agak lonjong, kira-kira 10-15 cm ukuran rata-ratanya. Selain warna pink, tanaman ini juga memiliki warna lain seperti merah dan hijau.

Moms bisa menggunakannya untuk mendekorasi rumah bagian dalam ataupun di tempatkan di bagian luar. Saat berbunga, bunganya akan berbentuk bintang dengan warna merah muda yang indah. Cocok untuk Moms yang suka tanaman-tanaman lucu.

2. Echeveria Minima

Echeveria_Minima_S_2_1024x1024.jpg

Foto: mld-succulents.com

Hampir rata-rata tanaman sukulen tidak membutuhkan banyak perawatan. Namun tanaman satu ini lebih tidak perlu sering disiram atau dipindahkan untuk mendapatkan sinar matahari. Echeveria minima namanya.

Dengan tampilannya yang bertingkat dan terbuka ke bagian atas, sangat unik dan menarik. Warnanya ada hijau pekat, bercampur dengan semburat warna merah keunguan di tiap ujung daunnya.

Letakkan di jendela rumah atau sebagai pemanis ruangan kerja dan ruanga keluarga juga bagus.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengharum Ruangan

3. Lidah Buaya

tanaman sukulen

Foto: resepkoki.id

Selain berguna sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan, lidah buaya atau yang biasa disebut aloe vera ini juga bagus lho dijadikan sebagai tanaman sekulen untuk mempercantik sudut-sudut rumah kita.

Perawatannya juga cukup mudah. Gunakan tanah kering, siram sesekali, lalu jemur di daerah yang terpapar sinar matahari. Dijamin tanaman ini akan tumbuh dengan baik dan mekar dengan sempurna.

4. Kaktus Bola Emas

tanaman sukulen

Foto: traveltimervcenter.com

Sebagai tanaman sukulen terbaik, tidak afdol dong rasanya jika kita tidak mengikutsertakan kaktus dalam rekomendasi tanaman sukulen. Kaktus satu ini bentuknya sangat menggemaskan dan sangat menarik. Bentuknya seperti bola emas dengan ciri khas durinya yang juga berwarna keemasan dibagian ujung.

Saat berbunga, tanaman ini akan dipenuhi dengan kluster bunga yang cantik. Tambahkan beberapa tanaman kaktus ini sebagai dekorasi untuk rumah kita.

5. Donkey Tail atau Burro’s Tail

tanaman sukulen

Foto: factorydirectcraft.com/

Tanaman ini dikenal juga dengan nama air mata ibu. Donkey tail merupakan tanaman sukulen perennial yang menghasilkan banyak tunas, dengan panjang tanaman mencapai 60 cm. Warnanya pun cantik, yaitu hijau agak kebiruan.

Jenis tanaman ini juga memiliki bunga yang cantik, hanya saja dia jarang berbunga. Jika Moms ingin menanam tanaman ini, ia akan sangat bagus jika digunakan sebagai tanaman gantung.

Tapi ingat, jauhkan dari jangkauan anak-anak karena tanaman ini mudah rontok jika disentuh. Tapi tenang saja, tanaman ini akan mudah tumbuh lagi jika jatuh ke tanah.

Baca Juga: 6 Tanaman Rumahan yang Berbahaya untuk Si Kecil

6. Tanaman Giok

tanaman sukulen

Foto: thefuturekept.com

Tanaman giok atau jade plant ini dikenal juga sebagai tanaman pembawa keberuntungan bagi siapa pun pemiliknya. Tanaman ini cocok dijadikan sebagai hadiah untuk orang yang baru saja membuka usaha baru.

Atau jika Moms ingin menanamnya di rumah, letakkan saja tanaman ini di depan pintu masuk sebagai tanda untuk membawa kemakmuran dan kesuksesan.

Nah, itu dia beberapa tanaman sukulen yang bisa Moms gunakan untuk mendekorasi rumah. Tanaman mana yang menjadi favorit Moms?

Artikel Terkait