KESEHATAN
27 November 2019

6 Sayur dan Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Paru-paru

Kandungan nutrisi pada buah aprikot dapat menjaga paru-paru tetap sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap orang tentu ingin memiliki organ tubuh yang sehat. Untuk mendapatkannya, bisa dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang sehat.

Namun, tahukah Moms, menurut WHO, gangguan pernapasan merenggut sekitar 3 juta jiwa per tahunnya.

Melansir situs WHO, penyakit gangguan pernapasan yang paling umum yaitu asma, penyakit paru akibat kerja dan hipertensi paru.

Penyebabnya bisa karena asap tembakau, faktor-faktor risiko lain seperti polusi udara, bahan kimia dan debu pekerjaan, serta infeksi pernapasan yang terjadi selama masa kanak-kanak.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru tetap sehat, bisa dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Charushila Biswas, ahli gizi kebugaran yang bersertifikat ISSA, membuat daftar buah dan sayur yang dapat menjaga kesehatan paru, mengutip dari Style Craze.

Baca Juga: Tak Hanya Rokok, Ternyata Asap Dapur Juga Bisa Menyebabkan Kanker Paru-Paru!

1. Bayam

selain katuk, ketahui 5 makanan pelancar asi ini bayam

Bayam dan sayuran berdaun gelap lainnya seperti kangkung, lobak, dan lobak hijau sarat dengan vitamin dan mineral.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa bayam mengandung phytochemical yang membantu mencegah kerusakan oksidatif, mengurangi peradangan, dan melawan kanker.

Konsumsi bayam setidaknya satu cangkir setiap hari untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru dalam kondisi yang baik.

2. Apel

apel.jpg

Apel kaya akan sumber antioksidan dan fitokimia (seperti katekin, asam klorogenik, dan phloridzin) yang membantu mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskular.

Makan apel setiap hari untuk sarapan, atau sebagai camilan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Yuk Coba 3 Resep MPASI dari Apel untuk Bayi

3. Buah Beri

1 stroberi

Buah beri seperti stroberi, raspberry, cranberry, blackberry, dan blueberry, mengandung asam fenolik, flavonoid, tanin, asam askorbat, dan fitokimia.

Kandungan ini membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan, melindungi jantung, dan melawan berbagai jenis kanker.

Moms bisa membuat olahan buah beri seperti smoothie, tambahkan ke oatmeal untuk sarapan, atau sebagai camilan biasa.

4. Aprikot

apricot.jpg

Aprikot tidak hanya lezat dan manis, tetapi juga dapat menjaga kesehatan paru-paru agar tetap baik.

Para peneliti menemukan bahwa aprikot adalah sumber terbaik untuk vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan likopen, yang membantu mengatasi radikal bebas yang berbahaya.

Aprikot juga memiliki sifat anti alergi, antimikroba, antiinflamasi, dan antikanker.

Baca Juga: 5 Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Janin

5. Brokoli

brokoli.jpg

Brokoli adalah sumber sulforaphane (SFN) yang baik, dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, dan antimikroba. Sulphoraphane ditemukan dapat mencegah kanker paru-paru, lambung, dan payudara.

Konsumsi setengah cangkir brokoli rebu atau panggang setiap hari untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan paru-paru secara keseluruhan.

6. Alpukat

Ini Dia, Makanan yang  Membantu Mengendurkan Saraf dan Pikiran Anda 03 alpukat freepik com.jpg

Buah kaya lemak sehat ini kaya akan vitamin E, K, B6, riboflavin, asam pantotenat, dan niasin dan sarat dengan asam lemak tak jenuh ganda.

Semua kandungan ini membuat alpukat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan sendi.

Konsumsilah setengah alpukat setiap hari untuk menjaga kesehatan paru-paru tetap sehat.

Artikel Terkait