DI ATAS 5 TAHUN
17 Maret 2019

6 Tanaman Rumahan yang Berbahaya untuk Si Kecil

Sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak, ya, Moms
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Punya hobi berkebun memang menyenangkan, ya, Moms. Selain memuaskan hati, hobi gardening juga bisa memanjakan mata dengan hadirnya tanaman-tanaman cantik di rumah.

Tapi, tahukah Moms kalau beberapa tanaman hias rumahan yang cantik itu ternyata berbahaya untuk manusia. Nah, orang dewasa mungkin bisa dengan mudah mencari tahu, tapi bagaimana dengan Si Kecil?

Si Kecil yang tidak tahu bahaya tanaman tersebut bisa saja terkena dampaknya. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Moms kenali tanaman hias yang berbahaya itu.

Apa saja? Cari tahu, yuk!

1. Philodendron

1 tanaman

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman rumahan yang cukup populer. Selain rupanya yang menarik, tanaman ini juga mudah sekali ditumbuhkan.

Namun, ternyata tanaman cantik ini punya kandungan kristal kalsium oksalat yang beracun untuk manusia dan binatang.

Manusia yang tidak sengaja menelan tanaman ini bisa mengalami reaksi kulit dan bengkak di area mulut serta saluran pencernaan. Dalam beberapa kasus, menelan dalam jumlah banyak bisa membahayakan anak-anak.

Baca Juga : 5 Tanaman yang Bisa Membersihkan Udara di Dalam Rumah

2. Pothos

2 tanaman

Pothos Ivy atau yang dikenal dengan nama Devil’s Ivy juga cukup populer untuk jadi tanaman hias di rumah. Tanaman ini juga bisa membantu menjernihkan udara di ruangan.

Di sisi lain, tanaman ini juga punya kandungan yang tidak kalah berbahaya. Orang yang tidak sengaja menelannya bisa merasakan rasa terbakar di area mulut, iritasi kulit, bengkak di bibir, lidah, dan tenggorokan, muntah, serta diare.

Baca Juga: 5 Tips Menanam Succulent Sendiri, Jangan Sampai Salah Ya!

3. Arrowhead Plant

3 tanaman

Nah, tanaman yang satu ini juga cukup sering digunakan untuk menghias rumah. Tanaman ini juga kerap dijadikan hadiah untuk seseorang karena kecantikannya. Daunnya yang berbentuk hati memang membuat tanaman ini terlihat menarik.

Tapi, Moms harus hati-hati ya. Jika tidak sengaja tertelan, tanaman ini bisa membuat orang mengalami iritasi kulit, sakit perut, dan muntah-muntah.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengharum Ruangan

4. Bunga Lili

4 tanaman

Lili dikenal sebagai bunga yang anggun dan cantik. Lili punya beragam jenis dan warna yang cantik. Tapi, tahukah Moms, di balik kecantikannya, Lili ternyata beracun lho.

Memang tidak semua lili beracun, ada beberapa lili saja yang beracun, seperti Calla Lily, Easter Lily, Rebrum Lily, Tiger Lily, Day Lily, Peace Lily, dan Asian Lily.

Setiap jenis lili punya dampak yang berbeda jika tidak sengaja tertelan, seperti sakit perut, muntah, sakit kepala, pandangan kabur, dan iritasi kulit.

5. Kuping Gajah

kuping gajah 1dd

Kuping gajah populer sebagai tanaman rumahan baik di dalam rumah maupun di kebun. Banyak variasi dari kuping gajah ini, ada yang berwarna hijau, merah, pink, dan putih. Ini membuat kuping gajah disukai banyak orang.

Semua bagian dari kuping gajah mengandung racun bagi manusia dan binatang. Jika tidak sengaja menelannya, seseorang akan merasakan panas yang menyakitkan dan pembengkakan di area mulut, lidah, bibir, dan tenggorokan.

Dia juga akan mengalami kesulitan bernafas dan menelan. Hal itu akan menghalangi udara masuk ke paru-paru dan menyebabkan kematian.

Baca Juga : 7 Tanaman Ini Bisa Membawa Keberuntungan, Harus Punya!

6. Lidah Mertua

6

Tanaman lain yang cukup sering ditemukan di rumah adalah lidah mertua. Tanaman berbentuk panjang, berdaun tebal, dan berujung runcing ini memang mampu mempercantik ruangan. Perpaduan warna hijau, kuning, dan putihnya membuat tanaman ini makin cantik.

Moms perlu tahu juga nih kalau ternyata tanaman ini beracun lho. Jika tidak sengaja menelannya, sesorang akan merasakan sakit di area mulut, berliur, dan agak mual. Untuk beberapa kasus, tanaman ini juga bisa menimbulkan reaksi pada kulit jika tertelan.

Nah, itulah enam tanaman hias rumahan yang punya penampakan cantik tapi ternyata beracun.

Sebaiknya Moms menjauhkan tanaman-tanaman tersebut dari jangkauan anak-anak jika mereka masih dalam fase oral karena khawatir tertelan. 

(AND)

Sumber: dengarden.com

Artikel Terkait