TRIMESTER 1
23 Agustus 2019

6 Tanda Awal Kehamilan yang Sering Diabaikan

Biasanya ditandai dengan mual di setiap pagi hari
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms yang baru saja menikah, mungkin bertanya-tanya atau berharap untuk mulai hamil. Bagi beberapa wanita, tanda awal kehamilan mulai terlihat beberapa minggu setelah terjadi pembuahan.

Gejala kehamilan juga dapat bervariasi , mulai dari segi intensitasnya, frekuensi, dan lama atau waktu

Beberapa gejala awal kehamilan yang muncul, mirip dengan gejala menstruasi biasa. Mungkin Moms penasaran apakah benar sedang hamil atau tidak. Nah, agar tidak penasaran lagi, coba cek beberapa tanda awal kehamilan di bawah ini yuk, Moms.

Baca Juga: Catat, Ini Perdarahan yang Normal Terjadi di Awal Kehamilan

1. Telat Datang Bulan

tanda awal kehamilan

Foto: alodokter.com

Periode menstruasi yang terlewat bisa menjadi tanda awal kehamilan. Terkadang, kram dan bercak ringan yang dialami pada saat implantasi sel telur yang dibuahi di dalam rahim dapat disalahartikan sebagai periode menstruasi.

Wanita yang siklus haidnya tidak teratur, mungkin tidak akan langsung sadar keterlambatan menstruasi ini. Tanda dan gejala kehamilan jarang muncul sebelum periode menstruasi terlewat, tetapi jika siklus menstruasi Moms tidak teratur, ini mungkin saja terjadi.

2. Kram Perut

tanda awal kehamilan

Foto: sanportal.info

Setelah terjadi pembuahan, sel telur yang telah dibuahi akan melekat pada dinding rahim. Hal ini akan menyebabkan Moms mengalami kram perut yang sama seperti saat sedang menstruasi. Padahal, kram di awal kehamilan sering disalahartikan sebagai tanda awal menstruasi.

Menurut Clearblue, hal ini disebabkan oleh perubahan cara tubuh memproses kalsium.

“Banyak kalsium yang Moms dapatkan digunakan oleh tubuh untuk membantu mengembangkan tulang, gigi, dan organ bayi,” tulis Dr. M.D. Mazumdar, konsultan senior ginekolog di SM Polyclinic.

Kram selama awal kehamilan sangat dan akan terus berkurang seiring waktu. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Moms merasa sakitnya parah atau disertai dengan pendarahan hebat serta gejala mengkhawatirkan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Kram Perut, Salah Satu Tanda Kehamilan Paling Umum

3. Keputihan

Beberapa wanita mungkin akan mulai sadar jika timbul beberapa bercak keputihan yang tebal seperti susu dari vagina di awal kehamilan. Hal ini terjadi pada minggu-minggu pertama kehamilan saat dinding vagina menebal.

Keputihan ini dapat terjadi sepanjang kehamilan. Jika keputihan ini mengeluarkan bau yang tidak enak, atau disertai dengan rasa gatal, bisa jadi tanda adanya infeksi jamur atau bakteri. Moms harus segera menghubungi dokter.

4. Payudara Berubah

tanda awal kehamilan

Foto: phunutoday.vn

Tanda awal kehamilan berikutnya adalah perubahan payudara. Banyak wanita mengalami perubahan pada payudara di minggu pertama kehamilan.

Perubahan-perubahan ini bisa dirasakan dengan timbulnya rasa sakit, lebih lembut, berat, tarasa penuh, atau adanya sensasi kesemutan. Ketidaknyamanan ini biasanya akan berkurang setelah beberapa minggu.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Payudara dan Bra

5. Kelelahan

tanda awal kehamilan

Foto: marieclaire.co.uk

Walaupun gejala ini sangat tidak spesifik dan mungkin disebabkan oleh banyak faktor, wanita di awal kehamilannya sering merasa kelelahan di minggu-minggu awal kehamilannya.

6. Mual

tanda awal kehamilan

Foto: mothersandmore.org

Bagi sebagian wanita, mual adalah hal biasa yang terjadi pada hari-hari awal kehamilan, tetapi tidak terbatas pada waktu tertentu dalam sehari.

"Ketika mual dan muntah kambuh setiap hari, tanpa sebab pasti, hal ini bisa jadi tanda awal kehamilan,” ujar Gerardo Bustillo, dokter kandungan.

Tanda awal kehamilan ini mungkin merupakan hasil dari peningkatan hormon yang bersirkulasi dan dapat terjadi kapan saja, tetapi pagi adalah waktu yang paling umum, makanya sering dinamakan "morning sickness".

Nah, Moms yang baru saja menikah apakah merasakan tanda-tanda awal kehamilan ini?

Artikel Terkait