BAYI
30 September 2019

6 Tips Agar Clodi Awet dan Tahan Lama

Clodi bisa diturunkan ke anak berikutnya lho jika dirawat dengan baik
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Ada berbagai alasan ketika Moms beralih dari popok sekali pakai ke cloth diaper atau clodi modern. Manfaat yang paling dirasakan dengan memakaikan Si Kecil clodi adalah bisa menghemat pengeluaran untuk popok sekali pakai sekaligus mengurangi sampah rumah tangga.

Selain lebih ramah lingkungan, clodi juga dianggap dapat mengurangi paparan bahan kimia pada Si Kecil. Bahan pembuatannya dirasa lebih aman dibandingkan popok sekali pakai yang diduga masih mengandung klorin, polyacrylate, dan bahan kimia lainnya.

Hasilnya, risiko terkena diaper rash atau ruam akibat popok pun dapat berkurang.

Jika dirawat dengan baik dan benar, umur clodi pun dapat bertahan lama. Bahkan bisa diwariskan ke anak berikutnya, lho. Nah, apa saja tips agar clodi awet dan tahan lama?

Yuk simak bagaimana tips-tips untuk merawatnya di bawah ini, Moms!

1. Lakukan Prewashing!

Tips clodi awet - lakukan prewash.jpg

Tips agar clodi awet dan tahan lama yang pertama adalah lakukan prewashing. Sama saja seperti ketika membeli pakaian baru, sebelum dipakai tentu harus dicuci terlebih dahulu.

Pada clodi, pencucian ini disebut prewashing. Bedanya pada pakaian biasa, sebaiknya prewashing pada clodi dilakukan hingga tiga kali.

Selain untuk membersihkan lapisan pada bahan clodi, proses prewashing juga berguna untuk menambah daya serap clodi.

Cara mencucinya pun cukup mudah. Moms dapat merendamnya selama 1 jam bersama detergen. Setelah prewashing kedua dan ketiga, tidak menggunakan detergen pun tidak masalah.

Moms dapat menggunakan air suhu biasa atau air hangat. Pada beberapa clodi dengan bahan penyerap organik, seperti yang terbuat dari bambu atau hemp, penggunaan air hangat saat prewash sangat disarankan karena lebih efektif mengangkat kandungan minyak yang ada di dalamnya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memakai Clodi Dibanding Popok Sekali Pakai

2. Gunakan Sedikit Detergen Saat Mencuci

Tips clodi awet - jangan terlalu banyak detergen.jpg

Tips agar clodi awet dan tahan lama yang selanjutnya adalah gunakan sedikit detergen. Moms tidak perlu terlalu banyak mengguakan detergen saat mencuci clodi. Jangan takut noda tidak hilang karena pada proses penjemuran, noda pada clodi dapat hilang sempurna.

Selain itu, ada baiknya juga menggunakan detergen yang khusus untuk clodi atau pakaian anak supaya clodi lebih tahan lama.

Menurut Shannon Griffith, pemilik Green Diaper Babies di Chicago, deterjen yang aman untuk popok kain juga sangat penting untuk membantu menjaga daya serap popok.

"Anda bisa memilih produk yang bebas dari pelembut kain,” kata Shannon Griffith.

3. Hindari Mesin Cuci

Tips clodi awet - hindari mesin cuci.jpg

Tips agar clodi awet dan tahan lama yang selanjutnya adalah menghindari mesin cuci. Mencuci clodi ada baiknya handwashing. Setelah direndam, Moms tinggal mengucek sedikit dan peras ringan saja.

Dengan mencuci menggunakan tangan, clodi bisa lebih terjaga kualitasnya.

Sebenarnya mencuci clodi bisa saja dengan menggunakan mesin cuci. Apalagi bagi Moms yang repot untuk mencuci menggunakan tangan.

Namun saat mencuci dengan mesin cuci, pastikan clodi dimasukkan ke dalam laundry bag agar karet pada bagian paha dan pinggang tidak cepat melar sehingga lebih awet.

Baca Juga: Jangan Salah Lagi, Ini Cara Menyimpan ASI yang Benar!

4. Perhatikan Posisi Clodi saat Menjemur

Tips clodi awet - jemur clodi.jpg

Tips agar clodi awet dan tahan lama yang selanjutnya adalah perhatikan posisi clodi saat menjemur. Moms dapat menjemur clodi dengan paparan sinar matahari langsung atau tidak. Namun pastikan clodi kering dengan sempurna.

Sinar UV dapat memudarkan noda dan membantu membunuh bakteri penyebab bau. Namun, sinar UV juga akan berdampak pada lapisan elastis dan waterproof pada clodi.

Matahari yang terik bahkan dapat melelehkan lapisan kedap air jika clodi dibiarkan terlalu lama dijemur.

Karena itu, posisi penjemuran pun mesti diperhatikan. Bagian clodi yang waterproof sebaiknya menghadap bawah sedangkan inner-nya menghadap atas. Hal ini untuk mengurangi risiko lapisan waterproof rusak ketika terpapar sinar matahari.

5. Jangan Disetrika!

Tips clodi awet - jangan disetrika.jpg

Tips agar clodi awet dan tahan lama yang selanjutnya adalah jangan disetrika. Tanpa disetrika, clodi setelah kering sudah dapat digunakan. Jangan takut akan ada baketri atau kuman karena tidak disetrika, ya, Moms.

Melalui proses pencucian dan pengeringan pun bakteri dan kuman dapat dihilangkan.

6. Jangan Lupa Lakukan Stripping!

Tips clodi awet - stripping.jpg

Tips agar clodi awet dan tahan lama yang selanjutnya adalah jangan kupa lakukan stripping. Setelah clodi dipakai rutin beberapa lama, Moms dapat melakukan stripping, terutama ketika clodi menjadi cepat bocor atau berbau pesing padahal baru dipakai sebentar.

Stripping merupakan metode pencucian untuk menghilangkan residu detergen yang ada di dalam clodi. Karena residu inilah biasanya kualitas clodi bisa menurun. Tapi jangan khawatir, karena setelah melakukan stripping clodi bisa seperti baru kembali.

Cara melakukan stripping juga cukup mudah. Rendam clodi bersih di dalam air hangat, bilas hingga tidak berbusa. Moms juga dapat menggunakan baking soda dan cuka serta product treatment khusus untuk stripping clodi.

Baca Juga: Sadari 7 Tanda Moms Mengalami Baby Blues!

Itulah beberapa tips agar clodi awet dan tahan lama. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah beda merek clodi, bisa beda pula cara perawatannya, terutama untuk masalah pencucian.

Oleh karena itu, Moms dapat membaca keterangan bagaimana cara merawatnya pada setiap merek clodi yang Moms beli.

(DI/ERN)

Artikel Terkait