3-5 TAHUN
8 Mei 2019

6 Tips Membiasakan Anak Memiliki Rutinitas Pagi

Iringi semua aktivitas dengan kehangatan dan rasa cinta
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Memiliki pagi hari yang bersemangat akan menjadikan seluruh hari terasa menyenangkan. Tentunya hal itu juga akan terasa bagi Si Kecil ya Moms.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mengajak anak untuk membiasakan diri bangun pagi dengan ceria.

Memiliki kebiasaan yang baik di pagi hari sejak kecil akan terus tertanam dan terbawa hingga saat dia dewasa nanti. Rutinitas pagi untuk anak idealnya berjalan nyaman dan santai.

Berikut adalah beberapa cara bermanfaat untuk mengelola rutinitas pagi yang menyenangkan bagi Si Kecil!

Baca Juga: 5 Penyebab Balita Sering Terbangun Tengah Malam

1. Pastikan Si Kecil Mendapat Tidur yang Cukup

6 Tips Membiasakan Anak Memiliki Rutinitas Pagi

Sebelum melakukan kegiatan pagi, pastikan Si Kecil mendapat tidur yang cukup ya Moms.

Meski berbeda pada setiap anak, namun mereka biasanya membutuhkan sekitar 8 hingga 10 jam saat tidur malam tergantung pada usia, aktivitas fisik, dan faktor lainnya. Tidur malam yang baik dapat membantu anak untuk bangun dengan segar.

Selain itu, tidur juga bermanfaat bagi pertumbuhan buah hati, lho. “Hormon pertumbuhan akan bekerja di saat tidur malam hari,” ujar Judith Owens, M.D., direktur di divisi pengobatan tidur, Children's National Medical Center, Washington D.C.

2. Lakukan Persiapan di Malam Hari

6 Tips Membiasakan Anak Memiliki Rutinitas Pagi

Jika Moms ingin menghemat waktu di pagi hari, lakukan persiapan bersama Si Kecil di malam sebelumnya. Misalnya, mengemas buku dan tas sekolah sesuai dengan jadwal atau memilihkan seragamnya.

Hal ini juga berguna agar ia tidak terburu-buru saat melakukan persiapan. Biasakan ia berdisiplin dan tidak melakukan sesuatu dengan waktu yang terlalu mepet.

Mempersiapkan semua ini di malam hari akan menghindari diskusi panjang keesokan paginya. Berikan juga anak dua pilihan agar ia bisa mengambil keputusan dengan cepat dan mudah.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Tidur Anak dan Cara Menanganinya

3. Siapkan Jadwal Rutin Pagi

6 Tips Membiasakan Anak Memiliki Rutinitas Pagi

Memiliki jadwal kegiatan pagi yang jelas dapat membantu anak menjadi lebih siap untuk pagi hari.

Cara ini membuatnya sadar akan apa yang menjadi tanggung jawabnya. Libatkan juga anak dalam proses pembuatan jadwal kegiatan.

American Occupational Therapy Association (AOTA) menyarankan untuk membuat rutinitas pagi lebih menyenangkan agar anak tidak membenci pagi hari. Misalnya dengan memutar lagu yang ceria saat mereka sedang berpakaian.

4. Bangun Sebelum Anak-anak

6 Tips Membiasakan Anak Memiliki Rutinitas Pagi

Bangun sekitar 15 hingga 20 menit sebelum anggota keluarga lainnya dapat membantu Moms mempersiapkan fisik dan kebutuhan lain, sebelum dibantu oleh pasangan atau Si Kecil. Ini juga akan menjadi contoh yang baik bagi anak.

5. Bangunkan Anak dengan Cinta

6 Tips Membiasakan Anak Memiliki Rutinitas Pagi

Jika membangunkan Anak dengan berteriak, dapat dipastikan Moms hanya akan mendapat rengekan.

Awali rutinitas pagi Si Kecil dengan memeluknya dengan hangat, mengelusnya dengan sayang dan mengajaknya bangun dengan semangat. Ini juga dapat membantu Moms menjalin hubungan dengannya di pagi hari.

Baca Juga: 4 Trik Jitu Membangunkan Anak di Pagi Hari

6. Beri Hadiah Atas Rutinitasnya

6 Tips Membiasakan Anak Memiliki Rutinitas Pagi

Agar tetap menjadi rutinitas yang baik, pantau terus perkembangan kegiatan paginya setiap hari. Hargai setiap tugas yang telah diselesaikannya dengan pujian.

Ingatkan dengan baik jika ada yang terlupa.hal itu akan meningkatkan kemandiriannya dan rasa tanggung jawabnya.

Berikan pula sebuah hadiah kecil. Misalnya dengan memberikan waktu ekstra untuk menikmati sarapannya, atau lebih banyak waktu bermain sebelum berangkat sekolah.

AOTA mengingatkan bahwa meski struktur atau rutinitas itu penting, tapi ada hari-hari di mana anak bisa lebih rileks di pagi hari, seperti saat hari libur atau akhir pekan.

Biarkan anak-anak makan dengan memakai piyamanya di akhir pekan, agar mereka tahu bahwa rutinitas juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Jangan sampai anak jadi stres akibat rutinitas pagi yang terlalu ketat ya, Moms! Ciptakan suasana pagi yang menyenangkan dan ceria untuk anak serta keluarga di rumah!

(FAR/INT)

Artikel Terkait