2-3 TAHUN
26 November 2019

6 Tips Mempersiapkan Balita Punya Adik, Simak di Sini

Selain melakukan persiapan kelahiran, Moms juga perlu mempersiapkan balita punya adik.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Setelah beberapa tahun, Moms merasa sudah saatnya mempersiapkan balita kesayangan untuk punya adik.

Selain melakukan berbagai upaya untuk hamil, Moms juga perlu mempersiapkan mental calon anak sulung.

Sebab, dikutip dari Psychology Bulletin Journal, kelahiran adik bisa membuat balita merasakan transisi, krisis, dan semacam titik balik dalam masa kecilnya.

Janeen Hayward, pendiri Swellbeing – layanan sumber daya pengasuhan anak, menyarankan orang tua untuk memberi tahu anak pertama mereka lebih dulu sebelum mengumumkan kabar kehamilan tersebut kepada orang lain. Dengan begitu, si Kecil tidak akan “kaget” saat melihat perubahan pada Moms dan pada kehidupan keluarga karena kehadiran bayi.

Berikut sejumlah tips mempersiapkan balita punya adik yang dapat Moms praktikkan:

Baca Juga: Sabar, Nak! 4 Cara Mendidik Balita 2 Tahun Untuk Mengendalikan Diri

1. Lewat Dongeng yang Mendidik

6 Tips Mempersiapkan Balita Punya Adik 01.jpg

Foto: momtastic.com

Ceritakan atau bacakan cerita tentang asal muasal bayi. Pemahaman tentang dari mana bayi datang dapat membuat si Kecil lebih tenang dan tidak terlalu cemas dalam menyambut kehadiran calon adiknya.

Bacakan dongeng tentang anak yang memiliki adik baru untuk memperlihatkan gambaran dinamika hubungan antara kakak dan adik. Moms bisa juga menceritakan pengalaman hubungan kakak-adik antara Moms dan kakak atau adik Moms sewaktu kecil dulu.

2. Masa Kecil Buah Hati

6 Tips Mempersiapkan Balita Punya Adik 02.jpg

Foto: momjunction.com

Ceritakan tentang masa-masa si anak balita sewaktu masih bayi; bagaimana Moms menyusuinya, menggendongnya, mengajaknya bermain, menyuapinya makan, dan sebagainya. Moms juga bisa memperlihatkan album foto berisi foto-foto si anak balita sewaktu masih bayi.

Baca Juga: 7 Trauma Masa Kecil yang Akan Membayangi Anak Hingga Dewasa Nanti

3. Mengajak Si Kecil ke Dokter

6 Tips Mempersiapkan Balita Punya Adik 03.jpg

Foto: theguardian.com

Ajak si Kecil saat Moms melakukan kunjungan prakehamilan ke bidan atau dokter kandungan sehingga ia dapat melihat proses dokter memeriksa kesehatan kandungan Moms. Selain dapat mempersiapkan balita punya adik, momen ini juga dapat Moms manfaatkan untuk “memperkenalkan” si Kecil kepada calon adiknya.

Ajak juga si Kecil saat Moms menghadiri kelas olah raga prakehamilan.

4. Mengajak Si Kecil Menyiapkan Kebutuhan Calon Adik

6 Tips Mempersiapkan Balita Punya Adik 04.jpg

Foto: freepik.com

Libatkan si Kecil dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan si adik bayi, mulai dari pakaian, alat makan, mainan, hingga dekorasi kamar, juga dalam memilih nama calon adiknya.

5. Ajak Si Kecil Merawat Adik

6 Tips Mempersiapkan Balita Punya Adik 05.jpg

Foto: scarymommy.com

Munculkan kesan bahwa saat si balita punya adik, ia mempunyai peran yang penting dalam merawat adiknya sehingga ia tidak merasa “terlupakan” setelah adiknya lahir.

Moms juga bisa bermain peran (roleplay) sebagai ibu atau kakak. Moms dapat memberikan boneka bayi untuk dipakai si Kecil bermain. Menurut Hayward, langkah ini akan membuat si Kecil sedikit mengerti tentang bayi dan apa yang akan terjadi setelah adiknya nanti lahir.

Baca Juga: 6 Manfaat Bermain Pasar-pasaran untuk Anak, Bisa Melatih Problem Solving!

6. Yakinkan Si Kecil

6 Tips Mempersiapkan Balita Punya Adik 06.jpg

Foto: raisingchildren.net.au

Katakan bahwa meski nanti si balita punya adik, ia tetap dapat melakukan kegiatan favorit berdua Moms atau Dads, seperti sebelumnya.

Moms dan Dads juga perlu mempersiapkan diri bila si Kecil rewel atau memperlihatkan sikap cemburu terhadap calon adiknya.

Bersabarlah dan tunjukkan bahwa Moms rasa sayang Moms dan Dads terhadapnya tidak berubah meski nanti kondisi keluarga akan sedikit berubah karena si balita punya adik.

Nah, Moms, itulah 6 cara tepat mempersiapkan balita punya adik. Moms pernah melakukannya? Jangan pusing ya, Moms.

(AN/DIN)

Artikel Terkait