2-3 TAHUN
2 Juli 2019

6 Tips Mengajarkan Balita Tidur Sendiri Saat Bersiap Punya Adik

Si Kecil sebentar lagi akan menjadi kakak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak alasan bagi Si Kecil untuk berubah dari yang tadinya masih tidur bersama orang tua atau tidur di boks menjadi tidur dengan kamar sendiri. Salah satu alasan yang paling sering terjadi adalah karena Si Kecil sebentar lagi akan menjadi kakak.

Sayangnya membuat buah hati tidur sendiri di kamar sendiri juga bukan hal yang mudah. Berikut beberapa hal yang bisa Moms dan Dads coba untuk mengajarkan balita tidur sendiri di kamarnya dikutip dari Louisa Fitzgerald, seorang penulis parenting dari Amerika Serikat.

1. Lakukan Secara Bertahap

6 Tips Mengajarkan Balita Tidur Sendiri Saat Bersiap Punya Adik 01.jpg

Foto: shutterstock.com

Kalau memang alasan memindahkan Si Kecil pindah ke kamar sendiri karena datangnya adik, maka gunakan waktu hingga persalinan untuk mulai mengajarkan balita tidur sendiri. Meski begitu, Moms dan Dads juga tidak bisa terlalu santai. Apalagi akan sangat mungkin Si Kecil cemburu saat si adik sudah lahir.

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Hal Ini Bisa Menyabotase Waktu Tidur Balita

2. Buat Kamarnya Semenarik Mungkin

6 Tips Mengajarkan Balita Tidur Sendiri Saat Bersiap Punya Adik 02.jpg

Foto: washingtonpost.com

Beri Si Kecil pengertian kalau dia sekarang sudah besar dan butuh kamar yang lebih besar pula sehingga dia bisa melakukan beraktivitas di kamarnya dengan lebih leluasa. Hal itu tentu menjadi sangat menarik untuknya, selain juga tentu saja dekorasi kamarnya dengan sangat menarik dan sesuai dengan kesukaannya.

Lori Strong, konsultan tidur anak profesional dan pemilik klinik konsultasi tidur anak Strong Little Sleepers Amerika Serikat, menyarankan agar Si Kecil dilibatkan memilih sendiri dekorasi yang dia inginkan sehingga dia merasa dihargai dan juga akan bertanggung jawab dengan pilihannya.

Apalagi kalau saat anak masih tidur bersama orang tua dan dia tidak bisa membawa mainannya ke kamar. Dengan kamar sendiri, dia bisa menyimpan mainannya di sana. Meski begitu, jangan lupa pula untuk mengajarkan tanggung jawab. Si Kecil juga harus membereskan kamarnya sendiri.

3. Pindahkan Barang yang Paling Penting untuknya ke Kamar Baru

6 Tips Mengajarkan Balita Tidur Sendiri Saat Bersiap Punya Adik 03.jpg

Foto: thespruce.com

Mulailah membawa beberapa barang favorit buah hati ke kamar baru, misalnya seperti boneka, atau selimut, dan juga bantalnya ke kamar baru. Selain itu, buat Si Kecil betah dengan mengajaknya main bersama di kamarnya. Mulailah kegiatan rutin sebelum tidur di kamar baru, misalnya membaca dongeng dan juga bernyanyi walaupun Si Kecil belum benar-benar mau tidur di kamarnya.

Baca Juga: 5 Tips Membiasakan Anak Untuk Membereskan Kamar Tidurnya

4. Pastikan Waktu Tidurnya Sudah Rutin

6 Tips Mengajarkan Balita Tidur Sendiri Saat Bersiap Punya Adik 04.jpg

Foto: cuandopasa.com

Ketika seorang balita beralih ke kamar tidur baru, penting untuk menjaga rutinitas waktu tidur anak senormal mungkin. Dengan rutinitas yang sudah pasti, akan membuat Si Kecil menyesuaikan diri lebih cepat dengan lingkungan baru.

5. Usahakan Adanya Perubahan Walaupun Kecil

6 Tips Mengajarkan Balita Tidur Sendiri Saat Bersiap Punya Adik 05.jpg

Foto: tokkoro.com

Pada awal-awal pindah, kalau memang Si Kecil biasa tidur di boks, pindahkan saja boks tersebut ke ruangan baru untuk membantunya beradaptasi. Saat dia sudah siap, Moms juga bisa mengajaknya pindah ke kasur yang lebih besar yang sudah dipersiapkan untuk dirinya sebagai anak besar.

Baca Juga: Info Buat yang Hobi Begadang, Ini Manfaat Tidur Cukup dan Berkualitas

6. Lakukan Perayaan Kecil

Perubahan Si Kecil pindah dari kamar orang tua ke kamarnya sendiri tentu adalah sebuah langkah besar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya buah hati mendapatkan pesta kecil yang menandakan perubahannya tersebut. Selain itu, beri hadiah kecil sebagai hadiah perubahannya tersebut.

Nah, itulah cara mengajarkan balita tidur sendiri. Kalau Si Kecil, apakah sudah siap untuk tidur sendiri Moms?

(TPW)

Artikel Terkait