GAYA HIDUP
14 September 2019

6 Warna Cat Rumah Terbaik yang Bisa Buat Mood Bahagia

Warna turquoise tak selalu digunakan untuk kamar mandi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Sebuah laporan di situs ScienceDaily, disebutkan bahwa warna dapat memengaruhi suasana hati dengan merangsang berbagai neuron di otak.

Khususnya warna merah dan biru, di mana warna merah paling efektif untuk membuat seseorang meningkatkan perhatian pada detail, sedangkan biru paling baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

"Penelitian sebelumnya menghubungkan biru dan merah dengan peningkatan kinerja kognitif, tetapi tidak dalam titik untuk memberikan dorongan terbesar," kata Juliet Zhu dari Sauder School of Business UBC.

Betsy Karp, pelatih kesehatan dan kebugaran bersertifikat dan spesialis teori warna menjelaskan, "Warna memiliki pengaruh yang kuat pada emosi Anda, bisa untuk mengangkat, mencerahkan, dan memberdayakan kehidupan Anda, dan rumah Anda."

Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam membuat suasana hati jadi lebih bahagia.

Karenanya, ketahui warna-warna cat rumah yang bisa menjadikan Moms senang dengan memilih warna favorit. Berikut daftarnya, dikutip dari Livestrong.

Baca Juga: Cari Tahu Warna Cat Dinding Terbaik untuk Zodiak Kita!

1. Biru

dapur biru.jpg

Foto: mywisdomclub.com

Biru yang menjadi warna favorit dunia, adalah warna yang menggambarkan kepercayaan, tanggung jawab, dan kepercayaan diri.

Sementara orang menggunakannya di seluruh rumah, Karp merekomendasikannya untuk menggunakan warna biru di satu ruangan, khususnya kamar tidur, karena memberikan relaksasi fisik dan mental.

Warna biru juga dapat membantu menekan nafsu makan, jadi jika ingin menurunkan berat badan, Moms mungkin ingin berpikir untuk memberikan perubahan besar pada dapur.

2. Kuning

kamar kuning.png

Foto: bergerpaints.com

Kuning dianggap sebagai salah satu warna pelangi yang paling membahagiakan, dan menurut Karp, otak menjadi sangat reaktif terhadapnya.

"Kuning adalah warna yang berhubungan dengan stimulasi mental, fokus, dan sisi kiri otak," katanya. Warna yang menyenangkan seperti kuning juga bisa memancing ide-ide kreatif dan pengambilan keputusan.

Selain itu, kuning bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dapur, karena warna yang hangat dan cerah dapat membantu meningkatkan nafsu makan pada mereka yang memasuki ruangan.

Baca Juga: Dekorasi Rumah dengan 6 Tren Warna Terbaru 2019 Ini!

3. Magenta

kamar magenta.jpg

Foto: portapalace.com

Terlepas warna magenta adalah warna yang begitu cerah, Karp mengatakan magenta adalah warna harmoni dan memberikan keseimbangan emosional.

"Ini mendorong pandangan hidup Anda yang kuat dan seimbang sambil memperkuat kemampuan psikis, memungkinkan Anda untuk mengatasi drama dan konflik sehari-hari," katanya.

Magenta juga bagus untuk perubahan dan transformasi. Mungkin cukup mencolok jika menggunakan warna ini untuk seluruh dinding ruangan.

Karp menyarankan untuk menggunakan magenta sebagai aksen, seperti aksesoris, dan perabot magenta.

4. Turquoise

kamar turqouise.webp

Foto: decoist.com

Warna biru kehijauan yang sejuk adalah warna yang menggambarkan kejernihan dan ekspresi diri. Selain itu, warna turquoise dapat menenangkan emosi.

"Ini bagus untuk sistem saraf dan digunakan untuk memengaruhi pikiran dan komunikasi," ungkap Karp.

Warna ini banyak digunakan sebagai warna di kamar mandi. Tetapi Moms juga bisa menggunakannya di ruang
tamu, atau kamar tidur.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Mendekorasi Kamar Tidur Romantis

5. Hijau

kamar hijau.jpg

Foto: housebeautiful.com

Hijau adalah warna keseimbangan, harmoni, pertumbuhan, dan kelimpahan.

"Ini membuka hati dan menyeimbangkan emosi Anda. Warna hijau adalah keseimbangan antara kepala dan hati, memberimu perasaan pembaruan dan kelahiran kembali, karena itu membantu memulihkan energi yang terkuras," jelas Karp.

Namun, bila Moms bukan penggemar cat hijau, cobalah memasukkannya aksen hijau ke ruangan dalam bentuk tanaman.

Penelitian telah menemukan bahwa tanaman dapat mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi dan kebahagiaan, serta meningkatkan kreativitas.

6. Cokelat

kamar cokelat.jpeg

Foto: hgtv.com

Walaupun cokelat mungkin bukan warna yang paling menarik pada spektrum untuk dekorasi rumah, warna cokelat memang memiliki beberapa kualitas dasar, karena itu adalah warna perlindungan dan dukungan keluarga.

"Ini menekan emosi dan memungkinkan Anda untuk hidup. Ini membawa perlindungan dan dukungan bagi kehidupan keluarga. Warna cokelat adalah warna tanggung jawab dan keamanan material," jelas Karp.

Moms bisa menggunakan warna cokelat di ruang di mana keluarga bertemu, seperti ruang tamu, ruang makan, dan memasangkannya dengan warna-warna cerah atau netral yang jelas.

Jadi, warna mana yang menurut Moms dapat membuat suasana hati lebih bahagia ketika berada di rumah?

Artikel Terkait