HIBURAN
3 Oktober 2019

7 Acara TV Tahun 90-an yang Bikin Rindu

Siapa yang ingat Agnez Mo di acara "Tralala... Trilili"?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Era 90-an, saat masih belum mengenal saluran televisi kabel, banyak acara-acara yang seru dan kerap ditunggu usai pulang sekolah dan di akhir pekan.

Terutama di hari minggu, di mana Moms mungkin selalu menantikan kartun asyik dan menyenangkan yang selalu diikuti.

Meskipun program-program televisi saat ini kurang memiliki variasi, tetapi tidak ada salahnya bernostalgia tentang acara televisi era 90-an yang bikin rindu ini, Moms.

1. Tralala... Trilili

acara 90-an.png

Sebelum mengubah nama panggungnya menjadi Agnez Mo, Agnes Monica dikenal menjadi pembawa acara di tayangan Tralala... Trilili.

Tayangan yang dulunya disiarkan pada sore hari itu menampilkan lagu-lagu anak 90-an, informasi, dan pengetahuan lain yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari.

Kala itu, tampak Agnes masih lucu dan sangat ceria ya, Moms!

Baca Juga: Meski Tak Masuk Akal, Tapi 5 Tayangan Ini Tetap Diminati dan Bikin Ketagihan

2. Famili 100

acara 90-an-2.jpg

Famili 100 adalah acara kuis yang punya jam terbang tinggi kala itu. Acara yang dipimpin oleh Sonny Tulung ini menyiarkan dua kelompok keluarga yang adu tebak dengan menjawab kuis yang ditanyakan oleh Sonny untuk mendapatkan nilai.

Biasanya, Sonny akan meneriakkan, "Surveyyy membuktikaannn.." untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.

3. Digimon

acara 90-an-3.jpeg

Digimon merupakan tayangan kartun yang tayang setiap hari Minggu pukul 07.30. Bagi Moms yang mengikuti episode terbaru Digimon tentu kala itu selalu siap memegang remote televisi, ya.

Digimon adalah anime yang mengisahkan 7 orang anak tersesat di dunia Digimon, tujuh anak itu lalu ditarik masuk ke dunia digital saat sedang terjadi badai salju di acara kemah musim panas sekolah mereka.

Mereka pun lalu ditemani Digimon atau hewan digital (digital monster) dan dibekali dengan sebuah Digivice, gawai yang mampu membuat Digimon berubah.

Digimon juga menjadi tontonan favorit pada era 90-an dan 2000-an, apalagi ketika melihat monster tersebut berubah bentuk jadi lebih keren!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Serial Kartun untuk Si Kecil Belajar Bahasa Inggris

4. Spontan

acara 90-an-4.jpg

Tak hanya kartun dan tontonan yang mengedukasi, salah satu tayangan era 90-an yang banyak digemari juga merupakan acara komedi, yaitu Spontan!

Acara yang dipimpin oleh Komeng ini memang selalu berhasil menggelak tawa ya, Moms. Apalagi dengan slogan "Spontan? Uhuyy!" yang mudah terngiang di kepala.

Bersama dengan tim, acara komedi iseng ini mengerjai orang-orang dan setelah terkuak pun mereka harus menahan malu.

Selain itu, Spontan punya segmen acara dubbing hewan-hewan primata. Topiknya biasanya merupakan kritik politik. Komeng pun membawakan dengan jenaka.

5. Saras 008

acara 90-an-5.jpg

Saat superhero luar negeri masih belum seheboh sekarang, Indonesia juga punya tayangan khas superheronya sendiri. Salah satunya Saras 008.

Diceritakan seorang perempuan muda bernama Saras yang mempunyai seekor kucing bernama Ketty yang sangat disayanginya.

Namun, tiba-tiba kucingnya meninggal, dan arwahnya merasuki tubuh Saras. Selain itu, merasuknya arwah kucing ini membuat Saras memiliki kekuatan untuk membasmi kejahatan yang biasanya disebabkan oleh Mister Black.

Baca Juga: Nilai Moral di Balik Film Superhero

6. Captain Tsubasa

acara 90-an-6.jpg

Anime lain yang menjadi favorit dan ditayangkan di era 90-an adalah Captain Tsubasa. Tayangan ini biasanya memang sangat dinantikan di sore hari.

Captain Tsubasa menceritakan Tsubasa Ozora, yang pindah sekolah ke SD Nankatsu, ia sangat gemar bermain sepak bola.

SD Nankatsu memiliki tim sepak bola, tetapi kemampuannya tidak cukup baik untuk meraih kemenangan di berbagai turnamen.

Tsubasa pun hadir sebagai sosok yang memberikan semangat dan arahan bagi timnya supaya bisa bermain dengan baik.

7. Ci...luk...ba!

acara 90-an-7.jpg

Tidak kalah menggemaskan dan ceria dari Agnes Monica, salah satu tayangan anak yang juga menyenangkan adalah "Ci...luk...ba!" yang dipandu oleh Maissy.

Punya konsep yang tidak jauh berbeda dengan acara Tralala... Trilili, acara Ci...luk...ba juga memutarkan lagu-lagu anak yang paling baru dan populer di masa itu.

Nah, itu dia Moms 7 tayangan anak di era 90-an yang seru dan bikin ingat masa-masa sekolah dulu. Acara mana yang saat itu paling dinantikan oleh Moms?

Artikel Terkait