2-3 TAHUN
15 April 2019

7 Aktivitas Untuk Mendukung Perkembangan Kognitif Balita

Meningkatkan kemampuan berpikir dan belajar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Moms, ingin buah hati tumbuh menjadi anak cerdas dan supel? Kalau iya, sebaiknya manfaatkan beberapa tahun awal kehidupan anak untuk melakukan aktivitas yang dapat mendukung perkembangan kognitif balita.

Kecerdasan kognitif sangatlah penting, karena berkaitan langsung dengan kemampuan nalar atau intelektual anak dalam hal kreativitas, berpikir, belajar, berkonsentrasi, serta berhubungan dengan lingkungan sekitarnya.

Yuk Moms, coba lakukan beberapa aktivitas sederhana dan menyenangkan ini untuk mendukung perkembangan kognitif balita:

1. Membereskan Barang

7 aktivitas untuk mendukung perkembangan kognitif balita 1
Marthastewart.com

Melibatkan balita dalam aktivitas membereskan rumah memang bisa membuat pekerjaan dilakukan jadi selesai lebih lambat ya, Moms?

Meski begitu, mengajarkan balita untuk menaruh barang pada tempat yang sesuai bisa membantu menumbuhkan tanggung jawab, membantu sesama, serta menjadi bagian dari sebuah keluarga.

Baca Juga : 5 Gaya Melamun Balita Yang Perlu Anda Ketahui

2. Tebak Suara

7 aktivitas untuk mendukung perkembangan kognitif balita 2
Brit.co

Mulai dari suara air mengalir hingga suara kicauan burung, sebenarnya ada banyak sekali suara di sekeliling balita yang bisa Moms manfaatkan sebagai aktivitas dukung kognitif balita.

Dengan mengajak balita mengenali suara yang ada di sekitarnya, Moms akan membantu si kecil mengerti hubungan antara suara dan objek berbeda yang ada di sekitarnya.

3. Berikan Pilihan

7 aktivitas untuk mendukung perkembangan kognitif balita 3
Losangeles.cbslocal.com

Memberikan balita pilihan sederhana seperti baju yang akan dipakai atau menu untuk makan malam bisa sangat bermanfaat untuk perkembangan kognitif balita lho, Moms.

Selain meningkatkan rasa percaya diri, aktivitas sederhana ini juga sangat membantu mengembangkan kemampuan balita dalam mengambil keputusan.

4. Berikan Pertanyaan

7 aktivitas untuk mendukung perkembangan kognitif balita 4
Teachbabytotalk.com

Ingin meningkatkan kemampuan berpikir serta mengsah daya ingat balita? Moms bisa mulai mengajukan pertanyaan sederhana yang akan mendorong balita untuk memutar otaknya, seperti:

  • “Apa saja yang harus kamu lakukan sebelum tidur?”
  • “Kenapa saat sedang naik mobil, tangan dan kepala tidak boleh keluar dari jendela?”
  • “Apa yang harus kamu katakan saat meminta sesuatu?”

Aktivitas dukung kognitif balita ini bisa membantunya mengerti cara kerja lingkungan di sekitarnya dengan lebih baik, si kecil bisa menjadi lebih mandiri dalam memecahkan masalah.

Baca Juga : Seru! 5 Ide Aktivitas Bermain Sambil Belajar Untuk Balita Disleksia

5. Melewati Rintangan

7 aktivitas untuk mendukung perkembangan kognitif balita 5
Aptparenting.com

Untuk mendukung perkembangan kognitif balita, Moms bisa sesekali menghalangi jalan yang akan dilalui balita dengan sebuah rintangan kecil, seperti tumpukan buku, keranjang baju kotor, dan semacamnya.

Aktivitas dukung kognitif balita ini akan membantu si kecil untuk belajar melewati rintangan dengan segala cara yang memungkinkan, agar dia bisa mencapai tujuannya.

Selain itu, koordinasi, keseimbangan, serta kemampuan motoriknya juga akan ikut terasah lho, Moms.

6. Berhitung

7 aktivitas untuk mendukung perkembangan kognitif balita 6
Familiesonline.co.uk

Untuk Moms yang sudah mengenalkan angka pada balita, coba manfaatkan berbagai benda di sekitar untuk mengasah kemampuan berhitung si kecil.

Mulai dari gelas yang ada di meja hingga orang yang ada di taman bermain, semuanya bisa Moms jadikan sebagai objek untuk belajar berhitung.

Setelah si kecil bisa berhitung dengan lancar, Moms juga bisa menambahkan elemen warna dan bentuk untuk meningkatkan kesulitannya.

7. Berkunjung Ke Tempat Menarik

7 aktivitas untuk mendukung perkembangan kognitif balita 7
Lakewinds.coop

Bepergian ke tempat baru ternyata menjadi bagian penting untuk mendukung perkembangan kognitif balita.

Untuk itu, Moms bisa mengajaknya berkunjung ke tempat dimana dia bisa belajar secara visual, seperti museum, pantai, bahkan pasar tradisional.

Mengenalkan berbagai hal baru di tempat yang menarik akan melebarkan persepsi serta pengetahuan balita, sekaligus membantunya belajar tentang banyak hal.

Baca Juga: Pentingnya Memberi Stimulasi Sejak Masih Bayi Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Secara rutin dan konsisten melakukan aktivitas dukung kognitif balita bukan hanya dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi, tapi juga dapat menguak bakat serta minat tersembunyinya.

Dari berbagai aktivitas di atas, mana yang sudah pernah Moms lakukan bersama si kecil?

(WA)

Artikel Terkait