BAYI
30 Januari 2020

7 Aktivitas yang Bermanfaat untuk Perkembangan Bayi 0-6 Bulan

Dukung perkembangan bayi Moms dengan aktivitas yang menyenangkan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Pada 6 bulan pertama merupakan saat yang tepat untuk merangsang perkembangan bayi, terutama panca inderanya. Moms bisa mendukung perkembangan Si Kecil pada 6 bulan pertamanya dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat.

Selain untuk menstimulasi perkembangan bayi, melakukan berbagai aktivitas seru bersama Si Kecil juga menawarkan manfaat lain. Robert Myers, Ph.D., seorang psikolog anak dari University of California, Irvine School of Medicine mengatakan bahwa berbagai aktivitas bersama bayi dapat menguatkan bonding orang tua dan anak.

Dikutip dari Kidshealth.org, bonding adalah hal yang pernting untuk dilakukan. Bonding yang kuat antara anak dan orang tua akan menumbuhkan rasa aman dan energi positif bagi Si Kecil.

respons orang tua terhadap bonding ini juga dapat memengaruhi perkembangan sosial dan kognitif anak.

Bahkan, Moms jadi bisa memantau perkembangan bayi dengan lebih saksama. Ini tentu akan memudahkan Moms untuk mengenali adanya perubahan, kemajuan, atau hambatan tertentu pada setiap tahap tumbuh kembang buah hati Moms.

Aktivitas untuk Perkembangan Bayi 0-6 Bulan

Yuk, Moms, coba aktivitas yang bermanfaat untuk perkembangan bayi usia 0-6 bulan berikut ini.

1. Sentuhan Lembut dan Manis

manfaat pijat bayi

Aktivitas untuk perkembangan bayi 0-6 bulan yang pertama adalah sentuhan lembut dan manis. Aktivitas ini bermanfaat untuk merangsang indera peraba bayi sekaligus mendukungnya untuk bereaksi terhadap stimulasi berupa sentuhan.

Sambil tersenyum atau tertawa, sentuh tangan, kaki, dahi, dan perut bayi dengan lembut. Perhatikan reaksi bayi saat disentuh dan apakah ia tampak menantikan sentuhan berikutnya. Moms juga bisa menggelitik pelan atau memijat bayi untuk mengamati apakah ia merasa geli atau justru tak nyaman.

Baca Juga: 4 Manfaat Pijat Untuk Bayi yang Perlu Moms Ketahui

2. Menyanyi

Shutterstock-864468884.jpg

Aktivitas untuk perkembangan bayi 0-6 bulan yang selanjutnya adalah menyanyi. Menyanyi atau bersenandung adalah cara yang tepat untuk melatih kemampuan mendengarkan bayi sekaligus merangsang indera pendengarannya.

Nyanyikan atau putar berbagai jenis lagu dan perhatikan bagaimana Si Kecil merespon nada dan alunan musik yang didengarnya. Moms juga bisa bernyanyi sambil menggerakkan kaki atau tangan bayi mengikuti irama lagu, seolah bayi sedang menari.

Baca Juga: Hobi Menyanyi Itu Menyehatkan

3. Berkenalan dengan Warna dan Bentuk

gantungan tempat tidur bayi childmags.com.au.jpg

Aktivitas untuk perkembangan bayi 0-6 bulan yang selanjutnya adalah berkenalan dengan warna dan bentuk. Untuk merangsang indera penglihatannya, kenalkan bayi pada berbagai warna dan bentuk benda. Aktivitas ini juga dapat membantu bayi agar lebih awas terhadap lingkungan di sekitarnya.

Pasang gantungan warna-warni di atas boks bayi atau tunjukkan buku bergambar yang penuh warna. Moms juga bisa mengajak bayi berjalan-jalan ke luar rumah atau taman. Sebut setiap benda atau warna yang terlihat seperti bunga warna merah atau kucing warna cokelat.

4. Mengenal Diri Sendiri

bayi bercermin howwemontessori.com.jpg

Aktivitas untuk perkembangan bayi 0-6 bulan yang selanjutnya adalah mengenal diri sendiri. Latih bayi untuk mengenali dirinya sendiri lewat cermin. Saat bercermin, bayi juga akan mengeksplorasi berbagai gerakan, ekspresi wajah, suara, atau sentuhan untuk melihat respon pantulan dirinya sendiri.

Moms juga bisa memotret Si Kecil dan tunjukkan fotonya sambil mengulang-ulang namanya. Lama-lama ia pun bisa mengenal dirinya sendiri dalam foto.

5. Bangun dan Duduk

perkembangan bayi duduk

Aktivitas untuk perkembangan bayi 0-6 bulan yang selanjutnya adalah bangun dan duduk. Dukung perkembangan gerak dan otot Si Kecil dengan melatihnya bangun dan duduk sendiri.

Menurut Roni Cohen Leiderman, Ph.D., pakar perkembangan dari Nova Southeastern University di Amerika Serikat sekaligus penulis buku Let's Play and Learn Together, otot bayi akan jadi makin kuat bila terus dilatih.

Nah, Moms bisa melatih bayi bangun dan duduk sendiri dengan menopangnya terlebih dahulu. Dalam posisi bayi berbaring telentang, topang punggung dan leher bayi dengan telapak tangan Moms. Arahkan dengan tangan Moms agar Si Kecil bangun seperti mau duduk.

Kalau sudah lebih lancar dan kuat, nanti Moms bisa membantu bayi bangun dengan menarik pelan kedua tangannya dari depan.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Duduk Secara Mandiri?

6. Meniru Gerakan atau Bunyi-bunyian

menirukan gerakan dan bunyi

Aktivitas untuk perkembangan bayi 0-6 bulan yang selanjutnya adalah meniru gerakan atau bunyi-bunyian. Yuk, bantu mengembangkan daya ingat dan koordinasi bayi dengan mengajaknya menirukan gerakan atau bunyi-bunyian yang Moms lakukan.

Beberapa gerakan yang bisa Moms coba yaitu bertepuk tangan, menyentuh mulut, dan menggerakkan kepala ke samping kanan dan kiri. Ulangi tersebut sampai bayi mengikuti Moms.

Moms juga bisa membuat bunyi-bunyian yang mirip dengan suara bayi seperti gumaman pelan. Bayi tentu jadi lebih semangat untuk belajar bicara jika ia merasa dimengerti.

7. Bermain Cilukba

cilukba

Aktivitas untuk perkembangan bayi 0-6 bulan yang selanjutnya adalah bermain cilukba. Selain menyenangkan, permainan ini dapat menstimulasi berbagai indera bayi sekaligus mendekatkan ikatan emosional Moms dan Si Kecil.

Mulailah dengan menyembunyikan wajah Moms dengan tangan atau selimut. Kalau bayi sudah berusia 4 bulan ke atas, Moms bisa bermain cilukba menggunakan mainan atau boneka Si Kecil.

Itulah beberapa aktivitas untuk perkembangan bayi 0-6 bulan yang bisa Moms lakukan di rumah. Selamat mencoba!

(IA/ERN)

Artikel Terkait