DI ATAS 5 TAHUN
12 Juni 2019

7 Alasan Anak Sulit Berkonsentrasi di Kelas

Penyebab anak sulit berkonsentrasi bisa datang dari luar dan dalam diri anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menurut Oxford Learning, prestasi yang rendah atau menurun, tidak termotivasi untuk sekolah, dan laporan guru kalau anak sering berulah di sekolah adalah beberapa tanda anak sulit berkonsentrasi di kelas.

Namun jangan buru-buru mencap anak sulit berkonsentrasi di kelas karena nakal atau memiliki kondisi attention deficit disorder (ADD) ya, Moms. Tanpa disadari, sebenarnya ada banyak alasan yang bisa membuat anak sulit berkonsentrasi di kelas.

Supaya Si Kecil bisa belajar lebih baik di kelas, Moms harus tahu dulu beberapa alasan anak sulit berkonsentrasi di kelas berikut ini.

Baca Juga: Cara Efektif Mengatasi Gangguan Konsentrasi Pada Anak

1. Rentang Perhatiannya Masih Pendek

7 Alasan Anak Sulit Berkonsentrasi Di Kelas 1.jpg

Foto: Inc.com

Alasan anak sulit berkonsentrasi di kelas yang pertama adalah rentang perhatiannya masih pendek. Anak kelas 1 SD umumnya sulit konsentrasi di kelas karena masih memiliki rentang perhatian yang pendek dan belum terbiasa hanya duduk diam saat guru menerangkan di depan kelas.

Dalam laporan yang dirilis oleh jurnal Neuroimage, disebutkan kalau rentang perhatian anak kelas 1 SD umumnya hanya sekitar 6 sampai 20 menit saja.

Itupun dengan catatan anak laki-laki memiliki rentang perhatian yang lebih pendek daripada anak perempuan ya, Moms.

2. Gaya Belajar

7 Alasan Anak Sulit Berkonsentrasi Di Kelas 2.jpg

Foto: Medium.com

Alasan anak sulit berkonsentrasi di kelas yang selanjutnya adalah gaya belajar. Sudah tahu kan Moms, kalau setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda?

Sistem belajar di sekolah Indoneia yang mengharuskan anak untuk fokus pada penjelasan guru di depan kelas mungkin masih cocok untuk anak dengan gaya belajar visual dan auditori.

Namun, bisa membuat anak dengan gaya belajar taktil dan kinestetik kurang paham dengan materi dan sulit konsentrasi belajar.

3. Pelajaran Tidak Sesuai dengan Tingkat Pemahaman Anak

7 Alasan Anak Sulit Berkonsentrasi Di Kelas 3.jpg

Foto: Allaboutvision.com

Alasan anak sulit berkonsentrasi di kelas yang selanjutnya adalah pelajaran tidak sesuai dengan tingkat pemahaman anak. Coba Moms perhatikan lagi tingkat pemahaman anak pada kurikulum yang diajarkan di sekolah.

Pasalnya, kesulitan mengikuti ritme dan kurikulum pelajaran di kelas bisa membuat anak sulit berkonsentrasi.

Sebaliknya, pelajaran yang terlalu mudah dan ritme belajar yang lambat di kelas akan terasa kurang menantang dan membuat Si Kecil cepat bosan dan malas menyimak.

Baca Juga: Penyebab Utama Anak Tidak Suka Belajar

4. Stres dan Kecemasan

7 Alasan Anak Sulit Berkonsentrasi Di Kelas 4.jpg

Foto: Irishtimes.com

Alasan anak sulit berkonsentrasi di kelas yang selanjutnya adalah strs dan cemas. Pikiran yang bercabang dan tidak tenang karena ada masalah keluarga, gangguan kesehatan, konflik dalam pergaulan, atau perubahan hidup juga bisa membuat anak sulit berkonsentrasi belajar sekolah.

5. Tidur Tidak Berkualitas

7 Alasan Anak Sulit Berkonsentrasi Di Kelas 5.jpg

Foto: Dailytelegraph.com.au

Alasan anak sulit berkonsentrasi di kelas yang selanjutnya adalah tidur tidak berkualitas. Anak moody, hiperaktif, dan sulit berkonsentrasi belajar di kelas juga bisa disebabkan oleh waktu tidur yang terlalu pendek atau tidak berkualitas.

Seperti rekomendasi American Academy of Pediatrics, anak berusia di atas 6 tahun sebaiknya tidur selama 9 sampai 12 jam setiap harinya supaya bisa lebih tenang, fokus, dan konsentrasi dalam belajar.

6. Pola Makan Kurang Sehat

7 Alasan Anak Sulit Berkonsentrasi Di Kelas 6.jpg

Foto: Understood.org

Alasan anak sulit berkonsentrasi di kelas yang selanjutnya adalah pola makan yang kurang sehat. Kekurangan gizi dan nutrisi akibat pola makan tidak sehat bukan hanya akan mengganggu kesehatan anak, tapi juga bisa membuatnya sulit konsentrasi belajar lho, Moms.

Seperti dijelaskan dalam situs Fast Forword, kondisi gula darah rendah bisa memperpendek rentang perhatian, membuat anak tidak berenergi, juga mengurangi fokus dan konsentrasi.

Sedangkan anemia akibat kekurangan zat besi akan membuat anak cepat lelah sehingga tidak bisa menyimak pelajaran dengan baik.

Baca Juga: Ajak Anak Belajar Sains Lewat 3 Permainan Ini

7. Gangguan Belajar

7 Alasan Anak Sulit Berkonsentrasi Di Kelas 7.jpg

Foto: C8sciences.com

Alasan anak sulit berkonsentrasi di kelas yang selanjutnya adalah gangguan belajar. Selain karena gangguan belajar disleksia, disgrafia, atau diskalkulia, anak juga bisa sulit konsentrasi belajar di kelas kalau memiliki kondisi seperti sensory processing disorder, auditory processing disorder, atau gangguan penglihatan dan pendengaran.

Itulah beberapa alasan mengapa anak sulit berkonsentrasi di kelas. Yang pasti, supaya prestasi anak membaik dan kembali semangat belajar Moms harus terlebih dahulu mengatasi akar permasalahannya.

Jangan ragu berdiskusi dengan anak dan minta bantuan psikolog supaya bisa segera diketahui alasannya ya, Moms.

Apa Moms tahu, bagaimana cara meningkatkan fokus dan konsentrasi anak di kelas?

(WA)

Artikel Terkait