KESEHATAN
9 Oktober 2020

7 Arti Mimpi Dikejar Orang Gila

Dikejar-kejar sesuatu memang dapat membuat takut, apalagi sampai masuk ke dalam mimpi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seberapa sering Moms atau Dads mendapatkan mimpi buruk? Berbeda dengan waktu kecil, mimpi buruk saat dewasa rasanya lebih realistis dan mungkin terjadi di kehidupan nyata, sehingga cukup membuat ketakutan dan pada kasus ekstrim, menciptakan kecemasan yang berlanjut.

7 Arti Mimpi Dikejar Orang Gila

Mimpi dikejar adalah salah satu tema mimpi yang paling umum dialami, entah itu mimpi dikejar orang gila, hewan, hantu, atau lainnya, yang terasa mengancam nyawa dan sangat menakutkan. Dalam mimpi dikejar sesuatu, sangat masuk akal untuk berlari dan bersembunyi dari kejaran apa yang kita takuti.

Dalam survei yang dilakukan Amerisleep pada 2000 responden, tema mimpi buruk yang paling umum secara berurutan adalah mimpi sedang terjatuh, mimpi dikejar sesuatu, sedang sekarat, sedang tersesat, dan mimpi sedang terperangkap.

Sebetulnya tidak aneh jika Moms dan Dads mencari arti mimpi dikejar orang gila, karena seperti beberapa tipe mimpi buruk, hal ini mungkin saja terjadi. Namun, adakah arti dibalik mimpi absurd ini?

Baca Juga: Ini Arti Mimpi Terbang, Lebih dari Ingin Merasa Bebas

1. Mekanisme Pertahanan Diri

Mimpi buruk adalah mekanisme pertahanan diri

Foto: Freepik.com

Dalam jurnal penelitian Consciousness and Cognition, terdapat teori simulasi ancaman dalam bermimpi yang digagaskan oleh Revonsuo. Teori ini menyatakan bahwa mimpi pada dasarnya adalah mekanisme pertahanan diri secara biologis yang kuno, dipilih secara evolusioner karena kemampuannya untuk berulang kali mensimulasikan peristiwa yang mengancam.

Simulasi ancaman ketika bermimpi melatih mekanisme kognitif yang diperlukan untuk persepsi ancaman yang efisien agar terhindar dari ancaman, yang kemudian mengarah pada peningkatan kemungkinan keberhasilan reproduksi selama evolusi manusia.

Salah satu hipotesis dalam penelitian yang mengacu pada teori ini adalah peristiwa ancaman di dunia nyata yang dihadapi seseorang selama bangun akan mengarah pada peningkatan aktivasi sistem pertahanan diri, sebuah respon simulasi ancaman, dan oleh karena itu, peningkatan frekuensi dan memburuknya peristiwa yang mengancam dalam mimpi.

Jika mengacu pada teori ini, maka arti mimpi dikejar orang gila bisa saja merupakan simulasi yang diciptakan alam bawah sadar untuk meningkatkan pertahanan diri, agar semakin waspada ketika berada dalam situasi yang rawan munculnya ancaman.

2. Sedang Menghindar Dari Sesuatu

Arti mimpi dikejar orang gila yang cukup aneh ini sebetulnya menandakan pikiran Moms atau Dads yang sedang menghindari suatu masalah di dunia nyata. Alam bawah sadar memberikan respon berupa mimpi dikejar orang gila sebagai contoh aksi yang Moms atau Dads ambil sebagai akibat dari tekanan, ketakutan, stres, atau situasi negatif lainnya. Mimpi ini mungkin juga berarti Moms atau Dads sedang berlari atau menghindari masalah yang tidak nyaman untuk diceritakan kepada orang lain atau sedang menunda pekerjaan dan dikejar deadline.

Jika mimpi dikejar ini terjadi beberapa kali, cobalah untuk mengingat dan memperhatikan jarak antara Moms atau Dads dengan si orang gila yang mengejar. Jarak ini adalah penanda seberapa dekat kalian dengan masalah yang sedang dihadapi.

Semakin dekat jaraknya, maka artinya masalah ini tidak akan segera pergi dengan sendirinya dan membutuhkan solusi. Sebaliknya, jika jaraknya berhasil semakin jauh, maka Moms atau Dads berhasil menemukan titik cerah dalam permasalahan di kehidupan nyata. Mimpi buruk ini seharusnya dapat hilang seiring dengan hilangnya masalah yang menggantung tersebut.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Teman Meninggal, Ternyata Tidak Selalu Menyedihkan

3. Sedang Memiliki Emosi yang Menggebu

Emosi yang tidak tersalurkan dapat memicu mimpi buruk

Foto: Freepik.com

Arti mimpi dikejar orang gila tidak serta merta melambangkan Moms atau Dads dikejar masalah nyata yang terjadi di dunia nyata. Orang gila atau si pengejar dapat mewakili emosi tertentu, seperti ketakutan dan kemarahan.

Semakin dalam dan intens emosi ini, semakin gila orang yang mengejar di dalam mimpi Moms dan Dads. Mungkin Moms atau Dads sedang memendam amarah yang tidak diluapkan karena satu dan lain hal, kemudian emosi ini terwujud dalam bentuk mimpi buruk.

Terkadang hanya membicarakan mimpi buruk kepada seseorang sudah cukup untuk menghilangkannya. Mimpi buruk bisa saja menjadi cara alam bawah sadar memberi sinyal bahwa ada beberapa masalah emosional atau psikologis yang perlu Moms atau Dads selesaikan.

4. Sedang Merasa Terpojok

Dalam mimpi, Moms atau Dads dikejar-kejar orang gila dan merasa harus melawan atau kabur segera. Namun, saat ingin bergerak untuk itu, tubuh Moms dan Dads terasa tidak bisa digerakkan, kaki terasa tak berdaya dan terjebak dalam situasi tersebut.

Arti mimpi dikejar orang gila hingga sulit bergerak ini dapat berarti Moms atau Dads sedang berada dalam kondisi yang terpojok, serba salah, atau sedang tidak punya pilihan.

Orang gila dalam mimpi dapat diartikan sebagai simbol masalah yang belum terselesaikan dan tidak dapat lari dari masalah ini, namun Moms atau Dads merasa tidak memiliki cara atau belum menemukan solusi untuk masalah ini.

Alam bawah sadar Moms dan Dads sedang mencoba untuk memberitahu cara menyelesaikan masalah yang sedang berada dalam pikiran. Cobalah untuk mencari tahu pokok permasalahannya dan mencari bantuan yang diperlukan agar masalah segera terpecahkan dan tidak menghantui kembali.

Baca Juga: Perbedaan Night Terror dan Mimpi Buruk Pada Anak

5. Merasa Tidak Aman

Mimpi buruk dapat muncul dipicu oleh rasa tidak aman

Foto: Freepik.com

Arti mimpi dikejar orang gila yang diartikan sebagai rasa takut diserang, yang biasanya cenderung dialami oleh wanita. Orang gila di dalam mimpi dapat diartikan sebagai wujud sesuatu yang ditakuti dan terus mengejar-ngejar untuk menyakiti.

Perasaan takut diserang ini dapat muncul dari keadaan lingkungan, berita yang didapat, dan menerima informasi kekerasan yang dialami oleh orang lain. Mimpi buruk seperti ini biasanya lebih sering dialami oleh wanita yang tinggal di area perkotaan, atau seseorang yang mengalami trauma tertentu.

6. Mengajak Untuk Melangkah Maju

Terkadang arti mimpi dikejar orang gila, atau lainnya, juga dapat bermakna bahwa Moms atau Dads sedang dalam posisi yang ragu untuk melangkah atau mengambil keputusan menuju sebuah tujuan.

Jika Moms dan Dads memiliki sebuah goal atau tujuan yang belum tercapai dan ditunda-tunda karena takut membuat perubahan, mungkin inilah cara alam bawah sadar mengingatkan untuk maju melangkah agar tujuan dapat tercapai.

7. Memiliki Trauma

Mimpi buruk juga dapat dipicu oleh trauma

Foto: Freepik.com

Terkadang arti mimpi dikejar orang gila tidak selalu memiliki makna figuratif atau simbolis, namun memang Moms atau Dads pernah mengalaminya dan menjadi trauma. Walaupun hanya dalam bentuk mimpi, seseorang yang memiliki trauma tetap harus ditangani serius karena hidupnya selalu dibayangi ketakutan.

Mimpi yang memperlihatkan reka ulang kejadian di dunia nyata, hanyalah membuat trauma kembali korbannya, sehingga traumanya tidak kunjung hilang. Ketakutan kita pada sesuatu, membuat otak terus bekerja agar kita tetap waspada, kemungkinan inilah yang menyebabkan mimpi buruk terus berlanjut.

Jika mimpi buruk ini menimbulkan dampak negatif lanjutan terhadap kesehatan mental Moms atau Dads, sangat disarankan menemui ahli untuk mendapatkan perawatan yang efektif.

Baca Juga: Perbedaan Night Terror dan Mimpi Buruk Pada Anak

Mengatasi Mimpi Buruk

Mengidentifikasi penyebab dapat mengatasi mimpi buruk

Foto: Freepik.com

Lelah mencari arti mimpi dikejar orang gila hingga merasa tidur tidak tenang? Mimpi buruk yang sesekali muncul mungkin hanya membuat kaget dan tidak memberikan dampak berkelanjutan yang berarti.

Namun, jika mimpi buruk seperti ini terus berulang dan Moms atau Dads menjadi takut untuk tidur atau muncul perasaan gelisah terus menerus, maka mimpi buruk ini harus segera diatasi, karena dapat mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Sebagai langkah awal, cobalah untuk mengidentifikasi penyebab mimpi buruk ini.

Mimpi dikejar orang gila bisa saja muncul sebagai salah satu gejala kurangnya kualitas tidur Moms atau Dads. Mengevaluasi kebiasaan tidur dan gaya hidup secara keseluruhan mungkin dapat membantu.

Misalnya saja, jika Moms dan Dads terbiasa meminum kopi atau alkohol setiap hari, terutama sebelum tidur, cobalah untuk menguranginya dan ganti dengan air putih. Tambahkan juga jumlah olahraga seperti aerobik yang mampu membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan jumlah oksigen dalam darah. Teknik relaksasi sebelum tidur seperti yoga, menambahkan wewangian aroma terapi, atau meditasi, juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur agar lebih baik.

Baca Juga: 6 Penyebab Sering Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya

Jika mimpi buruk masih berlanjut, mungkin sudah saatnya Moms atau Dads berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mencari penyebab utamanya.

Mimpi buruk yang menetap di pikiran walau sudah terbangun, tidak hanya menjadi masalah emosional, tetapi juga menyebabkan kecemasan dan akhirnya mengganggu kegiatan sehari-hari. Semoga mimpi buruk Moms dan Dads tidak terulang lagi, ya!

Artikel Terkait