GAYA HIDUP
19 September 2019

7 Bahan Alami untuk Bantu Sembuhkan Scabies

Bahan alami sifatnya hanya membantu penyembuhan scabies saja, bukan sebagai obat keseluruhan
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Scabies adalah penyakit kulit umum yang disebabkan oleh tungau atau kutu gatal pada manusia.

Penyakit scabies terjadi ketika tungau menggali ke dalam lapisan atas kulit untuk hidup dan makan.

Ketika kulit manusia bereaksi terhadap tungau, ruam gatal pun timbul. Tungau ini sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan mata saja.

“Kebanyakan orang mendapatkan scabies dari kontak langsung kulit ke kulit. Tapi mungkin juga scabies menular dari tempat tidur, pakaian, atau furnitur,” ungkap dr. Joshua Zeichner, MD, FAA, asisten profesor dermatologi di Ichan School of Medicine di Mount Sinai, New York.

“Karena scabies menular, penyakit ini sangat mudah menyebar di antara anak-anak, ibu dengan anak kecil, dan para penghuni panti jompo,” lanjut dr. Zeichner.

Nah, scabies ini bisa saja diobati dengan bahan-bahan alami. Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan alami ini sifatnya hanya untuk membantu proses penyembuhan saja.

Untuk kesembuhan total, Moms tetap harus mengonsumsi obat dari dokter, ya. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa membantu kesembuhan scabies.

1. Minyak Tea Tree

minyak tea trea sembuhkan scabies.jpg

Minyak tea tree adalah minyak esensial yang terkenal bisa jadi salah satu penyembuh alami scabies. Dalam beberapa penelitian, ditunjukkan bahwa minyak ini efektif dalam mengobati scabies.

Tapi, untuk membasmi telur-telur tungau yang jauh terkubur di dalam kulit, minyak tea tree belum terbukti efektif.

Minyak ini punya sifat antibakteri, anti-inflamasi, acaricidal (mampu membunuh tungau), dan antipruritic (mengurangi rasa gatal).

Namun, Moms tidak bisa hanya menggunakan minyak tea tree saja untuk kesembuhan scabies.

Minyak ini cukup digunakan sebagai bahan alami yang membantu proses kesembuhan, disertai obat-obatan yang sudah Moms dapatkan dari dokter.

Minyak ini bisa didapatkan di apotek atau secara online. Bagi Moms yang punya alergi dengan minyak tea tree, sebaiknya tidak menggunakan minyak ini untuk perawatan scabies dan cari alternatif lain.

Baca Juga: Cara Membuat DIY Cuka Apel untuk Membasuh Rambut

2. Neem

Minyak neem, sabun neem, dan krim neem bisa sangat berguna sebagai alternatif pengobatan untuk scabies.

Neem atau nimba adalah salah satu herbal dari India yang sudah digunakan secara turun temurun dalam ilmu pengobatan Ayurweda (salah satu ilmu pengobatan di India). Daun neem punya kandungan anti-inflamasi, antibakteri, dan analgesik.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh College of Forestry, Sichuan Agricultural University, China, menyebutkan bahwa komponen aktif dalam daun neem bisa membunuh tungau scabies ketika dites laboratorium.

Penelitian lain dari Zoology Department, Cairo University, Mesir, juga menyebutkan bahwa menggunakan sampo ekstrak daun neem berhasil menyembuhkan scabies pada anjing yang terinfeksi.

Sebagian besar dari 10 anjing yang diteliti menunjukkan peningkatan setelah tujuh hari. Setelah 14 hari menggunakan sampo, delapan anjing benar-benar sembuh dan dua anjing lain hanya memiliki sisa beberapa tungau.

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut pada manusia, tapi daun neem sangat patut dicoba, Moms.

3. Lidah Buaya

Masker wajah alami kulit jerawat - masker lidah buaya.jpg

Gel lidah buaya punya efek penyembuhan yang menenangkan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Gel ini juga bisa mengurangi gatal dan menghilangkan scabies.

Sebuah studi dari Department of Paediatrics and Child Health, Obafemi Awolowo University, Nigeria menemukan bahwa gel lidah buaya sama ampuhnya dengan benzyl benzoate (pengobatan resep umum) dalam mengobati scabies. Penelitian ini tidak mencatat adanya efek samping.

Apabila Moms mau menggunakan gel lidah buaya untuk mengobati scabies, pastikan Moms membeli gel lidah buaya yang murni tanpa zat tambahan apapun.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

4. Cabai Rawit

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan hal ini, tetapi beberapa orang percaya kalau cabai rawit bisa mengobati scabies secara efektif, lho Moms.

Capsaicin, senyawa yang terkandung dalam cabai rawit membuat kulit jadi peka ketika diaplikasikan langsung. Senyawa ini bisa membantu meringankan beberapa rasa sakit dan gatal terkait scabies.

Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa krim yang mengandung krim yang mengandung capsaicin efektif menguranagi nyeri jaringan lunak kronis saat orang menggunakannya selama tiga minggu.

Tapi, jangan lupa konsultasikan dulu dengan dotker dan lakukan tes kulit untuk melihat adanya efek alergi atau tidak.

5. Minyak Cengkeh

antioksidan cengkeh

Minyak cengkeh punya sifat antimikroba, anestesi, dan antioksidan yang berkontribusi terhadap penyembuhan scabies. Minyak ini juga merupakan insektisida yang efektif.

Sebuah studi yang dilakukan beberapa peneliti dengan judul Acaricidal Activity of Eugenol Based Compounds against Scabies Mites melakukan penelitian pada sekelompok babi dan kelinci.

Hasilnya, minyak ini sangat efektif untuk mengobati scabies pada subjek yang diteliti, dibandingkan dengan minyak-minyak lainnya.

Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang dampak minyak cengkeh pada scabies di tubuh manusia, tetapi patut dicoba, Moms.

6. Kunyit

Salah satu bahan alami lain yang bisa membantu kesembuhan scabies berjalan cepat adalah kunyit.

Walaupun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya, tetapi banyak orang percaya bahwa kunyit bisa secara efektif menyembuhkan scabies.

Namun, menggunakan kunyit saja tidak akan menyembuhkan scabies secara total. Masih diperlukan bantuan pengobatan lainnya.

Baca Juga: Selain Buah Zuriat, 7 Buah Ini Juga Bagus untuk Program Hamil

7. Minyak Esensial

minyak esensial sembuhkan scabies.jpg

Moms, minyak esensial juga bisa dijadikan bahan alami untuk mengobati scabies, lho. Walaupun penelitian-penelitian ini hanya berdasarkan pengamatan, tapi berikut ini minyak esensial yang direkomendasikan untuk mengobati scabies:

  • Lavender
  • Thyme
  • Peppermint
  • Biji adas manis
  • Sereh
  • Jeruk
  • Pala

Moms, itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu pengobatan scabies.

Perlu diingat, menyembuhkan scabies tidak hanya bisa dengan bahan-bahan alami, tetapi harus juga menggunakan perawatan medis. Bahan-bahan alami ini sifatnya hanya membantu mempercepat penyembuhan saja.

(SR/ERW)

Artikel Terkait