KESEHATAN
20 Februari 2020

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata, Efektif!

Munculnya kantung mata tidak bisa dihindari, siapkan beragam amunisi alami untuk mengatasinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Apakah jam tidur Moms berkurang karena sedang hamil atau sedang mengurus Si Kecil yang baru lahir? Coba, deh, Moms perhatikan daerah sekitar mata. Kurang tidur dapat menyebabkan munculnya kantung mata.

Selain itu, kantung mata juga dapat terjadi karena alergi atau makanan asin yang memicu meningkatnya cairan. Genetik dan bertambahnya usia pun bisa menyebabkan kantung mata. Namun kedua penyebab ini memang sulit untuk dihilangkan sama sekali.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata

Nah, untuk penyebab lainnya, Moms dapat menghilangkan kantung mata dengan berbagai bahan alami, lho! Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Air

bahan alami untuk mengatasi kantung mata - air.jpg

Cara termudah untuk menghilangkan kantung mata atau mata bengkak adalah dengan minum air putih.

“Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi adalah hal termudah yang dapat dilakukan untuk kesehatan dan kecantikan secara keseluruhan, termasuk menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam,” ujar Kimberly Snyder, Council Member Well + Good dan ahli nutrisi.

2. Mentimun

bahan alami untuk mengatasi kantung mata - cucumber.jpg

Menggunakan irisan mentimun di mata adalah perawatan klasik untuk menghilangkan kantung mata yang telah digunakan orang sejak lama! Mentimun memiliki sifat astringen alami yang dapat mengecilkan pembuluh darah dan membantu mengurangi bengkak dan peradangan pada mata.

Moms cukup meletakkan irisan mentimun tipis di atas masing-masing kelopak mata tertutup dan biarkan selama setidaknya 15 menit. Ini akan jadi cara yang efektif untuk mencerahkan kulit di sekitar mata dan juga dapat membuat mata rileks!

3. Kentang

Kentang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan kantung mata. Moms dapat mengupas dan memarut kentang mentah terlebih dahulu. Tekan kentang dengan ulekan atau bagian bawah gelas minum sampai membentuk tapal. Oleskan ke mata dan biarkan selama 15 menit.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

4. Teh Celup

bahan alami untuk mengatasi kantung mata - teh celup.jpg

Teh celup tidak hanya bisa diseduh dan dinikmati, tapi juga bisa untuk meredakan kantung mata! Teh celup mengandung tanin yang bisa sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam.

Penelitian yang diterbitkan Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menemukan bahwa teh hijau memiliki potensi efek anti-inflamasi.

Kelembaban dari kantong teh ternyata juga dapat membantu merehidrasi dan mencerahkan kulit di sekitar mata, lho, Moms! Cukup seduh dua kantong teh hijau atau teh hitam, lalu biarkan kantong teh menjadi dingin di lemari es.

Setelah dingin, letakkan kantong teh di atas setiap mata dan biarkan selama sekitar 15 menit.

5. Makan Lebih Banyak Seledri, Aspagus, dan Pisang!

Semua bahan tersebut menyeimbangkan elektrolit penting seperti kalium dalam tubuh.

"Kalium dapat mengontrol kadar cairan dalam tubuh untuk mengurangi bengkak di sekitar mata Anda, yang memperburuk lingkaran hitam. Selain itu, dapat menambahkan serat sehat dan nutrisi kecantikan,” ungkap Kimberly Snyder.

Baca Juga: Ssstt... Ternyata, Ini 5 Manfaat Madu untuk Anak

6. Susu

bahan alami untuk mengatasi kantung mata - susu.jpg

Susu memiliki efek mencerahkan pada kulit yang bisa sangat membantu ketika ada kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Moms dapat mengaplikasikan susu dengan menuangkannya sedikit pada bola kapas lalu tempelkan pada kulit di sekitar mata.

Biarkan mengering selama sekitar 30 menit, lalu bilas susu dengan air hangat.

7. Telur dan Lemon

bahan alami untuk mengatasi kantung mata - telur dan lemon.jpg

Telur dan lemon kerap digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit, termasuk meredakan kantung di bawah mata. Telur memiliki efek pengetatan pada kulit dan jus lemon memiliki efek mencerahkan.

Ketika dikombinasikan, kedua bahan alami tersebut membuat daerah sekitar mata jadi lebih baik! Campurkan satu putih telur dengan 3-5 tetes jus lemon.

Rendam dua bola kapas ke dalam campuran telur dan lemon. Peras, lalu tempatkan bola kapas yang basah di atas mata. Diamkan selama sekitar 10 menit. Bilas dan bersihkan dengan air dingin.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

Bagaimana Moms, sudah merasa sebal dengan kantung mata yang tampak semakin besar? Yuk, coba berbagai bahan alami di atas untuk menghlangkannya, ya!

(DI/ERN)

Artikel Terkait