KEHAMILAN
20 November 2019

7 Cara Agar Cepat Melahirkan, Simak di Sini!

Penting untuk menjaga tubuh tetap sehat selama hamil
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi para ibu yang sedang hamil tua atau sebentar lagi akan melahirkan, membayangkan proses persalinan saja mungkin sudah takut, terlebih lagi jika ini merupakan persalinan pertama.

Makanya Moms mungkin bertanya-tanya, bagaimana sih proses melahirkan yang cepat, agar tidak perlu berlama-lama di ruang bersalin?

Hal ini mungkin terpikirkan karena mendengarkan berbagai cerita menakutkan mengenai proses persalinan atau tahapan persalinan yang harus dilalui. Tapi jangan khawatir Moms, untuk Moms yang mungkin sebentar lagi akan melahirkan, di bawah ini ada beberapa cara agar cepat melahirkan. Apa saja? Simak yuk!

Baca Juga: Mengenal Gentle Birth Sebagai Alternatif Metode Melahirkan

1. Sehat dan Bugar

melahirkan dengan cepat

Semua ibu hamil yang bugar dan sehat cenderung akan memiliki proses melahirkan yang lebih cepat.

“Kebugaran akan meningkatkan daya tahan. Jika tubuh Moms cenderung lebih mampu mentolerir persalinan, maka cenderung tidak memerlukan intervensi medis,” jelas Tekoa King, bidan bersertifikat dan profesor kebidanan dan ginekologi dari University of California, San Francisco (UCSF).

Kita bisa mulai dari hal-hal kecil seperti berjalan kaki secara teratur, berenang, atau melakukan latihan kehamilan. Tapi tentu saja, setiap ibu berbeda jadi jangan lupa berkonsultasi dulu dengan bidan atau dokter kandungan ya.

2. Ikut Kelas Persalinan

melahirkan dengan cepat

Membiasakan diri dengan tahapan persalinan dan mempraktikkan langkah-langkah kenyamanan sebelum persalinan besar akan membantu Moms untuk merasa lebih rileks.

“Selain itu, juga sangat membantu agar bisa melahirkan dengan cepat, tanpa rasa cemas berlebihan,” kata Robert Stern, ketua kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Vassar Brothers, di Poughkeepsie, New York .

Cari kelas kecil (dengan kurang dari sepuluh pasangan), instruktur bersertifikat, dan tujuan yang sesuai dengan keinginan kita.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Atasi Cedera Saat Olahraga Setelah Melahirkan

3. Cari Dukungan Terbaik

melahirkan dengan cepat

Idealnya, pasangan kita pasti akan terus berada di samping kita selama persalinan, tetapi itu mungkin tidak cukup. Saat melahirkan, kita membutuhkan lebih banyak dukungan dari teman atau anggota keluarga lain.

Agar bisa melahirkan dengan cepat, bahkan mungkin juga membutuhkan seorang doula, tenaga profesional terlatih yang membantu seorang wanita melalui persalinan.

Menurut penelitian di the Journal of Perinatal Education, ibu hamil yang didukung oleh doula jauh lebih kecil kemungkinannya membutuhkan operasi caesar atau epidural. Ibu hamil yang didukung oleh doula akan melahirkan dengan cepat, daripada mereka yang tidak.

4. Fokus pada Hal Lain

Untuk ibu yang melahirkan pertama kali, seluruh proses persalinan dapat memakan waktu sekitar 12-14 jam. Jadi ketika kontraksi mulai, cobalah untuk tetap tenang.

Menghitung kontraksi dapat membantu lebih rileks dan ada baiknya mencoba dan memusatkan perhatian pada kegiatan lain. Cobalah memikirkan hal-hal yang menenangkan seperti liburan, kenangan indah atau cobalah bermeditasi. Semakin rileks, maka semakin besar kemungkinan melahirkan dengan cepat.

Baca Juga: 4 Manfaat Luar Biasa Menyusui Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

5. Makan Camilan Ringan

melahirkan dengan cepat

Camilan ringan pada tahap awal saat Moms masih di rumah akan membantu menjaga asupan energi. Tetapi hindari makanan berlemak atau yang sulit dicerna, karena perut terlalu penuh bisa membuat Moms merasa mual dan menyebabkan muntah selama tahap-tahap persalinan.

Kontraksi otot dan pernapasan cepat selama persalinan juga dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dengan cepat, jadi pastikan Moms minum cukup air putih juga.

6. Mandi Air Hangat

melahirkan dengan cepat

Rasa sakit akibat kontraksi akan menegangkan dan mengeraskan otot-otot di seluruh tubuh, yang akhirnya akan membuat kita merasa sangat tidak nyaman.

“Mandi air hangat dapat mengurangi rasa ketidaknyamanan tersebut,” jelas Dr. Marcie Richardson, dokter kandungan di Harvard Vanguard Medical Associates. Cobalah untuk mengarahkan kepala pancuran ke arah punggung dan pinggang.

Baca Juga: Water Birth, Metode Melahirkan dalam Air

7. Pijat Perlahan

melahirkan dengan cepat

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di bawah Journal Expert Review of Gynecology and Obstretics, ibu hamil yang dipijat sebelum persalinan akan mengalami lebih sedikit rasa sakit dan kecemasan saat melahirkan, sehingga bisa membantu melahirkan dengan cepat.

Itu dia Moms, beberapa cara agar bisa melahirkan dengan cepat. Tentu Moms ingin mencoba bukan?

Artikel Terkait