KESEHATAN
19 Juni 2019

7 Cara Alami Mengobati Sariawan yang Bisa Dicoba

Bisa langsung sembuh dengan bahan-bahan berikut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Semua orang sepertinya pernah mengalami sariawan, baik itu di pipi bagian dalam, bibir, atau lidah. Berada di mana pun, sariawan tetaplah menimbulkan rasa tidak nyaman hingga bikin males makan dan berbicara. Jika sudah begini, Moms pasti bingung mencari obatnya.

Moms, sariawan ternyata tidak harus selalu disembuhkan dengan obat lho. Banyak juga cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati sariawan. Dengan cara ini, sariawan tidak akan betah lama dan langsung hilang.

Nah, penasaran apa saja cara alami yang untuk mengobati sariawan? Cari tahu yuk Moms!

1. Kompres dengan Teh Chamomile

shutterstock 249194122

Chamomile ternyata punya fungsi juga sebagai obat herbal untuk meredakan sariawan.

Bahan yang terkandung dalam chamomile bernama lovemenol ternyata bisa mengatasi peradangan seperti sariawan. Bahan ini juga ternyata mampu membersihkan racun dan kotoran di mulut.

Caranya sangat mudah lho. Mom hanya perlu membungkus teh chamomile kering dengan handuk lembut. Rendam handuk tersebut dengan air dingin selama 5 menit, lalu angkat.

Kompreskan handuk tersebut di bagian yang mengalami sariawan. Lakukan treatment ini sebanyak tiga kali sehari untuk meredakan sariawan lebih cepat.

2. Beri Tetesan Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa

shutterstock 478637302

Tetesan minyak zaitun dan minyak kelapa ternyata bisa juga lho menyembuhkan sariawan. Minyak zaitun bisa menyembuhkan peradangan dan menghilangkan kuman dan penyakit di mulut.

Adapun minyak kelapa bisa meredakan peradangan dengan melunakkan sariawan dan mencegah bakteri bersarang di mulut.

Untuk penyembuhan dengan minyak zaitun, Moms hanya perlu mencampur beberapa tetes minyak zaitun dengan air mineral lalu diaduk hingga tercampur rata. Semprotkan pada area yang terkena sariawan.

Jika Moms yang tertarik menggunakan minyak kelapa, bisa langsung meneteskan minyak kelapa murni pada kapas dan menepuk-nepuknya ke area sariawan.

Baca Juga : Memangnya Gusi Bisa Sariawan? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

3. Olesi dengan Madu Murni

shutterstock 764193367

Kalau cara yang satu ini pasti disukai banyak orang, yakni dengan menggunakan madu murni. Madu murni manjur untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sariawan.

Madu punya kandungan antioksidan yang akan menangkal radikal bebas. Selain itu, madu juga mengandung bahan alami yang bisa membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan sariawan.

Caranya mudah saja Moms. Oleskan madu langsung ke area sariawan. Lakukan 2-3 kali sehari untuk hasil optimal.

4. Bilas dengan Gel Lidah Buaya

shutterstock 394716478

Gel lidah buaya akan membuat sariawan menjadi lebih dingin sehingga sakit yabg dirasakan berkurang. Gel lidah buaya mengandung bahan aktif yang mampu membunuh kuman dan bakteri di mulut.

Caranya, Moms tinggal ambil lidah buaya segar, ambil gelnya, dan campurkan dengan air mineral. Oleskan campuran ini pada area sariawan, biarkan beberapa saat, lalu berkumur.

5. Konsumsi Yoghurt

shutterstock 386724766

Cara enak lain untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Yoghurt punya kandungan bahan alami yang mampu melawan bakteri penyebab sariawan.

Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt akan menjaga sariawan agar tidak semakin parah. Moms juga bisa menambahkan madu murni ke dalam yogurt untuk mendapatkan manfaat madu.

6. Olesi dengan Pasta Cabai

shutterstock 655601596

Ada cara enak, ada juga cara yang tidak enak Moms, apalagi untuk orang-orang yang tidak tahan pedas. Ya, pasta cabai ternyata bisa juga menyembuhkan sariawan.

Cabai punya kandungan spesial yang bernama capsaicin. Kandungan tersebut punya kemampuan untuk menyembuhkan sariawan.

Saat dioleskan pada area sariawan, rasa panas dan pedas pasti akan muncul. Tapi, konon itulah yang membuat sariawan bisa sembuh lebih cepat.

Untuk membuat pasta cabai, Moms perlu mencampur satu sendok teh cabai bubuk dengan satu sendok teh air. Gunakan kapas atau cotton bud untuk mengaplikasikannya.

Tahan selama 2 menit sebelum dilepaskan. Lakukan beberapa kali sampai sariawan membaik.

7. Berkumur dengan Air Garam

shutterstock 282501269

Garam merupakan salah satu bahan yang mampu menyembuhkan sariawan. Alkalin yang terkandung dalam garam bisa mengusir bakteri dan kuman dari luka sariawan.

Moms hanya perlu mencampurkan garam dengan air mineral lalu digunakan untuk kumur-kumur rutin selama 1-2 hari.

Itulah tujuh cara alami untuk menyembuhkan sariawan. Cara mana yang pernah Moms coba? Share Yuks!

(AND)

Artikel Terkait