DI ATAS 5 TAHUN
28 April 2019

7 Cara Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Tak perlu beli obat, cukup manfaatkan bahan-bahan dapur berikut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Akhir-akhir ini cuaca semakin tidak menentu ya, Moms? Setelah panas yang terik, tiba-tiba turun hujan hingga keesokan harinya. Perubahan ini membuat banyak orang rentan sakit, apalagi anak-anak. Salah satu penyakit yang sering muncul adalah radang tenggorokan.

Saat Si Kecil terkena penyakit yang satu ini, rasa tidak nyaman pada tenggorokan akan membuatnya malas makan. Padahal nutrisi yang tepat dan cukup sangat dibutuhkan agar ia cepat sembuh.

Tentunya akan selalu ada dokter dan obat-obatan yang dapat menyembuhkan penyakit ini.

Baca Juga : Tak Perlu Obat, Ini 6 Cara Alami Mengatasi Batuk dan Flu Saat Hamil

Namun, jika ada alternative home remedies atau obat alami, tidak ada salahnya dicoba kan, Moms? Selain Moms dapat membuatnya sendiri di rumah, Si Kecil juga tidak mendapat banyak asupan kimia dari obat-obatan. 

Nah, berikut beberapa cara alami yang dapat Moms coba untuk meredakan radang tenggorokan pada Si Kecil.

1. Madu dan Lemon

shutterstock 156284285

Lemon dapat membantu melancarkan pencernaan dan sumber vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, madu memberikan lapisan ada tenggorokan sehingga Si Kecil bisa makan dengan lebih nyaman. Rasanya yang manis juga pasti disukai oleh Si Kecil.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, satu sendok makan madu memiliki efek lebih baik untuk meredakan radang tenggorokan, dibanding dengan obat batuk.

Untuk menyajikannya, campur 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan lemon. Hangatkan campuran tersebut dan berikan pada Si Kecil sekitar 1 sendok teh. Simpan campuran dan berikan 2-3 kali dalam sehari.

Namun, perlu diingat bahwa madu tidak boleh diberikan pada anak yang berusia kurang dari 1 tahun ya, Moms.

Baca Juga : 4 Bahan Alami Ini Bisa Menjadi Obat Diare, Patut Dicoba!

2. Garam dan Air

shutterstock 282501269

Campuran garam dan air adalah salah satu cara alami yang sudah digunakan sejak zaman dulu untuk meredakan radang tenggorokan. Garam, yang tentu Moms punya di dapur, ternyata berfungsi sebagai anti bakteri!

Campur air hangat dan tambahkan setengah sendok teh garam. Minta Si Kecil untuk berkumur dengan campuran tersebut sebanyak  5-6 kali dalam sehari.

Baca Juga : Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Atasi Dengan 7 Cara Alami Ini

3. Pisang

shutterstock 269712092

Pisang adalah asupan yang tepat untuk penderita radang tenggorokan karena buah yang satu ini lembut dan tidak mengandung asam.

Karena itu, buah ini cocok untuk tenggorokan Si Kecil yang sedang sensitif. Pisang juga mengandung vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. 

4. Jahe

shutterstock 127542449

Jahe ternyata tidak hanya membuat makanan lebih sedap lho, Moms. Jahe mengandung anti bakteri dan anti inflamasi yang membantu meredakan nyeri di tenggorokan. Sebuah penelitian juga menunjukkan ekstrak jahe dapat membantu membunuh bakteri penyebab penyakit.

Sajikan jahe sebagai minuman hangat. Jika Si Kecil merasa jahe terlalu pedas, tambahkan madu atau gula sebagai pemanis agar ia lebih semangat meminumnya.

Baca Juga : Ini Dia Cara Mengatasi Flu Tanpa Minum Obat

5. Yogurt

shutterstock 1016833429

Dengan mengonsumsi yogurt, bakteri baik dalam tubuh akan bertambah, sehingga proses penyembuhan tubuh akan berjalan lebih cepat.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, berikan yogurt pada Si Kecil dan biarkan selama 30 menit. Hindari memberinya makanan dan minuman lain selama periode tersebut.

Hal ini akan membantu bakteri baik bekerja lebih maksimal dan membuat tenggorokan Si Kecil menjadi lebih nyaman.

6. Bawang Bombay

shutterstock 753583324

Selain membuat masakan menjadi lebih sedap, ternyata bawang bombay juga dapat meredakan radang tenggorokan.  Ada kandungan alami anti bakteri dan antiseptik yang terdapat dalam bawang bombay.

Berikan 1 sendok teh bawang bombay yang sudah diolah menjadi jus dan berikan pada Si Kecil pagi hari ketika perutnya masih kosong. Pilihan lain adalah mencampur jus bawang dengan segelas air dan minta Si Kecil berkumur dengan campuran tersebut.

Baca Juga : 8 Obat Sakit Kepala dari Bahan Alami

7. Bawang Putih

shutterstock 1049144981

Seperti bawang bombay, bawang putih juga memiliki kandungan anti bakteri. Hancurkan beberapa buah bawang putih, kemudian rebus dalam air mendidih selama 10 menit. Saring rebusan tersebut dan berikan pada Si Kecil untuk diminum.

Nah, selamat mencoba ya Moms, semoga Si Kecil lekas sembuh!

(HIL)

Sumber : parentinghealthybabies.com, parents.com

Artikel Terkait