DI ATAS 5 TAHUN
13 April 2020

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif

Cukup tidur dan bebas stres juga penting untuk daya tahan tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Meningkatkan daya tahan tubuh anak sebenarnya bisa dilakukan dengan melakukan sedikit perubahan dalam rutinitas dan kebiasaan sehari-hari kok, Moms.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, si anak aktif bisa menjalankan segudang aktivitasnya tanpa harus sering diganggu oleh sakit. Terutama di musim pancaroba saat banyak penyakit yang mengintai.

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Yuk Moms, coba lakukan berbagai cara berikut untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

1. Jalankan Pola Makan Seimbang

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif 1.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut sebuah studi yang dilansir oleh National Institutes of Health, menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang adalah kunci untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Pola makan Si Kecil sebaiknya diisi dengan karbohidrat kompleks, protein, serta buah dan sayuran supaya kebutuhan mikronutrien, antioksidan, dan vitamin D yang penting bagi daya tahan tubuhnya terpenuhi.

Baca Juga: Anak Sering Sakit, Coba Moms Atasi dengan 5 Pola Makan Ini

2. Perbanyak Asupan Probiotik

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif 2.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut praktisi kedokteran fungsional Dr. William Cole, meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung probiotik juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mendorong lebih banyak produksi antibodi alami dalam tubuh, probiotik juga dibutuhkan untuk melindungi kesehatan jantung dan pencernaan, mengurangi reaksi alergi dan asma, serta menjaga berat badan anak tetap ideal.

3. Tidak Sembarangan Minum Antibiotik

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif 3.jpg

Foto: Freepik.com

Harus diakui, sampai saat ini masih banyak orang tua yang terburu-buru memberikan antibiotik tanpa resep dokter supaya Si Kecil segera sembuh dari sakit.

Padahal, konsumsi antibiotik yang tidak tepat sebenarnya malah akan membuat bakteri lebih resisten terhadap antibiotik sehingga penyakit sulit disembuhkan.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, hentikan kebiasaan memberikan antibiotik saat Si Kecil hanya mengalami salesma atau flu dan hanya minum antibiotik yang diresepkan oleh dokter sesuai dengan dosisnya.

Baca Juga: Kapan Anak Perlu Minum Antibiotik?

4. Jadwalkan Waktu Olahraga

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif 4.jpg

Foto: Freepik.com

Memiliki jadwal aktivitas yang padat bukan berarti Si Kecil bebas dari olahraga ya, Moms. Melakukan latihan fisik secara rutin juga sangat penting untuk fungsi daya tahan tubuh anak, terutama untuk menjaga keseimbangan jumlah leukosit dalam tubuh serta mencegah infeksi saluran pernapasan atas.

Jadi coba mulai kebiasaan sehat baru untuk melakukan aktivitas fisik ringan setidaknya 60 menit dalam sehari, atau membuat jadwal berolahraga bersama sekeluarga di akhir pekan.

5. Atur Waktu Tidur dan Istirahat

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif 5.jpg

Foto: Freepik.com

Menjalankan rutinitas harian yang padat tanpa meluangkan cukup waktu untuk istirahat dan tidur sebenarnya bisa menurunkan daya tahan tubuh anak lho, Moms.

Seperti dikutip dari mayoclinic.org, saat tidur tubuh akan memproduksi antibodi dan sel, juga melepaskan senyawa cytokines yang penting untuk memerangi infeksi dan peradangan.

Jadi sepadat apapun jadwalnya, usahakan Si Kecil tidur minimal 10 jam dalam sehari agar daya tahan tubuhnya tetap kuat.

6. Hindari Stres

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif 6.jpg

Foto: Freepik.com

Stress kronis akibat kurang tidur, tekanan teman sebaya, tuntutan orang tua, kelelahan, atau kurang waktu bermain juga akan mempengaruhi daya tahan tubuh anak.

Alasannya, mengutip penjelasan dalam laman Simply Psychology, jumlah kortisol atau hormon stress yang tinggi dalam tubuh dapat mengurangi jumlah limfosit sehingga daya tahan tubuh berkurang.

Selain memastikan Si Kecil masih punya waktu untuk bermain dan me time, Moms juga perlu membangun komunikasi yang lancar agar ia tidak segan bercerita dan menumpahkan keluh kesah tentang yang membuatnya stres.

Baca Juga: Seni Adalah Salah Satu Cara Mengatasi Stres Pada Anak

7. Kurangi Asupan Gula

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif 7.jpg

Foto: Freepik.com

Tahukah Moms, kalau konsumsi gula berlebih bisa mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri dan virus hingga 40%?

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, asupan gula perlu dibatasi maksimal 25 gram per hari dan sebaiknya berasal dari sumber alami seperti sayuran dan buah-buahan.

Ternyata meningkatkan daya tahan tubuh anak itu tidak sesulit yang dibayangkan ya, Moms.

Cerita dong Moms, cara apa saja yang sudah pernah Moms coba di rumah?

Artikel Terkait