DI ATAS 5 TAHUN
9 Maret 2020

7 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak di Era Digital

Dimulai dari membacakan cerita untuk mereka.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Membaca merupakan hal penting. Bukan hanya untuk pendidikan tapi juga dalam berbagai bidang. Sayangnya, menyemangati anak untuk gemar membaca menjadi tantangan tersendiri seiring berkembangnya teknologi. Berikut ada beberapa tips untuk Moms yang ingin meningkatkan minat baca anak di era digital:

Baca Juga: Pelajari 5 Cara Asyik Membacakan Dongeng untuk Anak Sebelum Tidur

1. Membacakan cerita ke anak setiap hari

poin 1 (3)

Menurut buku Put Reading First: The Research Building Blocks for Teaching Children to Read, semakin banyak cerita yang anak dengar, maka semakin baik.

Membacakan buku ke anak meningkatkan wawasan, kosa kata dan ketertarikan mereka pada buku. Semakin anak terpapar bahan bacaan, maka lama-lama mereka akan menjadikan membaca sebagai kebiasaan.

Setelah cerita selesai dibacakan, tanya kepada Si Kecil mana bagian terfavoritnya. Ini membantu anak untuk memilih kata dan mengembangkan ketertarikannya pada cerita selanjutnya.

2. Kelilingi anak dengan bahan bacaan

poin 2 (3)

Anak-anak dengan sumber bacaan yang banyak di rumahnya, memiliki nilai yang lebih tinggi dan performa akademis yang lebih baik. Bangun kebiasaan membaca pada anak dengan menyediakan berbagai bahan bacaan menarik yang sesuai dengan usianya.

3. Biarkan mereka memilih bukunya sendiri

poin 3 (3)

Pada dasarnya, membaca adalah untuk kesenangan. Biarkan anak memilih sendiri buku yang ingin mereka baca. Dengan begitu, mereka jadi lebih terikat pada apa yang dibaca dan semakin bersemangat untuk memproses infromasi yang didapat dari buku tersebut.

4. Tunjukkan ketertarikan pada minat baca anak

poin 4 (3)

Respons Moms memiliki efek besar pada anak. Semakin Moms mendukungnya, maka semakin anak semangat untuk membaca. Ingatlah untuk selalu memberikan pujian tulus atas usaha mereka.

Baca Juga : Kapan Waktu Paling Tepat untuk Mulai Belajar Membaca?

5. Buat kartu perpustakaan

poin 5 (3)

Moms bisa menghemat uang dengan mengunjungi perpustakaan umum. Buatlah kartu keanggotaan dan ajak anak ke sana. Jika anak Moms sudah cukup besar, minta mereka untuk membuat kartu keanggotaannya sendiri. Dengan begitu, anak akan semakin bersemangat meminjam buku.

Moms bisa mengajak si kecil ke perpustakaan seminggu sekali. Saat berada di sana, biarkan anak menikmati waktunya dan jangan terburu-buru. Bantu mereka mencari buku yang diinginkan. Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas jika membutuhkan bantuan.

6. Ciptakan ruang baca untuk anak

poin 6 (2)

Lingkungan ‘ramah membaca’ sangat penting. Pastikan Moms memiliki ruang di mana anak bisa membaca tanpa terganggu dengan suara televisi atau kesibukan anggota keluarga lainnya di rumah. Juga dengan cahaya yang terang dan tempat duduk yang nyaman.

7. Manfaatkan gadget

poin 7

Tidak selamanya gadget buruk. Moms bisa memanfaatkan gadget untuk meningkatkan minat baca anak. Misalnya dengan mengunduh aplikasi yang membuatnya semakin tertarik membaca seperti Epic! Atau Newsomatic. Moms juga bisa mengunduh e-book dan biarkan si kecil sesekali membaca melalui gadget.

Baca Juga: 4 Cara Mengajari Anak Disleksia Membaca dan Menulis

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar mendidik anak di era digital, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(GLW)

Artikel Terkait