PROGRAM HAMIL
22 Maret 2019

7 Cara Mudah Mengatasi Kram Otot Saat Hamil

Kram otot memang membuat tidak nyaman, tapi bisa diatasi dengan cara yang mudah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Kram otot saat hamil memang membuat tak nyaman. Selain perut, area tubuh yang kerap mengalami kram adalah kaki dan punggung.

Kram otot kerap datang tiba-tiba, dan lebih sering terjadi saat malam hari. Saat serangan datang, otot akan terasa lebih kencang yang disertai dengan rasa nyeri yang menyakitkan.

Meski umum dialami oleh sebagian besar ibu hamil, kram otot sebaiknya tidak dibiarkan. Selain mengganggu waktu tidur Moms, kram otot juga membuat tak nyaman.

Ini tujuh cara yang bisa Moms lakukan untuk membantu meredakan kram otot, dikutip dari todaysparent.com dan americanpregnancy.org:

Baca Juga : Nyeri di Bagian Dada Saat Hamil, Ini 8 Penyebabnya

1. Perbanyak Istirahat

Kram otot, terutama kram pada kaki, terjadi karena kelelahan otot di daerah kaki yang harus menahan berat tubuh.

Seiring dengan semakin bertambahnya berat badan Moms, otot kaki pun akan semakin lelah.

Kram juga bisa timbul karena aliran darah dari kaki yang tidak lancar akibat pembesaran rahim.

2. Hindari Duduk atau Berdiri dengan Posisi yang Sama Dalam Jangka Waktu Lama

shutterstock 1310272984

Berada di satu posisi yang sama dalam jangka waktu lama berpotensi menghambat aliran darah, yang memicu kram otot.

Jadi, sering-seringlah berganti posisi ketika Moms duduk atau berdiri, ya.

3. Lakukan Peregangan

Biasakan untuk melakukan peregangan otot-otot gerak setiap kali tubuh terasa kaku.

Misal dengan mengangkat kedua tangan ke atas, meluruskan kedua kaki ke depan tubuh, atau sekadar memutar pergelangan kaki.

Lakukan juga peregangan ketika Moms hendak pergi tidur.

4. Kenakan Alas Kaki yang Nyaman

shutterstock 1033169929

Lupakan stiletto cantik berhak lancip. Saatnya beralih ke sepatu atau sandal bersol empuk yang nyaman dan tidak sempit sehingga membuat kaki Moms bebas bergerak.

Baca Juga : Waspadai Kram Perut Selama Kehamilan!

5. Perbanyak Minum Air Putih

Selain mencegah dehidrasi, air putih membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh yang dapat mencegah otot kram.

6. Mandi Air Hangat

shutterstock 198405152

Mandi air hangat, terutama sebelum tidur, dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang kaku.

Moms juga bisa merendam kaki dalam air hangat ketika terjadi kram otot di betis saat malam hari.

7. Jalan Kaki

Seperti halnya olahraga, jalan kaki dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh dan melancarkan peredaran darah. Lakukan secara santai, setidaknya 3 kali seminggu.

Sekarang Moms tidak perlu khawatir lagi bila mengalami kram otot saat hamil. Segera lakukan ketujuh cara di atas untuk mengatasinya ya!

(VAN)

Artikel Terkait